Pencarian
Latest topics
Social bookmarking
Most active topics
bengkel bmw tegal sekitarnya
Tue 5 Mar 2013 - 23:05 by maxall
malem master semua ,saya anggota baru,baru punya bmw juga, 320i 94 matik,baru semingguan,mau nyari bangkel yang bagus untuk daerah tegal dan sekitarnya.
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
Comments: 7
Macet total prngapian busi
Tue 10 Dec 2019 - 8:34 by Herman d
Salam kenal semua. Mohon bantu gan, BMW sy 318i thn 1992. Bermasalah dgn pengapian busi tdk ada,semburan bahan bakar ke injeksi tdk ada dan arus listrik dri fuse puel pump sampai kekabel fuel pump tdk ada. Tetapi fuel pump normal hidup kalau disambung langsung lewat aki tetapi bahan bakar tetap tdk ada keinjeksi. Mohon bamtuan sulusinya gan. Kerimakasi
Herman d
Herman d
Comments: 0
530i matic ngebul
Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste
permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih
Comments: 0
520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.
Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara
selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Comments: 10
CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36
Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe
Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
Comments: 1
bmw_520i_e34_1991
Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82
salam kenal.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
Comments: 6
Mesin tidak mau hidup
Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung
Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Comments: 4
Mohon Bantuan
Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks
Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
Comments: 1
AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati
Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe
Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Comments: 3
Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
+4
yudi_88
Setia_One
zulfiqo
romancia
8 posters
Halaman 1 dari 1
Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
Teman2 mohon pencerahannya donks...
Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium BKR6EIX di bmw e36 m52 gak? gw pingin tau pengalamannya...mesin gw standar, cuma air filternya aja pake k&n...cocok gak klo pake busi iridium? gw baca di thread2 yg ada byk yg pro kontra di berbagai macam mbl tp gw blm nemu post2 yg udh pernah pake utk e36 m52 ...ada jg yg bilang klo yg pake ECU kayak BMW gak cocok pake iridium, pake yg standar aja udh pasti aman...krn klo cocok, lumayan jg..bisa lbh lama pemakaian dgn performa mesin yg lbh baik dan lbh irit juga di kantong jdnya utk jangka pjg....tolong info ya, tks
Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium BKR6EIX di bmw e36 m52 gak? gw pingin tau pengalamannya...mesin gw standar, cuma air filternya aja pake k&n...cocok gak klo pake busi iridium? gw baca di thread2 yg ada byk yg pro kontra di berbagai macam mbl tp gw blm nemu post2 yg udh pernah pake utk e36 m52 ...ada jg yg bilang klo yg pake ECU kayak BMW gak cocok pake iridium, pake yg standar aja udh pasti aman...krn klo cocok, lumayan jg..bisa lbh lama pemakaian dgn performa mesin yg lbh baik dan lbh irit juga di kantong jdnya utk jangka pjg....tolong info ya, tks
romancia- Jumlah posting : 54
Reputation : 4
Join date : 26.09.10
Re: Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
Bro...gw udh pake NGK Iridium BKR6EIX, busi kode ini memang didisain utk BMW kita (e36 M52 320i) dan juga didisain utk mesin berkompresi tinggi (kompresi m52 320i = 11) tapi dengan mesin standar..(kode angka 6 memang utk mesin standar). di manual book m52 , busi yg direkomendasikan oleh pabrik cuma merk NGK & Bosch jd ya gw gak akan pake merk lain walaupun ada jg merk lainnya yg iridium & lbh murah.
Mesin gw jg standar, cuma pake K&N filter replacement aja...tadinya busi gw NGK standar kode BKR6E, pas gw ganti perbedaan lumayan signifikan kok...
1. Tarikan jauh lebih responsif. Lebih terasa banget perbedaannya waktu di rpm >3000...cepet banget naik rpmnya...klo utk macet2an iridium gak terlalu beda rasanya dgn busi standar
2. Injekan gasnya lebih efisien utk mencapai rpm tinggi dgn kata lain injekan gasnya tidak sedalam waktu pake busi standar utk mencapai rpmnya.
