Pencarian
Latest topics
Social bookmarking
Most active topics
bengkel bmw tegal sekitarnya
Tue 5 Mar 2013 - 23:05 by maxall
malem master semua ,saya anggota baru,baru punya bmw juga, 320i 94 matik,baru semingguan,mau nyari bangkel yang bagus untuk daerah tegal dan sekitarnya.
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
Comments: 7
Macet total prngapian busi
Tue 10 Dec 2019 - 8:34 by Herman d
Salam kenal semua. Mohon bantu gan, BMW sy 318i thn 1992. Bermasalah dgn pengapian busi tdk ada,semburan bahan bakar ke injeksi tdk ada dan arus listrik dri fuse puel pump sampai kekabel fuel pump tdk ada. Tetapi fuel pump normal hidup kalau disambung langsung lewat aki tetapi bahan bakar tetap tdk ada keinjeksi. Mohon bamtuan sulusinya gan. Kerimakasi
Herman d
Herman d
Comments: 0
530i matic ngebul
Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste
permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih
Comments: 0
520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.
Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara
selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Comments: 10
CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36
Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe
Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
Comments: 1
bmw_520i_e34_1991
Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82
salam kenal.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
Comments: 6
Mesin tidak mau hidup
Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung
Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Comments: 4
Mohon Bantuan
Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks
Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
Comments: 1
AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati
Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe
Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Comments: 3
engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
4 posters
Halaman 1 dari 1
engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
help para suhu....bmw saya 520i th 91 baru dapet ni ceritanya...saya ganti air radiatornya dg coolant pemilik sebelumnya si pake air biasa.. setelah saya ganti,saya test jalan ko overheat(padahal jarum di panel menunjukkan 1 strip)... stelah tanya2 ternyata blom dibleeding..besoknya saya bleeding + nambah coolant lagi....test jalan aman(buat muter kompleks)
1 s/d 5hari...saya panasi setiap pagi itu gan biar accu kgk tekor....trus 3 harian kgk saya panasi eeee accu tekor... trus saya charge tu batteray...(level oil+air radiator aman) saya test start,engine nyala...setelah 30 s/d 40 menitn jarum tiba tiba naik ke 1 strip lagi...muncul lgi dah overheatnya.....
kira2 apanya ya itu para suhu??
1 s/d 5hari...saya panasi setiap pagi itu gan biar accu kgk tekor....trus 3 harian kgk saya panasi eeee accu tekor... trus saya charge tu batteray...(level oil+air radiator aman) saya test start,engine nyala...setelah 30 s/d 40 menitn jarum tiba tiba naik ke 1 strip lagi...muncul lgi dah overheatnya.....
kira2 apanya ya itu para suhu??
namkul89- Jumlah posting : 24
Reputation : 0
Join date : 29.05.12
Age : 35
Lokasi : tulungagung
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
kemungkinan penyebab terjadi-nya OH itu byk skali ya, diantara-nya:
1. Viscous Fan sdh lemah
2. Sistem sirkulasi air radiator tidak optimal
3. Thermostat tidak prima kerja-nya
4. Pompa air tidak prima kerja-nya
5. Selang-selang sdh leak/retak2/tipis/tdk maksimal menahan panas air radiator shingga memvakum udara disekitar selang tersebut.
6. Radiator (bocor/rembesan)
7. Silinder Head Trouble (kemungkinan buruk)
Tindakan yg perlu dilakukan adalah mulai cara yg sederhana & murah dulu:
1. Check Radiator
2. Check Voiscous Fan (ganti bila diperlukan)
3. Check Selang Radiator atas-bawah
4. Check Rembesan air dari lobang busi (lepas 1 busi n start engine ditutup lobang busi dgn kain kering utk ngecek apkh ada semburan air atau tidak, lakukan 1 per 1)
5. Start engine lalu cek gas buang dari knalpot (posisikan telapak tangan ±10cm dr lobang knalpot, tangkap udara lalu gosokkan dgn kedua telapak tangan bila terasa lembab bearti ada campuran air dr hasil pembakaran tsb)
Saran terbaik adalah antar mobil ke bengkel resmi BMW
demikian..
1. Viscous Fan sdh lemah
2. Sistem sirkulasi air radiator tidak optimal
3. Thermostat tidak prima kerja-nya
4. Pompa air tidak prima kerja-nya
5. Selang-selang sdh leak/retak2/tipis/tdk maksimal menahan panas air radiator shingga memvakum udara disekitar selang tersebut.
