Pencarian
Latest topics
Social bookmarking
Most active topics
bengkel bmw tegal sekitarnya
Tue 5 Mar 2013 - 23:05 by maxall
malem master semua ,saya anggota baru,baru punya bmw juga, 320i 94 matik,baru semingguan,mau nyari bangkel yang bagus untuk daerah tegal dan sekitarnya.
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
Comments: 7
Macet total prngapian busi
Tue 10 Dec 2019 - 8:34 by Herman d
Salam kenal semua. Mohon bantu gan, BMW sy 318i thn 1992. Bermasalah dgn pengapian busi tdk ada,semburan bahan bakar ke injeksi tdk ada dan arus listrik dri fuse puel pump sampai kekabel fuel pump tdk ada. Tetapi fuel pump normal hidup kalau disambung langsung lewat aki tetapi bahan bakar tetap tdk ada keinjeksi. Mohon bamtuan sulusinya gan. Kerimakasi
Herman d
Herman d
Comments: 0
530i matic ngebul
Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste
permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih
Comments: 0
520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.
Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara
selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Comments: 10
CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36
Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe
Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
Comments: 1
bmw_520i_e34_1991
Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82
salam kenal.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
Comments: 6
Mesin tidak mau hidup
Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung
Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Comments: 4
Mohon Bantuan
Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks
Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
Comments: 1
AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati
Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe
Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Comments: 3
Turun setengah mesin e30 m40
4 posters
Halaman 1 dari 1
Turun setengah mesin e30 m40
salam BMWLOVER,
cukup lama ga mampir di forum ini karena kesibukan di luar kota
para Master dan Rekan, saat ini kondisi mesin nampakanya sudah harus turun (minimal mungkin turun setengah dulu)
salah satu hal yang jadi pertimbangan adalah oli sudah masuk ke sistem radiator (walaupun tidak banyak), dan air radiator sering habis walaupin tidak ada indikasi kebocoran luar (mungkin bocor masuk ke ruang bakar).. Jadi kemungkinan gasket kepala silinder sudah rusak.
akhirnya saya putuskan untuk turun 1/2 saja, yang ingin saya tanyakan, part apa saja kira2 yang kemungkinan akan diganti nanti? serta informasi harga part tsb? (untuk mengukur biaya, maklum budget ketat )
trims sebelumnya
cukup lama ga mampir di forum ini karena kesibukan di luar kota
para Master dan Rekan, saat ini kondisi mesin nampakanya sudah harus turun (minimal mungkin turun setengah dulu)
salah satu hal yang jadi pertimbangan adalah oli sudah masuk ke sistem radiator (walaupun tidak banyak), dan air radiator sering habis walaupin tidak ada indikasi kebocoran luar (mungkin bocor masuk ke ruang bakar).. Jadi kemungkinan gasket kepala silinder sudah rusak.
akhirnya saya putuskan untuk turun 1/2 saja, yang ingin saya tanyakan, part apa saja kira2 yang kemungkinan akan diganti nanti? serta informasi harga part tsb? (untuk mengukur biaya, maklum budget ketat )
trims sebelumnya
a6ung- Jumlah posting : 126
Reputation : 5
Join date : 12.06.11
Lokasi : Bandung
Re: Turun setengah mesin e30 m40
Turun 1/2 mesin = turun silinder head
yang akan diganti adalah:
- Packing silinder head yg plus (lebih tebal dr packing sil-head biasa)
- HVA 1 set (8 buah)
- Rocker arm 4 buah
- Nocken as 1 batang (bila perlu diganti)
- Cek sil-head (bila lengkung hrs scrap)
- Cek ring piston
- Cek viscous fan
- Cek thermostat
- Cek pompa air
- Kuras radiator
demikian
yang akan diganti adalah:
- Packing silinder head yg plus (lebih tebal dr packing sil-head biasa)
- HVA 1 set (8 buah)
- Rocker arm 4 buah
- Nocken as 1 batang (bila perlu diganti)
- Cek sil-head (bila lengkung hrs scrap)
- Cek ring piston
- Cek viscous fan
- Cek thermostat
- Cek pompa air
- Kuras radiator
demikian
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: Turun setengah mesin e30 m40
klo sekedar untuk checking,dengan kondisi velveterain part masih OK ( valve, rocker arm, HVA,spring, cam shaft ) maka yang perlu disiapin :a6ung wrote:salam BMWLOVER,
cukup lama ga mampir di forum ini karena kesibukan di luar kota
para Master dan Rekan, saat ini kondisi mesin nampakanya sudah harus turun (minimal mungkin turun setengah dulu)
salah satu hal yang jadi pertimbangan adalah oli sudah masuk ke sistem radiator (walaupun tidak banyak), dan air radiator sering habis walaupin tidak ada indikasi kebocoran luar (mungkin bocor masuk ke ruang bakar).. Jadi kemungkinan gasket kepala silinder sudah rusak.