3. mesin lebih halus suaranya, hal ini jg didukung dgn k&n air filter
4. gw ambil contoh, sewaktu pake busi standar m52 gw utk bisa tembus 190kpj, rpmnya sekitar 5900...sewaktu udh ganti iridium, di rpm 5900 ternyata sdh tembus di 200kpj (ini sdh bbrp kali gw buktikan di tol manapun) berarti ada kenaikan torsi minimal 10% kira2 (klo menurut gw hehe)
5. krn pemakaian gas yg lbh efisien (selama gak elo bejek2 gak karuan krn enteng) sdh pasti bikin bbm lbh irit. gw jg sdh tes, waktu pake busi standar perjalanan pp jkt-bdg lwt cipularang ditambah jln2 dikit di bdg yg maceeetttttttt, bensin gw (pake shell 95) 1 liter = 7.80 km ....sewaktu udh ganti iridium 1 liter = 8.49 km (kondisi perjalanan 80% hampir sama, rpm gw gak pernah kurang dari 4000 di tol he he he)...sekitar hampir 10% keiritannya...klo gw jalan santai aja (main rpm rendah2 aja) pasti gw yakin akan lebih dari 10% (tapi kpn sampenya hehe)
6. So far ecu gw gak ada masalah dgn busi iridium ini. gw yakinlah pabrik sekelas NGK tdk bakalan bikin busi sampai ngerusak ecu krn mrk pasti sudah melalui penelitian dan percobaan2 yg sangat amat teliti. apalagi BKR6EIX ini memang didisain utk bmw e36 m52. klo sampe ada yg ngaco, gw yakin banget pasti kode businya salah spek utk mblnya ato mblnya emang udh ngaco. jgn pake kode yg bkr6eix-11, ini bukan utk bmw e36 tp e46 klo gak salah. gw coba baca di website2 ttg bmw yg ada di seluruh dunia, belum nemuin ada masalah dgn pemakaian busi iridium. jadi ya gw yakin lah akan aman2 aja.
7. Yg gw baca di websitenya ngk, busi iridium ini harus memakai bensin dgn oktan tinggi trus pake air filter yg bagus (k&n yg paling top lah saat ini) utk bisa memaksimalkan efek dari busi ini. di manual book m52 320i memang di haruskan memakai bensin oktan minimal 95. gw sdh coba pertamax plus, petronas 95, total 95 & shell 95 utk di mbl gw sejak pake iridium. ternyata pake shell 95 gw ngerasa paling mantap utk power & torsi mobil gw. Kualitas shell 95 memang terbukti paling OK diantara 4 merk tsb, jd wajar dia paling mahal skr seliternya (Rp. 7100)
8. Harga busi ini emang mahal, gw beli di jayapura motor duta mas fatmawati hrg 6 pcs = Rp. 495.000,- . Udh hrg yg paling bagus disini dan asli. Ada yg jual cuma 420.000 - 480.000 di bbrp website tp dikirim via pos, mrk gak mau cod...gw gak yakin, takut palsu barangnya. Tapi pemakaian busi ini bisa hingga 50.000 km (klaim dari pihak NGK), yg penting maintenance mesin elo bener2 hrs dijaga. Jgn coba2 diamplas ya busi ini, bakal hancur jarumnya (cuma 0.6 mm), selama pengapian elo bagus busi ini gak perlu di apa2in hingga 50.000 km (tp klo udh 10.000an lbh baik di cek aja biar yakin). Utk jangka panjang jelas lebih irit kantong. Busi NGK/bosch standar harganya sekitar 20.000 per pc x 6 = Rp. 120.000. mesti ganti tiap 10.000. kalo di kali hingga 50.000 berarti elo hrs ngeluarin hingga 600.000 utk ganti businya. lbh murah kan?
9. kesimpulan gw, klo dilihat dr teknologinya kayaknya busi iridium ini cocoknya utk mesin yg berkompresi tinggi (minimal 10.5 keatas). terus harus pake bensin oktan tinggi (mgkn supaya panas tinggi dari bensinnya bisa memaksimalkan percikan api di businya). pake air filter replacement berkualitas (menghasilkan udara yg bener2 bersih). Nah klo di m52 ini kan busi langsung ke koil (gak pake kabel busi), kekuatan iridium ini lgs masuk ke koil shg bener2 bisa maksimal. klo elo sering main di rpm tinggi, ya busi iridium akan mendukung elo deh tp klo elo ternyata lebih seringnya di daerah macet2an ya sayang pake iridium. utk mbl2 dgn kompresi rendah & cuma make premium, klo menurut gw gak usah pake iridium, gak akan maksimal dan duit terbuang percuma (ini menurut gw yaaa). krn yg gw baca, busi iridium ini memang bener2 didisain utk mbl yg berkompresi tinggi dan butuh bensin oktan tinggi. Dan yg paling penting, sblm elo pake iridium pastikan kondisi mobil elo semuanya sehat wal-afiat yaaaaa.......