6. Radiator (bocor/rembesan)
7. Silinder Head Trouble (kemungkinan buruk)
Tindakan yg perlu dilakukan adalah mulai cara yg sederhana & murah dulu:
1. Check Radiator
2. Check Voiscous Fan (ganti bila diperlukan)
3. Check Selang Radiator atas-bawah
4. Check Rembesan air dari lobang busi (lepas 1 busi n start engine ditutup lobang busi dgn kain kering utk ngecek apkh ada semburan air atau tidak, lakukan 1 per 1)
5. Start engine lalu cek gas buang dari knalpot (posisikan telapak tangan ±10cm dr lobang knalpot, tangkap udara lalu gosokkan dgn kedua telapak tangan bila terasa lembab bearti ada campuran air dr hasil pembakaran tsb)
Saran terbaik adalah antar mobil ke bengkel resmi BMW
demikian..
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
terimakasih banyak sebelumnya oom semut... fan sudah saya cek sih(lewat metode koran bekas yg digulung gulung)semut.hitam.m40 wrote:kemungkinan penyebab terjadi-nya OH itu byk skali ya, diantara-nya:
1. Viscous Fan sdh lemah
cara ngeceknya gimana ya oom??semut.hitam.m40 wrote:2. Sistem sirkulasi air radiator tidak optimal
dua komponen ini belum dibongkar bongkar oomsemut.hitam.m40 wrote:3. Thermostat tidak prima kerja-nya
4. Pompa air tidak prima kerja-nya
kalo selang selangnya keliatan masih baru ko oom....untuk kebocoran diradiator kagak ada si oom..semut.hitam.m40 wrote:5. Selang-selang sdh leak/retak2/tipis/tdk maksimal menahan panas air radiator shingga memvakum udara disekitar selang tersebut.
6. Radiator (bocor/rembesan)
aduuuh harus nabung dulu berarti oom..semut.hitam.m40 wrote:7. Silinder Head Trouble (kemungkinan buruk)
ini posisi mesin hidup ya oom...apa cuma dicrang aja(mesin belum sempet hidup)semut.hitam.m40 wrote:....Check Rembesan air dari lobang busi (lepas 1 busi n start engine ditutup lobang busi dgn kain kering utk ngecek apkh ada semburan air atau tidak, lakukan 1 per 1)
lhoh oom waktu mesin hidup gitu ada tetesan air lo yg kluar dari knalpot....semut.hitam.m40 wrote:...Start engine lalu cek gas buang dari knalpot (posisikan telapak tangan ±10cm dr lobang knalpot, tangkap udara lalu gosokkan dgn kedua telapak tangan bila terasa lembab bearti ada campuran air dr hasil pembakaran
bengkel resmi di tulungagung kgk ada oom..adanya alternatif sempet nengok kesana tapi pasiennya buuuuanyaknya minta ampun....jadi kgk jadi masuk k bengkel....(sama ngirit pengeluaran sih oom....maklum dana dari pemerintah belum jg turun...semut.hitam.m40 wrote:Saran terbaik adalah antar mobil ke bengkel resmi BMW
namkul89- Jumlah posting : 24
Reputation : 0
Join date : 29.05.12
Age : 35
Lokasi : tulungagung
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
Bukannya ada bengkel SOMO TECH Jl Agus Salim gg II No 1A telp 0355 329512 Hp 081 234 41984 TULUNGAGUNG dan bengkel A-TECH 0355-326321, 0813 35701 884?
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
lhoh iya oom pari....2 bengkel itu yg saya maksud...tp pasiennya banyak...p4ri wrote:Bukannya ada bengkel SOMO TECH Jl Agus Salim gg II No 1A telp 0355 329512 Hp 081 234 41984 TULUNGAGUNG dan bengkel A-TECH 0355-326321, 0813 35701 884?
eh oom p4ri sekalian nanya panel saya kan mati semua untuk odometernya sensornya hilang...kira2 harganya berapa ya??
kalo untuk rpm engine+fuel consumption sensornya dmn ya?? (engine M50)...
sama sensor abs sebelah kiri depan ko diputus ya...trus 2 kabel putusn itu di sambung langsung... setelah saya sambung ko malah muncul error kyak gini ni oom (O)warna merah+bateray jd gampang tekor.. apa sudah rusak ya sensornya??resistansi sensor abs berapa si oom...??
tulisan KM sama HM nya putus2..kira2 apanya ya oom....??
maklum oom newbie banyak tanya....
namkul89- Jumlah posting : 24
Reputation : 0
Join date : 29.05.12
Age : 35
Lokasi : tulungagung
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
Sensor odometer bisa tanya ke bengkel resmi BMW di HR. Muhamad, Surabaya. Ancer2 harga bisa dilihat di www.realoem.com.