akhirnya saya putuskan untuk turun 1/2 saja, yang ingin saya tanyakan, part apa saja kira2 yang kemungkinan akan diganti nanti? serta informasi harga part tsb? (untuk mengukur biaya, maklum budget ketat )
trims sebelumnya
1. Packing set cylinder head
2. ongkos bongkar pasang, skur klep ( relative )
3. Klo ada alat untuk check kebocoran system cooling di cylinder head bisa juga aplikasikan, biar manteb, kadang kondisi kagak bisa diliat saja.....
sepertinya cuma itu saja....
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: Turun setengah mesin e30 m40
ok trims Om Semut dan Om Sigit..
sepertinya velvetrain set masih ok (pernah buka tutup rumah velvetrain, noken as dsb nampaknya masih ok),
ini mesin bila dibejek hingga diatas 5500 rpm, tiba2 hilang tenaga, mungkin valve spring perlu diganti ya?
referensi http://www.aa1car.com/library/valve_spring_diagnosis.htm
saat pagi kleuar asap putih dr knalpot, mungkin seal klep jga sudah aus ya?
sbg info, utk ongkos jasa stl nego sy deal 500 ribu rupiah dengan sang montir panggil.
kejadian lainnya, setelah memperbaiki kompresor AC, air radiator jadi cepat habis saat ac dinyalakan,
saat dilihat tabung reservoir radiator malah jadi full, saya bingung..
aux fan sudah dicek, masih berputar, hanya saja tidak tahu apakah high speed/ low speed nya berfungsi atau tidak..
pada m40 sy dapati switch hi/lo speed nya hanya satu ya? bagaimana cara cek apakah switchnya masih ok atau tidak
oya, untuk part2 velvetrain tadi berapa kisaran harganya?
sepertinya velvetrain set masih ok (pernah buka tutup rumah velvetrain, noken as dsb nampaknya masih ok),
ini mesin bila dibejek hingga diatas 5500 rpm, tiba2 hilang tenaga, mungkin valve spring perlu diganti ya?
referensi http://www.aa1car.com/library/valve_spring_diagnosis.htm
saat pagi kleuar asap putih dr knalpot, mungkin seal klep jga sudah aus ya?
sbg info, utk ongkos jasa stl nego sy deal 500 ribu rupiah dengan sang montir panggil.
kejadian lainnya, setelah memperbaiki kompresor AC, air radiator jadi cepat habis saat ac dinyalakan,
saat dilihat tabung reservoir radiator malah jadi full, saya bingung..
aux fan sudah dicek, masih berputar, hanya saja tidak tahu apakah high speed/ low speed nya berfungsi atau tidak..
pada m40 sy dapati switch hi/lo speed nya hanya satu ya? bagaimana cara cek apakah switchnya masih ok atau tidak
oya, untuk part2 velvetrain tadi berapa kisaran harganya?