10. Elo punya mobil secanggih BMW ya jgn mikirin rupiahnya. Memang mahal di awal tp lbh irit utk jangka panjangnya. K&N filter emang mahal bgt tp utk pemakaian seumur hidup mobil elo. Busi iridium mahal (tp klo utk dipake hingga 50.000 km jelas lebih irit dari busi standar). Shell 95 jg mahal (7100/liter) tp lbh irit dibanding memakai oktan 92 (udh gw buktikan). Ada harga ada kualitas boss
11. Krn gw setiap hari klo ngantor pasti lewat tol, hal2 diatas jd lumayan agak2 maksimal pemakaiannya.
Selamat mencoba...
Mesin gw jg standar, cuma pake K&N filter replacement aja...tadinya busi gw NGK standar kode BKR6E, pas gw ganti perbedaan lumayan signifikan kok...
1. Tarikan jauh lebih responsif. Lebih terasa banget perbedaannya waktu di rpm >3000...cepet banget naik rpmnya...klo utk macet2an iridium gak terlalu beda rasanya dgn busi standar
2. Injekan gasnya lebih efisien utk mencapai rpm tinggi dgn kata lain injekan gasnya tidak sedalam waktu pake busi standar utk mencapai rpmnya.
3. mesin lebih halus suaranya, hal ini jg didukung dgn k&n air filter
4. gw ambil contoh, sewaktu pake busi standar m52 gw utk bisa tembus 190kpj, rpmnya sekitar 5900...sewaktu udh ganti iridium, di rpm 5900 ternyata sdh tembus di 200kpj (ini sdh bbrp kali gw buktikan di tol manapun) berarti ada kenaikan torsi minimal 10% kira2 (klo menurut gw hehe)
5. krn pemakaian gas yg lbh efisien (selama gak elo bejek2 gak karuan krn enteng) sdh pasti bikin bbm lbh irit. gw jg sdh tes, waktu pake busi standar perjalanan pp jkt-bdg lwt cipularang ditambah jln2 dikit di bdg yg maceeetttttttt, bensin gw (pake shell 95) 1 liter = 7.80 km ....sewaktu udh ganti iridium 1 liter = 8.49 km (kondisi perjalanan 80% hampir sama, rpm gw gak pernah kurang dari 4000 di tol he he he)...sekitar hampir 10% keiritannya...klo gw jalan santai aja (main rpm rendah2 aja) pasti gw yakin akan lebih dari 10% (tapi kpn sampenya hehe)
6. So far ecu gw gak ada masalah dgn busi iridium ini. gw yakinlah pabrik sekelas NGK tdk bakalan bikin busi sampai ngerusak ecu krn mrk pasti sudah melalui penelitian dan percobaan2 yg sangat amat teliti. apalagi BKR6EIX ini memang didisain utk bmw e36 m52. klo sampe ada yg ngaco, gw yakin banget pasti kode businya salah spek utk mblnya ato mblnya emang udh ngaco. jgn pake kode yg bkr6eix-11, ini bukan utk bmw e36 tp e46 klo gak salah. gw coba baca di website2 ttg bmw yg ada di seluruh dunia, belum nemuin ada masalah dgn pemakaian busi iridium. jadi ya gw yakin lah akan aman2 aja.