Maaf belum pernah cari lokasi sensor.
Sepertinya itu bukan sensor ABS tapi sensor ketebalan kampas rem. Kalau menyala, artinya si sensor sudah pecah plastiknya, tanda perlu periksa ketebalan kampas. Ganti bila perlu.
Tulisan di instrument cluster putus-putus biasanya kabel fleksibel sudah tidak berfungsi dengan baik.
Maaf belum pernah cari lokasi sensor.
Sepertinya itu bukan sensor ABS tapi sensor ketebalan kampas rem. Kalau menyala, artinya si sensor sudah pecah plastiknya, tanda perlu periksa ketebalan kampas. Ganti bila perlu.
Tulisan di instrument cluster putus-putus biasanya kabel fleksibel sudah tidak berfungsi dengan baik.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
ok dek Namkul, 1 per satu..
1. Hasil dari metode koran atas Viscous itu bgm? (kondisi msh bagus atau apa)
2. Sirkulasi radiator diperiksa saat mesin running, pake senter cek rembesan disemua sisi radiator & tabung ekspansi-nya, rembesan dr seal smp ke flange & selang yg berhubungan dgn heater (pemanas kabin).
3-4. asumsi blm pernah dibongkar 2 macam (kondisi masih prima atau kondisi tidak prima), anggap aja masih baik 2 part tersebut.
5-6. utk poin ini bisa diabaikan krn dianggap kondisi BAIK.
Untuk mengecek ada/tidaknya cairan dlm ruang bakar melalui lobang busi dgn kondisi mesin running idle. teknis-nya, lepas 1 busi lalu start engine and tutup lobang busi dgn kain kering, lalu matikan mesin pasang busi kembali lalu lepas busi berikutnya & start engine, demikian lakukan 1 per 1 bila memang ada rembesan air diruang bakar pasti akan terliat.
Perihal menangakap gas buang knalpot berbeda dgn embun yg keluar dr knalpot saat mobil di start pagi hari. utk lebih afdol-nya mobil dibawa jalan ±10 menit, lalu lakukan cara menangkap gas buang tersebut.
Dan yg terakhir adalah siapkan dana utk membeli spare.part yg diperlukan lalu atur waktu utk meluncur ke bengkel. atau lebih bagus lagi bila kamu melobi mas P4ri utk diundang ke tempat kamu sbg mekanik panggilan, ku kira kalo angka-nya sesuai mudah2han mas P4ri bersedia bantu kamu..
1. Hasil dari metode koran atas Viscous itu bgm? (kondisi msh bagus atau apa)
2. Sirkulasi radiator diperiksa saat mesin running, pake senter cek rembesan disemua sisi radiator & tabung ekspansi-nya, rembesan dr seal smp ke flange & selang yg berhubungan dgn heater (pemanas kabin).
3-4. asumsi blm pernah dibongkar 2 macam (kondisi masih prima atau kondisi tidak prima), anggap aja masih baik 2 part tersebut.
5-6. utk poin ini bisa diabaikan krn dianggap kondisi BAIK.
Untuk mengecek ada/tidaknya cairan dlm ruang bakar melalui lobang busi dgn kondisi mesin running idle. teknis-nya, lepas 1 busi lalu start engine and tutup lobang busi dgn kain kering, lalu matikan mesin pasang busi kembali lalu lepas busi berikutnya & start engine, demikian lakukan 1 per 1 bila memang ada rembesan air diruang bakar pasti akan terliat.
Perihal menangakap gas buang knalpot berbeda dgn embun yg keluar dr knalpot saat mobil di start pagi hari. utk lebih afdol-nya mobil dibawa jalan ±10 menit, lalu lakukan cara menangkap gas buang tersebut.