a6ung- Jumlah posting : 126
Reputation : 5
Join date : 12.06.11
Lokasi : Bandung
Re: Turun setengah mesin e30 m40
update report, akhrinya selesai turun silinder kop dengan perbaikan sbb:
kepala silinder sblm dibersihkan
ada "jejak" air/ oli yang masuk ke ruang bakar
saat dikur dengan benang, dapat diketahui kalau kepala silinder sudah melengkung
kepala silinder setelah di skir, di bubut dan dibersihkan
kondisi rocker arm
HVA masih cukup baik. camshaft sebetulnya sudah lumayan rusak, tapi sy pertahankan.
hasilnya semua keluhan teratasi, hanya saja karena valvetrain dipertahankan, suara "tektektek.." masih ada
yah, saya pikir masih bisa digunakan 30 ribu km an lagi..
sampai hari kemarin (minggu, 03092012) ketika mobil sedang bermacet ria, tiba-tiba pincang parah, tidak mau dipacu lebih dari 3000 RPM
singkat cerita ternyata CAMSHAFT PATAH!!
patah di bagian tengah sehingga hanya dua silinder yang mau bekerja (silinder 3 & 4 tidak bekerja)
sekarang akhirnya sedang masuk bengkel untuk ganti valvetrainnya.. (juga kemungkinan beberapa katup yang bengkok akibat peristiwa ini )
tapi saya penasaran, kira2 apa ya penyebab patahnya noken as tsb?
khawatir terulang, mohon masukan dari Om2 dan Master2
kepala silinder sblm dibersihkan
ada "jejak" air/ oli yang masuk ke ruang bakar
saat dikur dengan benang, dapat diketahui kalau kepala silinder sudah melengkung
kepala silinder setelah di skir, di bubut dan dibersihkan
kondisi rocker arm
HVA masih cukup baik. camshaft sebetulnya sudah lumayan rusak, tapi sy pertahankan.
hasilnya semua keluhan teratasi, hanya saja karena valvetrain dipertahankan, suara "tektektek.." masih ada
yah, saya pikir masih bisa digunakan 30 ribu km an lagi..
sampai hari kemarin (minggu, 03092012) ketika mobil sedang bermacet ria, tiba-tiba pincang parah, tidak mau dipacu lebih dari 3000 RPM
singkat cerita ternyata CAMSHAFT PATAH!!
patah di bagian tengah sehingga hanya dua silinder yang mau bekerja (silinder 3 & 4 tidak bekerja)
sekarang akhirnya sedang masuk bengkel untuk ganti valvetrainnya.. (juga kemungkinan beberapa katup yang bengkok akibat peristiwa ini )
tapi saya penasaran, kira2 apa ya penyebab patahnya noken as tsb?
khawatir terulang, mohon masukan dari Om2 dan Master2
a6ung- Jumlah posting : 126
Reputation : 5
Join date : 12.06.11
Lokasi : Bandung
Re: Turun setengah mesin e30 m40
kemungkinan terbesar adalah stress pada nokn as pada saat copot/pasang untuk mengatasi hal ini biasanya pada saat memasang/melepas clamp bearing noken as dilakukan dengan cara bertahap,diagonal dan merata
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: Turun setengah mesin e30 m40
Om Sigit, bagaimana cara sederhana untuk mengecek jikalau noken as sdh terpasang dengan baik dan benar?
a6ung- Jumlah posting : 126
Reputation : 5
Join date : 12.06.11
Lokasi : Bandung
Re: Turun setengah mesin e30 m40
setelah clamp bearing terpasang semua, bisa check dengan torque wrench di setiap mur penguncinya sesuai kan dengan speck di 310 Nm
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: Turun setengah mesin e30 m40
@a6ung: sejatinya melakukan penguatan clamp bearing noken as dilakukan cara zigzag (1 ke 3 n 2 ke 4) bertahap 3-4 putaran secara bergantian (mksdnya jgn pasang 1 trus dikuatkan smp mentok).