7. Yg gw baca di websitenya ngk, busi iridium ini harus memakai bensin dgn oktan tinggi trus pake air filter yg bagus (k&n yg paling top lah saat ini) utk bisa memaksimalkan efek dari busi ini. di manual book m52 320i memang di haruskan memakai bensin oktan minimal 95. gw sdh coba pertamax plus, petronas 95, total 95 & shell 95 utk di mbl gw sejak pake iridium. ternyata pake shell 95 gw ngerasa paling mantap utk power & torsi mobil gw. Kualitas shell 95 memang terbukti paling OK diantara 4 merk tsb, jd wajar dia paling mahal skr seliternya (Rp. 7100)
8. Harga busi ini emang mahal, gw beli di jayapura motor duta mas fatmawati hrg 6 pcs = Rp. 495.000,- . Udh hrg yg paling bagus disini dan asli. Ada yg jual cuma 420.000 - 480.000 di bbrp website tp dikirim via pos, mrk gak mau cod...gw gak yakin, takut palsu barangnya. Tapi pemakaian busi ini bisa hingga 50.000 km (klaim dari pihak NGK), yg penting maintenance mesin elo bener2 hrs dijaga. Jgn coba2 diamplas ya busi ini, bakal hancur jarumnya (cuma 0.6 mm), selama pengapian elo bagus busi ini gak perlu di apa2in hingga 50.000 km (tp klo udh 10.000an lbh baik di cek aja biar yakin). Utk jangka panjang jelas lebih irit kantong. Busi NGK/bosch standar harganya sekitar 20.000 per pc x 6 = Rp. 120.000. mesti ganti tiap 10.000. kalo di kali hingga 50.000 berarti elo hrs ngeluarin hingga 600.000 utk ganti businya. lbh murah kan?
9. kesimpulan gw, klo dilihat dr teknologinya kayaknya busi iridium ini cocoknya utk mesin yg berkompresi tinggi (minimal 10.5 keatas). terus harus pake bensin oktan tinggi (mgkn supaya panas tinggi dari bensinnya bisa memaksimalkan percikan api di businya). pake air filter replacement berkualitas (menghasilkan udara yg bener2 bersih). Nah klo di m52 ini kan busi langsung ke koil (gak pake kabel busi), kekuatan iridium ini lgs masuk ke koil shg bener2 bisa maksimal. klo elo sering main di rpm tinggi, ya busi iridium akan mendukung elo deh tp klo elo ternyata lebih seringnya di daerah macet2an ya sayang pake iridium. utk mbl2 dgn kompresi rendah & cuma make premium, klo menurut gw gak usah pake iridium, gak akan maksimal dan duit terbuang percuma (ini menurut gw yaaa). krn yg gw baca, busi iridium ini memang bener2 didisain utk mbl yg berkompresi tinggi dan butuh bensin oktan tinggi. Dan yg paling penting, sblm elo pake iridium pastikan kondisi mobil elo semuanya sehat wal-afiat yaaaaa.......
10. Elo punya mobil secanggih BMW ya jgn mikirin rupiahnya. Memang mahal di awal tp lbh irit utk jangka panjangnya. K&N filter emang mahal bgt tp utk pemakaian seumur hidup mobil elo. Busi iridium mahal (tp klo utk dipake hingga 50.000 km jelas lebih irit dari busi standar). Shell 95 jg mahal (7100/liter) tp lbh irit dibanding memakai oktan 92 (udh gw buktikan). Ada harga ada kualitas boss
11. Krn gw setiap hari klo ngantor pasti lewat tol, hal2 diatas jd lumayan agak2 maksimal pemakaiannya.
Selamat mencoba...
Terakhir diubah oleh zulfiqo tanggal Thu 18 Nov 2010 - 15:31, total 5 kali diubah
zulfiqo- Jumlah posting : 55
Reputation : 0
Join date : 08.09.10
Re: Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
wah thanks banget ya bos zulfiqo.......gw mau beli deh besok iridium....
romancia- Jumlah posting : 54
Reputation : 4
Join date : 26.09.10
Re: Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
Penjelasan yang sangat detail , thanks sudah bagi2 pengalaman , sukses selalu ya , thanks
Setia_One- Jumlah posting : 26
Reputation : 0
Join date : 08.11.10
Age : 49
Lokasi : Ruteng-Manggarai-Nusa Tenggara Timur
Re: Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
ok bro sama2....ya share pengalaman aja...practice makes perfect
zulfiqo- Jumlah posting : 55
Reputation : 0
Join date : 08.09.10
Re: Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
TOP banget penjelasan nya.. bener" jelasszz...
tq bro bwt info na...
tq bro bwt info na...