Dan yg terakhir adalah siapkan dana utk membeli spare.part yg diperlukan lalu atur waktu utk meluncur ke bengkel. atau lebih bagus lagi bila kamu melobi mas P4ri utk diundang ke tempat kamu sbg mekanik panggilan, ku kira kalo angka-nya sesuai mudah2han mas P4ri bersedia bantu kamu..
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
Maaf, saya bukan mekanik, hanya pengguna dan penggemar BMW saja.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
nah, mas P4ri sdh menolak tawaran baik..
mungkin mas P4ri bisa memberikan rekomendasi-nya perihal Mekanik panggilan tersebut..
mudah2han kendala dek Namkul dapat segera teratasi gitu..kasian jg dia kalo selera "Jerman"-nya tidak didukung dgn "dokter spesialis"-nya..
mungkin mas P4ri bisa memberikan rekomendasi-nya perihal Mekanik panggilan tersebut..
mudah2han kendala dek Namkul dapat segera teratasi gitu..kasian jg dia kalo selera "Jerman"-nya tidak didukung dgn "dokter spesialis"-nya..
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
untuk masalah OH jika memang sebelumnya tidak terjadi kemungkinan ada kesalahan pada saat penggantian coolant..lakukan drain coolant saat kondisi mesin dingin dan isi kembali radiator hingga bubble udara keluar dari radiator lewat lubang ventilasi yang kecil....dan saat mesin dihidupkan dan mencapai temperature kerja, pencet2 selang radiator yang dari mesin untuk memastikan tidak ada udara terjebak....lakukan hal yang sepele dulu....jangan terlalu jauh...masalahnya gak jauh2 amat sich...namkul89 wrote:help para suhu....bmw saya 520i th 91 baru dapet ni ceritanya...saya ganti air radiatornya dg coolant pemilik sebelumnya si pake air biasa.. setelah saya ganti,saya test jalan ko overheat(padahal jarum di panel menunjukkan 1 strip)... stelah tanya2 ternyata blom dibleeding..besoknya saya bleeding + nambah coolant lagi....test jalan aman(buat muter kompleks)
1 s/d 5hari...saya panasi setiap pagi itu gan biar accu kgk tekor....trus 3 harian kgk saya panasi eeee accu tekor... trus saya charge tu batteray...(level oil+air radiator aman) saya test start,engine nyala...setelah 30 s/d 40 menitn jarum tiba tiba naik ke 1 strip lagi...muncul lgi dah overheatnya.....
kira2 apanya ya itu para suhu??
utuk masalah manasin mobil saat gak dipake....rpm yang dipanteng usahakan 2000rpm saat idle...supaya alternator bekerja maksimum ngisi accu....jika perlu ukur voltase masuk ke accu saat mesin dipanasin supaya pasti tegangan 14Vdc masuk ke Accu....dan pikiran tenang karena ada stum yang masuk....
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
p4ri wrote:Maaf, saya bukan mekanik, hanya pengguna dan penggemar BMW saja.
.....master selalu merendah.......saluuuttttt
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
ok oom p4ri bukan sensor abs ya..berarti kalo g diganti, kgk apa apa ya....asal lihat ketebalan pad saja... untuk kabel fleksibel berarti harus diganti,.... ok trimakasih banyak....p4ri wrote:....Sepertinya itu bukan sensor ABS tapi sensor ketebalan kampas rem. Kalau menyala, artinya si sensor sudah pecah plastiknya, tanda perlu periksa ketebalan kampas. Ganti bila perlu.
Tulisan di instrument cluster putus-putus biasanya kabel fleksibel sudah tidak berfungsi dengan baik.
namkul89- Jumlah posting : 24
Reputation : 0
Join date : 29.05.12
Age : 35
Lokasi : tulungagung
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
putaran kipas masih muter kenceng ko oom semut waktu saya halangi dg koran... berarti bagus kan kalo gtu oom..semut.hitam.m40 wrote:ok dek Namkul, 1 per satu..