Bila sdh terkunci dgn baik (feeling tangan mekanik dulu) coba putar pelan noken as, biasanya akan terlihat mana yg msh [i]lag[i] & mana yg sdh paten..lbh drpd itu utk ukuran kekuatan pengencangan ikot yg disampaikan @sigit
demikian
Bila sdh terkunci dgn baik (feeling tangan mekanik dulu) coba putar pelan noken as, biasanya akan terlihat mana yg msh [i]lag[i] & mana yg sdh paten..lbh drpd itu utk ukuran kekuatan pengencangan ikot yg disampaikan @sigit
demikian
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: Turun setengah mesin e30 m40
klo sudah terpasang sulit untuk memutar noken as karena ada load dari pegas katup...saat mengunci clamp noken as tidak bisa zig2 karena posisi clamp segaris... kencangkan secara diagonal misal dari cap 1 lalu cap no 4, trs cap no 2 lalu no 3 ( posisi dari depan/deket radiator), diulangi sterusnya dengan memutar mur 1/4 putaran tiap langkah...sabarrrrrrsemut.hitam.m40 wrote:@a6ung: sejatinya melakukan penguatan clamp bearing noken as dilakukan cara zigzag (1 ke 3 n 2 ke 4) bertahap 3-4 putaran secara bergantian (mksdnya jgn pasang 1 trus dikuatkan smp mentok).
Bila sdh terkunci dgn baik (feeling tangan mekanik dulu) coba putar pelan noken as, biasanya akan terlihat mana yg msh [i]lag[i] & mana yg sdh paten..lbh drpd itu utk ukuran kekuatan pengencangan ikot yg disampaikan @sigit
demikian
klo sudah terpasang pada proses pengencangan pake torque wrench...klo mekaniknya yang sudah punya feeling baik....tau harus seberapa kencang
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: Turun setengah mesin e30 m40
Sigit Ario wrote:klo sudah terpasang sulit untuk memutar noken as karena ada load dari pegas katup...saat mengunci clamp noken as tidak bisa zig2 karena posisi clamp segaris... kencangkan secara diagonal misal dari cap 1 lalu cap no 4, trs cap no 2 lalu no 3 ( posisi dari depan/deket radiator), diulangi sterusnya dengan memutar mur 1/4 putaran tiap langkah...sabarrrrrrsemut.hitam.m40 wrote:@a6ung: sejatinya melakukan penguatan clamp bearing noken as dilakukan cara zigzag (1 ke 3 n 2 ke 4) bertahap 3-4 putaran secara bergantian (mksdnya jgn pasang 1 trus dikuatkan smp mentok).
Bila sdh terkunci dgn baik (feeling tangan mekanik dulu) coba putar pelan noken as, biasanya akan terlihat mana yg msh lag[i] & mana yg sdh paten..lbh drpd itu utk ukuran kekuatan pengencangan ikot yg disampaikan @sigit
demikian
klo sudah terpasang pada proses pengencangan pake torque wrench...klo mekaniknya yang sudah punya feeling baik....tau harus seberapa kencang
memang [i]clamp segaris artinya pasang clamp 1 baut kiri-kanan 3-4 putaran, lalu pindah ke clamp 3 lakukan hal sama dst-nya..
memutar noken as bisa dilakukan dari ujung pulley dgn perlahan pake kunci tambahan sbg tuas agar mutar-nya agak lebih ringan..
lebih drpd itu, kunci-nya adalah hati-hati dan terukur
demikian
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: Turun setengah mesin e30 m40
weleh2, nah itu dia di bengkelnya ndak ada kunci momen (maklum bengkel baru)
akhirnya pakai perasaan mekaniknya, tapi mudah2an pas, ngeri juga sih, tapi berhubung ngasi garansi ya okelah..