yudi_88- Jumlah posting : 21
Reputation : 0
Join date : 30.12.09
Re: Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
penjelasannya mantap bgt.. tapi kalau untuk mesin m50 320i bisa juga ga yah??
bandit- Jumlah posting : 19
Reputation : 0
Join date : 27.11.10
Re: Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
kalo di pake di m50 gimana??
nofre- Jumlah posting : 23
Reputation : 0
Join date : 30.12.10
Age : 46
Lokasi : Sawangan
Re: Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
utk 320i m50 & m52 sama kode businya, bkr6eix ...utk lbh pasti utk spek mbl2 bisa di cek disini nihh
http://www.ngkbusi.com/profile.php?go=partfinder
sukses yaaaa
http://www.ngkbusi.com/profile.php?go=partfinder
sukses yaaaa
zulfiqo- Jumlah posting : 55
Reputation : 0
Join date : 08.09.10
Re: Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
zulfiqo wrote:utk 320i m50 & m52 sama kode businya, bkr6eix ...utk lbh pasti utk spek mbl2 bisa di cek disini nihh
http://www.ngkbusi.com/profile.php?go=partfinder
sukses yaaaa
Sip thanks info nya
bandit- Jumlah posting : 19
Reputation : 0
Join date : 27.11.10
Re: Ada yg udh pernah pake busi ngk iridium di e36 m52?
wuaahhh, dasyat penjelasannya bro
saya juga baru coba NGK Iridium Greedy di Biem saya E36-M43, tapi lum bisa maksimal rasain manfaatnya, baru dapet iritnya aja.
karena recommended, jadi makin PeDe mbejeknya, tadinya takut juga makenya
saya juga baru coba NGK Iridium Greedy di Biem saya E36-M43, tapi lum bisa maksimal rasain manfaatnya, baru dapet iritnya aja.
karena recommended, jadi makin PeDe mbejeknya, tadinya takut juga makenya
M43_82- Jumlah posting : 4
Reputation : 0
Join date : 01.04.11
Denso Iridium
[quote="zulfiqo"]Bro...gw udh pake NGK Iridium BKR6EIX, busi kode ini memang didisain utk BMW kita (e36 M52 320i) dan juga didisain utk mesin berkompresi tinggi (kompresi m52 320i = 11) tapi dengan mesin standar..(kode angka 6 memang utk mesin standar). di manual book m52 , busi yg direkomendasikan oleh pabrik cuma merk NGK & Bosch jd ya gw gak akan pake merk lain walaupun ada jg merk lainnya yg iridium & lbh murah.
Mesin gw jg standar, cuma pake K&N filter replacement aja...tadinya busi gw NGK standar kode BKR6E, pas gw ganti perbedaan lumayan signifikan kok...
1. Tarikan jauh lebih responsif. Lebih terasa banget perbedaannya waktu di rpm >3000...cepet banget naik rpmnya...klo utk macet2an iridium gak terlalu beda rasanya dgn busi standar
2. Injekan gasnya lebih efisien utk mencapai rpm tinggi dgn kata lain injekan gasnya tidak sedalam waktu pake busi standar utk mencapai rpmnya.
3. mesin lebih halus suaranya, hal ini jg didukung dgn k&n air filter
4. gw ambil contoh, sewaktu pake busi standar m52 gw utk bisa tembus 190kpj, rpmnya sekitar 5900...sewaktu udh ganti iridium, di rpm 5900 ternyata sdh tembus di 200kpj (ini sdh bbrp kali gw buktikan di tol manapun) berarti ada kenaikan torsi minimal 10% kira2 (klo menurut gw hehe)
5. krn pemakaian gas yg lbh efisien (selama gak elo bejek2 gak karuan krn enteng) sdh pasti bikin bbm lbh irit. gw jg sdh tes, waktu pake busi standar perjalanan pp jkt-bdg lwt cipularang ditambah jln2 dikit di bdg yg maceeetttttttt, bensin gw (pake shell 95) 1 liter = 7.80 km ....sewaktu udh ganti iridium 1 liter = 8.49 km (kondisi perjalanan 80% hampir sama, rpm gw gak pernah kurang dari 4000 di tol he he he)...sekitar hampir 10% keiritannya...klo gw jalan santai aja (main rpm rendah2 aja) pasti gw yakin akan lebih dari 10% (tapi kpn sampenya hehe)
6. So far ecu gw gak ada masalah dgn busi iridium ini. gw yakinlah pabrik sekelas NGK tdk bakalan bikin busi sampai ngerusak ecu krn mrk pasti sudah melalui penelitian dan percobaan2 yg sangat amat teliti. apalagi BKR6EIX ini memang didisain utk bmw e36 m52. klo sampe ada yg ngaco, gw yakin banget pasti kode businya salah spek utk mblnya ato mblnya emang udh ngaco. jgn pake kode yg bkr6eix-11, ini bukan utk bmw e36 tp e46 klo gak salah. gw coba baca di website2 ttg bmw yg ada di seluruh dunia, belum nemuin ada masalah dgn pemakaian busi iridium. jadi ya gw yakin lah akan aman2 aja.