1. Hasil dari metode koran atas Viscous itu bgm? (kondisi msh bagus atau apa)
untuk rembesan rembesan aman semuanya oom..kgk ada yang netes...untuk heaternya kyaknya diblok deh oom..(soalnya selangnya dibelokkan ke output heater)semut.hitam.m40 wrote:2. Sirkulasi radiator diperiksa saat mesin running, pake senter cek rembesan disemua sisi radiator & tabung ekspansi-nya, rembesan dr seal smp ke flange & selang yg berhubungan dgn heater (pemanas kabin).
masih dikerjakan oom hasilnya nyusul de....semut.hitam.m40 wrote:Untuk mengecek ada/tidaknya cairan dlm ruang bakar melalui lobang busi dgn kondisi mesin running idle. teknis-nya, lepas 1 busi lalu start engine and tutup lobang busi dgn kain kering, lalu matikan mesin pasang busi kembali lalu lepas busi berikutnya & start engine, demikian lakukan 1 per 1 bila memang ada rembesan air diruang bakar pasti akan terliat.
oooo berarti saya salah ya....kmaren mobil kgk di bawa jalan sih...semut.hitam.m40 wrote:Perihal menangakap gas buang knalpot berbeda dgn embun yg keluar dr knalpot saat mobil di start pagi hari. utk lebih afdol-nya mobil dibawa jalan ±10 menit, lalu lakukan cara menangkap gas buang tersebut.
hohohohoh........nah ini ni oom..... lagi nunggu in dana turun sama nabung dulu..... boleh jg tu oom semut kalo oom p4ri didatengin....semut.hitam.m40 wrote:Dan yg terakhir adalah siapkan dana utk membeli spare.part yg diperlukan lalu atur waktu utk meluncur ke bengkel. atau lebih bagus lagi bila kamu melobi mas P4ri utk diundang ke tempat kamu sbg mekanik panggilan, ku kira kalo angka-nya sesuai mudah2han mas P4ri bersedia bantu kamu..
namkul89- Jumlah posting : 24
Reputation : 0
Join date : 29.05.12
Age : 35
Lokasi : tulungagung
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
bagus oom ibarat pepatah makin berisi makin merunduk kayak ilmu padi=p4ri..p4ri wrote:Maaf, saya bukan mekanik, hanya pengguna dan penggemar BMW saja.
namkul89- Jumlah posting : 24
Reputation : 0
Join date : 29.05.12
Age : 35
Lokasi : tulungagung
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
terimakasih oom sigit.. OHnya yg pertma memang gara2 tdk tau harus dibleding dulu lewat plug bleedingnya tp stelah tau hari 1 s/d 5 saya panasin tiap pagi hari aman saja tp hari ke 8 (hari 6&7tdk dipanasin) muncul lagi OHnya....sebenernya kalo ngisi coolant meskipun dikit apa harus dibuka plug bleedingnya ya oom sigit??Sigit Ario wrote:
untuk masalah OH jika memang sebelumnya tidak terjadi kemungkinan ada kesalahan pada saat penggantian coolant..lakukan drain coolant saat kondisi mesin dingin dan isi kembali radiator hingga bubble udara keluar dari radiator lewat lubang ventilasi yang kecil....dan saat mesin dihidupkan dan mencapai temperature kerja, pencet2 selang radiator yang dari mesin untuk memastikan tidak ada udara terjebak....lakukan hal yang sepele dulu....jangan terlalu jauh...masalahnya gak jauh2 amat sich...
waduh rpmnya putus oom sigit..tp dikira kira aja kali ya oom...Sigit Ario wrote:untuk masalah manasin mobil saat gak dipake....rpm yang dipanteng usahakan 2000rpm saat idle...supaya alternator bekerja maksimum ngisi accu....jika perlu ukur voltase masuk ke accu saat mesin dipanasin supaya pasti tegangan 14Vdc masuk ke Accu....dan pikiran tenang karena ada stum yang masuk....
ngukurnya di bateray ya oom sigit...??saya ukur ketika mesin hidup seperti ini hasilnya:
1. 13,10 V itu hasil tertinggi meski engine low idle atau high idle
2. 12,89 V (rpm sama spt no. 1) AC dihidupin
3. 12,65 V (rpm sama spt no. 1) AC dihidupin + lampu utama nyala
kalo menurut oom sigit 14 V, berarti alternator saya rusak donk oom...
namkul89- Jumlah posting : 24
Reputation : 0
Join date : 29.05.12
Age : 35
Lokasi : tulungagung
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
setuju........plus wajib ditiru......Sigit Ario wrote:p4ri wrote:Maaf, saya bukan mekanik, hanya pengguna dan penggemar BMW saja.