akhirnya berikut info yang bisa saya bagi mengenai perbaikan yang dilakukan:
part yang diganti adalah no 1,2,3 & 13
sumber bmwfans.info
setelah diganti, suara tektektek hilang (yg tersisa suara tek tek tek dr injector), suara "sreng...!!" saat rpm tinggi juga hilang.. setelah itu mesin mau dipacu hingga redline (sebelumnya tepat di 5500 RPM tiba2 drop tenaga)
yah, begitulah info yang bs saya bagi untuk para biem loper ini
info bagi para biem loper, skr ada bengkel spesialis bmw di garut namanya W3LO motor di jalan pembangunan (dekat komplek pertamina)
mekaniknya veteran dari salah satu bengkel spc BMW di Bandung
oya, kalau ada yang perlu hva bekas dan ada beberapa rocker arm yang masih layak pakai hubungi aja sy
akhirnya pakai perasaan mekaniknya, tapi mudah2an pas, ngeri juga sih, tapi berhubung ngasi garansi ya okelah..
akhirnya berikut info yang bisa saya bagi mengenai perbaikan yang dilakukan:
part yang diganti adalah no 1,2,3 & 13
sumber bmwfans.info
setelah diganti, suara tektektek hilang (yg tersisa suara tek tek tek dr injector), suara "sreng...!!" saat rpm tinggi juga hilang.. setelah itu mesin mau dipacu hingga redline (sebelumnya tepat di 5500 RPM tiba2 drop tenaga)
yah, begitulah info yang bs saya bagi untuk para biem loper ini
info bagi para biem loper, skr ada bengkel spesialis bmw di garut namanya W3LO motor di jalan pembangunan (dekat komplek pertamina)
mekaniknya veteran dari salah satu bengkel spc BMW di Bandung
oya, kalau ada yang perlu hva bekas dan ada beberapa rocker arm yang masih layak pakai hubungi aja sy
a6ung- Jumlah posting : 126
Reputation : 5
Join date : 12.06.11
Lokasi : Bandung
Camshaf
Ikut nimbrung ,BMW E36 M40 thn 93 saya yang setia menemaniku more then 10 tahun tanpa masalah yang berarti ,setelah dibawa mudik tahun ini , pulang pulang besok paginya pas manasin mesin ada bunyi tek-tek-tek, penasaran trus DIY buka penutup cam, ternyata ada satu bagian dari camshaft yang terkikis aus +/- 0.5 mm dibagian camshaft yang valve intake no 1(paling depan), saya langsung bongkar oil sprayernya, bener aja ada yang bumpet di lubang paling depan, saya bersihkan pake bensin dilarutkan dan di keluarin keraknya, akhirnya itu oil sprayer camshaft bersih dan saya pasang kembali ; saya hidupkan lagi engine, bunyi tek tek tek masih ada namun lebih halus, coba jalan performance gak ada yang berubah, sepertinya oli agak meredam bunyi tek-tek-tek nya. Yang ingin saya tanyakan: Kalau saya biarkan begitu kira-kira bermasalah gak ya..?? kalau ganti rocker armnya pas dibagian yg camnya aus saja bisa ilang gak ya bunyi tek-tek tek nya...?? atau harus dengan lifternya..?? soalnya 7 benjolan camshaft yang lainnya normal ... tidak ada keliatan aus....oh ya bunyi tek tek nya hampir tak terdengar kalau mesin dah panas..please ditunggu jawabannya dari para pakar bimmer di forum ini. terimakasih sebelumnya
dodisuwardi- Jumlah posting : 3
Reputation : 0
Join date : 26.08.12
Re: Turun setengah mesin e30 m40
klo dana lagi mepet...dan bisa ganti sendiri..halah aja...cuman klo diserahin ke bengkel saat penggantian...perlu itung itungan lagi dech.....