7. Yg gw baca di websitenya ngk, busi iridium ini harus memakai bensin dgn oktan tinggi trus pake air filter yg bagus (k&n yg paling top lah saat ini) utk bisa memaksimalkan efek dari busi ini. di manual book m52 320i memang di haruskan memakai bensin oktan minimal 95. gw sdh coba pertamax plus, petronas 95, total 95 & shell 95 utk di mbl gw sejak pake iridium. ternyata pake shell 95 gw ngerasa paling mantap utk power & torsi mobil gw. Kualitas shell 95 memang terbukti paling OK diantara 4 merk tsb, jd wajar dia paling mahal skr seliternya (Rp. 7100)
8. Harga busi ini emang mahal, gw beli di jayapura motor duta mas fatmawati hrg 6 pcs = Rp. 495.000,- . Udh hrg yg paling bagus disini dan asli. Ada yg jual cuma 420.000 - 480.000 di bbrp website tp dikirim via pos, mrk gak mau cod...gw gak yakin, takut palsu barangnya. Tapi pemakaian busi ini bisa hingga 50.000 km (klaim dari pihak NGK), yg penting maintenance mesin elo bener2 hrs dijaga. Jgn coba2 diamplas ya busi ini, bakal hancur jarumnya (cuma 0.6 mm), selama pengapian elo bagus busi ini gak perlu di apa2in hingga 50.000 km (tp klo udh 10.000an lbh baik di cek aja biar yakin). Utk jangka panjang jelas lebih irit kantong. Busi NGK/bosch standar harganya sekitar 20.000 per pc x 6 = Rp. 120.000. mesti ganti tiap 10.000. kalo di kali hingga 50.000 berarti elo hrs ngeluarin hingga 600.000 utk ganti businya. lbh murah kan?
9. kesimpulan gw, klo dilihat dr teknologinya kayaknya busi iridium ini cocoknya utk mesin yg berkompresi tinggi (minimal 10.5 keatas). terus harus pake bensin oktan tinggi (mgkn supaya panas tinggi dari bensinnya bisa memaksimalkan percikan api di businya). pake air filter replacement berkualitas (menghasilkan udara yg bener2 bersih). Nah klo di m52 ini kan busi langsung ke koil (gak pake kabel busi), kekuatan iridium ini lgs masuk ke koil shg bener2 bisa maksimal. klo elo sering main di rpm tinggi, ya busi iridium akan mendukung elo deh tp klo elo ternyata lebih seringnya di daerah macet2an ya sayang pake iridium. utk mbl2 dgn kompresi rendah & cuma make premium, klo menurut gw gak usah pake iridium, gak akan maksimal dan duit terbuang percuma (ini menurut gw yaaa). krn yg gw baca, busi iridium ini memang bener2 didisain utk mbl yg berkompresi tinggi dan butuh bensin oktan tinggi. Dan yg paling penting, sblm elo pake iridium pastikan kondisi mobil elo semuanya sehat wal-afiat yaaaaa.......
10. Elo punya mobil secanggih BMW ya jgn mikirin rupiahnya. Memang mahal di awal tp lbh irit utk jangka panjangnya. K&N filter emang mahal bgt tp utk pemakaian seumur hidup mobil elo. Busi iridium mahal (tp klo utk dipake hingga 50.000 km jelas lebih irit dari busi standar). Shell 95 jg mahal (7100/liter) tp lbh irit dibanding memakai oktan 92 (udh gw buktikan). Ada harga ada kualitas boss
11. Krn gw setiap hari klo ngantor pasti lewat tol, hal2 diatas jd lumayan agak2 maksimal pemakaiannya.
Selamat mencoba... [quote]
Saya sudah pakai DENSO IRIDIUM untuk E36 M52. Dari segi kwalitas busi mana yang lebih baik?