.....master selalu merendah.......saluuuttttt
namkul89- Jumlah posting : 24
Reputation : 0
Join date : 29.05.12
Age : 35
Lokasi : tulungagung
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
@bro namkul , sebisanya baut bleeding dibuka untuk memastikan tidak ada udara yang terjebak saat ngisi coolant....nah ritual pencet2 selang radiator kadang juga diperlukan saat setelah bleeding agar benar2 tidak ada udara terjebak...
untuk viscovan...cara yang dilakukan sudah tepat...jika kipas masih kuat nabokin kertas ya visco masih ok
untuk check kandungan air pada gas buang....belum pernah saya lakukan karena parameternya gak bisa dipegang...dasarnya kagak ngerti ane... dan batesanya juga apa....bisa bilang bocor gak bocor...
Jika memang air radiator merembes dan masuk ke ruang bakar biasanya mesin akan susah hidup dan jika air radiator bercampur oil , airnya berwarna coklat keruh seperti cofemix bisa juga dilihat pada tutup oli..jika ada endapan seperti lendir berwarna sama artinya ada kebocoran saluran pendingin mesin dengan Pelumas...itu yang pasti2 aja....
dari panjang lebar yang diceritain...kemungkinan awal dan 99.8% yakin masalah OH adalah Bleeding
klo dari reading masalah arus pengisian..sepertinya Baik baik saja alternatornya...wajar saat ac on + lampu nyala jadi drop...tapi harus segera compensate naik...klo tidak mungkin IC regulatornya.
untuk viscovan...cara yang dilakukan sudah tepat...jika kipas masih kuat nabokin kertas ya visco masih ok
untuk check kandungan air pada gas buang....belum pernah saya lakukan karena parameternya gak bisa dipegang...dasarnya kagak ngerti ane... dan batesanya juga apa....bisa bilang bocor gak bocor...
Jika memang air radiator merembes dan masuk ke ruang bakar biasanya mesin akan susah hidup dan jika air radiator bercampur oil , airnya berwarna coklat keruh seperti cofemix bisa juga dilihat pada tutup oli..jika ada endapan seperti lendir berwarna sama artinya ada kebocoran saluran pendingin mesin dengan Pelumas...itu yang pasti2 aja....
dari panjang lebar yang diceritain...kemungkinan awal dan 99.8% yakin masalah OH adalah Bleeding
klo dari reading masalah arus pengisian..sepertinya Baik baik saja alternatornya...wajar saat ac on + lampu nyala jadi drop...tapi harus segera compensate naik...klo tidak mungkin IC regulatornya.
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
hohohoh.... iya kyaknya oom sigit, mengingat setelah melakukan saran dari oom semut.hitam yg copot busi 1 per 1 untuk lihat klo ada air yg "nyiprat" dari dlm waktu dirunning....hasilnya kering semua g ada semburan airnya....(entah apa mungkin bocornya kecil kali ya..?jd kgk kliatn..) setuju..oom sigit soalnya mesin gampang ko hidupnya..paling susahnya gara2 aki tekor...... untuk oilnya si pas kmren saya ganti warnanya hitam pekat ko bukan coffemix............tp kemana lari y ya air radiatornya... apa memang setiap hari perlu nambah dikit ?? maksudnya compensate apa sih oom sigit???Sigit Ario wrote:@bro namkul , sebisanya baut bleeding dibuka untuk memastikan tidak ada udara yang terjebak saat ngisi coolant....nah ritual pencet2 selang radiator kadang juga diperlukan saat setelah bleeding agar benar2 tidak ada udara terjebak...
untuk viscovan...cara yang dilakukan sudah tepat...jika kipas masih kuat nabokin kertas ya visco masih ok
untuk check kandungan air pada gas buang....belum pernah saya lakukan karena parameternya gak bisa dipegang...dasarnya kagak ngerti ane... dan batesanya juga apa....bisa bilang bocor gak bocor...