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: Turun setengah mesin e30 m40
dodisuwardi wrote:Ikut nimbrung ,BMW E36 M40 thn 93 saya yang setia menemaniku more then 10 tahun tanpa masalah yang berarti ,setelah dibawa mudik tahun ini , pulang pulang besok paginya pas manasin mesin ada bunyi tek-tek-tek, penasaran trus DIY buka penutup cam, ternyata ada satu bagian dari camshaft yang terkikis aus +/- 0.5 mm dibagian camshaft yang valve intake no 1(paling depan), saya langsung bongkar oil sprayernya, bener aja ada yang bumpet di lubang paling depan, saya bersihkan pake bensin dilarutkan dan di keluarin keraknya, akhirnya itu oil sprayer camshaft bersih dan saya pasang kembali ; saya hidupkan lagi engine, bunyi tek tek tek masih ada namun lebih halus, coba jalan performance gak ada yang berubah, sepertinya oli agak meredam bunyi tek-tek-tek nya. Yang ingin saya tanyakan: Kalau saya biarkan begitu kira-kira bermasalah gak ya..?? kalau ganti rocker armnya pas dibagian yg camnya aus saja bisa ilang gak ya bunyi tek-tek tek nya...?? atau harus dengan lifternya..?? soalnya 7 benjolan camshaft yang lainnya normal ... tidak ada keliatan aus....oh ya bunyi tek tek nya hampir tak terdengar kalau mesin dah panas..please ditunggu jawabannya dari para pakar bimmer di forum ini. terimakasih sebelumnya
pastikan dulu bunyi tek2 itu injektor atau rangkaian valvetrainnya,
kalau yang saya amati, bunyi cam itu bunyinya lebih seperti "klek klek klek.." lebih keras dari suara injector..
kalau injektor bunyinya "tek tek tek", suara cam pada mobil saya terdengar jelas bila saat tekanan oli turun/ ketika mesin dimatikan (mungkin saat tekanan oli turun, oli keluar dari rongga HVA dan mengakibatkan ada celah antara cam dan roker)
dari suatu sumber yang saya baca di internet (maaf lupa alamat situsnya), bila saat awal dinyalakan terdengar suara cam itu wajar (katanya lho ) karena oli pada rongga HVA keluar dan menyebabkan ada celah antara cam dan rocker, tapi setelah beberapa menit dinyalakan/ setelah panas bunyinya akan hilang karena oli sudah memasuki rongga HVA dan mengkondisikan agar roker selalu menempel pada cam (tidak terdapat celah lagi antara roker dan cam)
kalau sepengamatan saya, yang bikin suara "klek..klek..klek" itu karea HVA (lifternya) yang tidak bekerja seperti seharusnya..
saran saya, bila hendak membongkar valvetrain, saat memasang kembali pastikan susunannya sama seperti saat sebelum dibongkar agar pola ausnya tetap seperti semula, juga saat mengencangkan klem cam (kalau bisa pakai kunci torsi agar sama kekencangannya) pastikan sama kencang antara satu dan yang lain..
mungkin yang menyebabkan cam saya patah adalah susunan yang tidak seperti semula saat dipasang, sehingga pola stress pada cam berbeda dengan pola stres yang sebelumnya (karena pola aus yang terjadi pada tiap tonjolan cam, dan roker arm pada m40 saya berbeda satu sama lain ternyata, mungkin karena pipa olinya jarang dikontrol dan mampet pada beberapa lubang, biasanya yang paling ujung yang sering mampet dan cam yang ujung pula yang paling cepet aus)
CMIIW
a6ung- Jumlah posting : 126
Reputation : 5
Join date : 12.06.11
Lokasi : Bandung
Re: Turun setengah mesin e30 m40
[/quote]
pastikan dulu bunyi tek2 itu injektor atau rangkaian valvetrainnya,
kalau yang saya amati, bunyi cam itu bunyinya lebih seperti "klek klek klek.." lebih keras dari suara injector..
kalau injektor bunyinya "tek tek tek", suara cam pada mobil saya terdengar jelas bila saat tekanan oli turun/ ketika mesin dimatikan (mungkin saat tekanan oli turun, oli keluar dari rongga HVA dan mengakibatkan ada celah antara cam dan roker)
dari suatu sumber yang saya baca di internet (maaf lupa alamat situsnya), bila saat awal dinyalakan terdengar suara cam itu wajar (katanya lho ) karena oli pada rongga HVA keluar dan menyebabkan ada celah antara cam dan rocker, tapi setelah beberapa menit dinyalakan/ setelah panas bunyinya akan hilang karena oli sudah memasuki rongga HVA dan mengkondisikan agar roker selalu menempel pada cam (tidak terdapat celah lagi antara roker dan cam)
kalau sepengamatan saya, yang bikin suara "klek..klek..klek" itu karea HVA (lifternya) yang tidak bekerja seperti seharusnya..