Mesin gw jg standar, cuma pake K&N filter replacement aja...tadinya busi gw NGK standar kode BKR6E, pas gw ganti perbedaan lumayan signifikan kok...
1. Tarikan jauh lebih responsif. Lebih terasa banget perbedaannya waktu di rpm >3000...cepet banget naik rpmnya...klo utk macet2an iridium gak terlalu beda rasanya dgn busi standar
2. Injekan gasnya lebih efisien utk mencapai rpm tinggi dgn kata lain injekan gasnya tidak sedalam waktu pake busi standar utk mencapai rpmnya.
3. mesin lebih halus suaranya, hal ini jg didukung dgn k&n air filter
4. gw ambil contoh, sewaktu pake busi standar m52 gw utk bisa tembus 190kpj, rpmnya sekitar 5900...sewaktu udh ganti iridium, di rpm 5900 ternyata sdh tembus di 200kpj (ini sdh bbrp kali gw buktikan di tol manapun) berarti ada kenaikan torsi minimal 10% kira2 (klo menurut gw hehe)
5. krn pemakaian gas yg lbh efisien (selama gak elo bejek2 gak karuan krn enteng) sdh pasti bikin bbm lbh irit. gw jg sdh tes, waktu pake busi standar perjalanan pp jkt-bdg lwt cipularang ditambah jln2 dikit di bdg yg maceeetttttttt, bensin gw (pake shell 95) 1 liter = 7.80 km ....sewaktu udh ganti iridium 1 liter = 8.49 km (kondisi perjalanan 80% hampir sama, rpm gw gak pernah kurang dari 4000 di tol he he he)...sekitar hampir 10% keiritannya...klo gw jalan santai aja (main rpm rendah2 aja) pasti gw yakin akan lebih dari 10% (tapi kpn sampenya hehe)
6. So far ecu gw gak ada masalah dgn busi iridium ini. gw yakinlah pabrik sekelas NGK tdk bakalan bikin busi sampai ngerusak ecu krn mrk pasti sudah melalui penelitian dan percobaan2 yg sangat amat teliti. apalagi BKR6EIX ini memang didisain utk bmw e36 m52. klo sampe ada yg ngaco, gw yakin banget pasti kode businya salah spek utk mblnya ato mblnya emang udh ngaco. jgn pake kode yg bkr6eix-11, ini bukan utk bmw e36 tp e46 klo gak salah. gw coba baca di website2 ttg bmw yg ada di seluruh dunia, belum nemuin ada masalah dgn pemakaian busi iridium. jadi ya gw yakin lah akan aman2 aja.
7. Yg gw baca di websitenya ngk, busi iridium ini harus memakai bensin dgn oktan tinggi trus pake air filter yg bagus (k&n yg paling top lah saat ini) utk bisa memaksimalkan efek dari busi ini. di manual book m52 320i memang di haruskan memakai bensin oktan minimal 95. gw sdh coba pertamax plus, petronas 95, total 95 & shell 95 utk di mbl gw sejak pake iridium. ternyata pake shell 95 gw ngerasa paling mantap utk power & torsi mobil gw. Kualitas shell 95 memang terbukti paling OK diantara 4 merk tsb, jd wajar dia paling mahal skr seliternya (Rp. 7100)
8. Harga busi ini emang mahal, gw beli di jayapura motor duta mas fatmawati hrg 6 pcs = Rp. 495.000,- . Udh hrg yg paling bagus disini dan asli. Ada yg jual cuma 420.000 - 480.000 di bbrp website tp dikirim via pos, mrk gak mau cod...gw gak yakin, takut palsu barangnya. Tapi pemakaian busi ini bisa hingga 50.000 km (klaim dari pihak NGK), yg penting maintenance mesin elo bener2 hrs dijaga. Jgn coba2 diamplas ya busi ini, bakal hancur jarumnya (cuma 0.6 mm), selama pengapian elo bagus busi ini gak perlu di apa2in hingga 50.000 km (tp klo udh 10.000an lbh baik di cek aja biar yakin). Utk jangka panjang jelas lebih irit kantong. Busi NGK/bosch standar harganya sekitar 20.000 per pc x 6 = Rp. 120.000. mesti ganti tiap 10.000. kalo di kali hingga 50.000 berarti elo hrs ngeluarin hingga 600.000 utk ganti businya. lbh murah kan?