Jika memang air radiator merembes dan masuk ke ruang bakar biasanya mesin akan susah hidup dan jika air radiator bercampur oil , airnya berwarna coklat keruh seperti cofemix bisa juga dilihat pada tutup oli..jika ada endapan seperti lendir berwarna sama artinya ada kebocoran saluran pendingin mesin dengan Pelumas...itu yang pasti2 aja....
dari panjang lebar yang diceritain...kemungkinan awal dan 99.8% yakin masalah OH adalah Bleeding
klo dari reading masalah arus pengisian..sepertinya Baik baik saja alternatornya...wajar saat ac on + lampu nyala jadi drop...tapi harus segera compensate naik...klo tidak mungkin IC regulatornya.
namkul89- Jumlah posting : 24
Reputation : 0
Join date : 29.05.12
Age : 35
Lokasi : tulungagung
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
sudah coba pake coolant yang memiliki warna hijau ??? klo belum segera pake..dari warna kita bisa lebih mudah mendeteksi posisi bocoran tanpa harus test system dengan menggunakan tekanan..namun disarankan test dengan cara ini agar bener2 tau jika memang ada kebocoran....nah nambahinya seberapa sedikit......???
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
iya oom sigit sudah saya ganti semua ko coolantnya (merk pr**tone) warna hijau kekuningan...Sigit Ario wrote:sudah coba pake coolant yang memiliki warna hijau ??? klo belum segera pake..dari warna kita bisa lebih mudah mendeteksi posisi bocoran tanpa harus test system dengan menggunakan tekanan..namun disarankan test dengan cara ini agar bener2 tau jika memang ada kebocoran....nah nambahinya seberapa sedikit......???
namkul89- Jumlah posting : 24
Reputation : 0
Join date : 29.05.12
Age : 35
Lokasi : tulungagung
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
Bro Namkul89, kalau sudah pakai Pr****ne mestinya terlihat tanda kebocoran karena biasanya ada kerak.
Kok rajin sekali periksa air radiator?
Kalau ingin yakin sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan tekanan seperti saran bro Sigit Ario.
Kok rajin sekali periksa air radiator?
Kalau ingin yakin sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan tekanan seperti saran bro Sigit Ario.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: engine jadi cepat overheat setelah ganti coolant
nah iya harus kelihatn ya....tp ini kgak keliatan bekas kerak2 nya oom p4ri....p4ri wrote:Bro Namkul89, kalau sudah pakai Pr****ne mestinya terlihat tanda kebocoran karena biasanya ada kerak.
Kok rajin sekali periksa air radiator?
Kalau ingin yakin sebaiknya lakukan pemeriksaan dengan tekanan seperti saran bro Sigit Ario.
setiap pagi jadinya cek coolant...paling 3 harian nambah biar kgk sampai overheat..
namkul89- Jumlah posting : 24
Reputation : 0
Join date : 29.05.12
Age : 35
Lokasi : tulungagung
Similar topics
» Mesin cepat overheat di saat siang hari terik
» Deteksi Penyebab Overheat Engine E36 M43
» Ganti Oli Transmisi Manual Jadi Berdengung
» ganti air flow kok rpm jadi naek turun
» Air radiator cepat habis
» Deteksi Penyebab Overheat Engine E36 M43
» Ganti Oli Transmisi Manual Jadi Berdengung
» ganti air flow kok rpm jadi naek turun
» Air radiator cepat habis
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 16 Jun 2022 - 6:50 by Wisnu85
» Speed Limit BMW E90 2008
Tue 14 Jun 2022 - 21:32 by TheMechanic
» Video Obat Aborsi Cytotec ( 08991026699 ) Jual Obat Aborsi Layanan Pesan Cod Bayar Ditempat
Tue 14 Jun 2022 - 8:47 by asamara
» RPM naik sendiri
Sun 24 Apr 2022 - 14:11 by yudhistiraw
» Obat Penggugur Kandungan - kesuburan Setelah Mengunakan Obat Aborsi Cytotec
Sat 23 Apr 2022 - 9:34 by asamara
» Jual Obat Aborsi - Mengetahui Efek Cytotec Penggugur Kandungan Dan Kesuburan
Sat 23 Apr 2022 - 9:18 by asamara
» Obat Penggugur Kandungan Cytotec - Efek Aborsi Usia Kehamilan 1-8 Bulan
Sat 23 Apr 2022 - 9:02 by asamara
» Kedala bmw e36 m43
Fri 22 Apr 2022 - 4:39 by Hery
» Kenalpot berasap saat mobil 523i e60 di panasin
Tue 19 Apr 2022 - 7:51 by E60Sentris