saran saya, bila hendak membongkar valvetrain, saat memasang kembali pastikan susunannya sama seperti saat sebelum dibongkar agar pola ausnya tetap seperti semula, juga saat mengencangkan klem cam (kalau bisa pakai kunci torsi agar sama kekencangannya) pastikan sama kencang antara satu dan yang lain..
mungkin yang menyebabkan cam saya patah adalah susunan yang tidak seperti semula saat dipasang, sehingga pola stress pada cam berbeda dengan pola stres yang sebelumnya (karena pola aus yang terjadi pada tiap tonjolan cam, dan roker arm pada m40 saya berbeda satu sama lain ternyata, mungkin karena pipa olinya jarang dikontrol dan mampet pada beberapa lubang, biasanya yang paling ujung yang sering mampet dan cam yang ujung pula yang paling cepet aus)
CMIIW[/quote]
Terimakasih atas respon nya mas, ikut prihatin dengan patahnya camshaft mobil anda.
Bunyi memang berasal dari camshaft yang aus mas, saya sudah teliti dan memang sedikit berkurang setelah pipa oil sprayer tidak bumpet lagi. Ya pengerjaan reparasi Camshaft memang beresiko kalau pengerjaannya tidak presisi. Bahkan mekanik dari bengkel berpengalamanpun harus dibantu dengan peralatan yang presisi. itulah mangkanya saya masih mencari2 info mekanik mana yang sudah biasa dengan engine M40 dan dengan peralatan yang memadai. Pertimbangan lainnya saya gak perlu bongkar 1/2 mesin, cukup mengakses untuk mengganti rocker arm pada bagian rocker arm yang aus di bagian cam yang aus.saya berharap celah 0.5 mm itu bisa terobati dengan rocker arm yang baru. Atau saya biarkan saja seperti kondisi sekarang ? jika memang menurut para pakar tidak beresiko kecuali suara yang gak enak didengar..
terimaksih
dodisuwardi- Jumlah posting : 3
Reputation : 0
Join date : 26.08.12
Similar topics
» Please help, baru turun setengah mesin, mobil malah ga karu2an..
» ac idup, rpm mesin turun?
» di ponis bengkel turun mesin
» M40 kalau mesin dingin RPM naik turun
» blaikkk ruang mesin ad suara kayak mesin ketik...
» ac idup, rpm mesin turun?
» di ponis bengkel turun mesin
» M40 kalau mesin dingin RPM naik turun
» blaikkk ruang mesin ad suara kayak mesin ketik...
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 16 Jun 2022 - 6:50 by Wisnu85
» Speed Limit BMW E90 2008
Tue 14 Jun 2022 - 21:32 by TheMechanic
» Video Obat Aborsi Cytotec ( 08991026699 ) Jual Obat Aborsi Layanan Pesan Cod Bayar Ditempat
Tue 14 Jun 2022 - 8:47 by asamara
» RPM naik sendiri
Sun 24 Apr 2022 - 14:11 by yudhistiraw
» Obat Penggugur Kandungan - kesuburan Setelah Mengunakan Obat Aborsi Cytotec
Sat 23 Apr 2022 - 9:34 by asamara
» Jual Obat Aborsi - Mengetahui Efek Cytotec Penggugur Kandungan Dan Kesuburan
Sat 23 Apr 2022 - 9:18 by asamara
» Obat Penggugur Kandungan Cytotec - Efek Aborsi Usia Kehamilan 1-8 Bulan
Sat 23 Apr 2022 - 9:02 by asamara
» Kedala bmw e36 m43
Fri 22 Apr 2022 - 4:39 by Hery
» Kenalpot berasap saat mobil 523i e60 di panasin
Tue 19 Apr 2022 - 7:51 by E60Sentris