9. kesimpulan gw, klo dilihat dr teknologinya kayaknya busi iridium ini cocoknya utk mesin yg berkompresi tinggi (minimal 10.5 keatas). terus harus pake bensin oktan tinggi (mgkn supaya panas tinggi dari bensinnya bisa memaksimalkan percikan api di businya). pake air filter replacement berkualitas (menghasilkan udara yg bener2 bersih). Nah klo di m52 ini kan busi langsung ke koil (gak pake kabel busi), kekuatan iridium ini lgs masuk ke koil shg bener2 bisa maksimal. klo elo sering main di rpm tinggi, ya busi iridium akan mendukung elo deh tp klo elo ternyata lebih seringnya di daerah macet2an ya sayang pake iridium. utk mbl2 dgn kompresi rendah & cuma make premium, klo menurut gw gak usah pake iridium, gak akan maksimal dan duit terbuang percuma (ini menurut gw yaaa). krn yg gw baca, busi iridium ini memang bener2 didisain utk mbl yg berkompresi tinggi dan butuh bensin oktan tinggi. Dan yg paling penting, sblm elo pake iridium pastikan kondisi mobil elo semuanya sehat wal-afiat yaaaaa.......
10. Elo punya mobil secanggih BMW ya jgn mikirin rupiahnya. Memang mahal di awal tp lbh irit utk jangka panjangnya. K&N filter emang mahal bgt tp utk pemakaian seumur hidup mobil elo. Busi iridium mahal (tp klo utk dipake hingga 50.000 km jelas lebih irit dari busi standar). Shell 95 jg mahal (7100/liter) tp lbh irit dibanding memakai oktan 92 (udh gw buktikan). Ada harga ada kualitas boss
11. Krn gw setiap hari klo ngantor pasti lewat tol, hal2 diatas jd lumayan agak2 maksimal pemakaiannya.
Selamat mencoba... [quote]
Saya sudah pakai DENSO IRIDIUM untuk E36 M52. Dari segi kwalitas busi mana yang lebih baik?
mikael09- Jumlah posting : 2
Reputation : 0
Join date : 11.08.12
Lokasi : Cirebon
Similar topics
» [WTA] Ada yang pernah coba menghaluskan suara M40??
» Masalah 318i /E46
» Gak pake AFM
» Pake lampu hid
» Mobil Jarang Pake, Bolehkah Cabut Aki ?
» Masalah 318i /E46
» Gak pake AFM
» Pake lampu hid
» Mobil Jarang Pake, Bolehkah Cabut Aki ?
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 16 Jun 2022 - 6:50 by Wisnu85
» Speed Limit BMW E90 2008
Tue 14 Jun 2022 - 21:32 by TheMechanic
» Video Obat Aborsi Cytotec ( 08991026699 ) Jual Obat Aborsi Layanan Pesan Cod Bayar Ditempat
Tue 14 Jun 2022 - 8:47 by asamara
» RPM naik sendiri
Sun 24 Apr 2022 - 14:11 by yudhistiraw
» Obat Penggugur Kandungan - kesuburan Setelah Mengunakan Obat Aborsi Cytotec
Sat 23 Apr 2022 - 9:34 by asamara
» Jual Obat Aborsi - Mengetahui Efek Cytotec Penggugur Kandungan Dan Kesuburan
Sat 23 Apr 2022 - 9:18 by asamara
» Obat Penggugur Kandungan Cytotec - Efek Aborsi Usia Kehamilan 1-8 Bulan
Sat 23 Apr 2022 - 9:02 by asamara
» Kedala bmw e36 m43
Fri 22 Apr 2022 - 4:39 by Hery
» Kenalpot berasap saat mobil 523i e60 di panasin
Tue 19 Apr 2022 - 7:51 by E60Sentris