Pencarian
Latest topics
Social bookmarking
Most active topics
bengkel bmw tegal sekitarnya
Tue 5 Mar 2013 - 23:05 by maxall
malem master semua ,saya anggota baru,baru punya bmw juga, 320i 94 matik,baru semingguan,mau nyari bangkel yang bagus untuk daerah tegal dan sekitarnya.
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
Comments: 7
Macet total prngapian busi
Tue 10 Dec 2019 - 8:34 by Herman d
Salam kenal semua. Mohon bantu gan, BMW sy 318i thn 1992. Bermasalah dgn pengapian busi tdk ada,semburan bahan bakar ke injeksi tdk ada dan arus listrik dri fuse puel pump sampai kekabel fuel pump tdk ada. Tetapi fuel pump normal hidup kalau disambung langsung lewat aki tetapi bahan bakar tetap tdk ada keinjeksi. Mohon bamtuan sulusinya gan. Kerimakasi
Herman d
Herman d
Comments: 0
530i matic ngebul
Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste
permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih
Comments: 0
520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.
Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara
selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Comments: 10
CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36
Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe
Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
Comments: 1
bmw_520i_e34_1991
Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82
salam kenal.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
Comments: 6
Mesin tidak mau hidup
Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung
Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Comments: 4
Mohon Bantuan
Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks
Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
Comments: 1
AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati
Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe
Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Comments: 3
ASK:Airflow / ICV ???
+6
hari_34174
yonks_id
Sigit Ario
achim
p4ri
Dee_Ariadi
10 posters
Halaman 3 dari 3
Halaman 3 dari 3 • 1, 2, 3
Re: ASK:Airflow / ICV ???
bro,
carbu cleaner ragamnya banyak....klo ada carefour..cari aja disana macem macem bisa pilih....
carbu cleaner ragamnya banyak....klo ada carefour..cari aja disana macem macem bisa pilih....
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: ASK:Airflow / ICV ???
THX mas harry dan mas sigit infonya,..
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Re: ASK:Airflow / ICV ???
seharian udah bongkar AFM, tp hasilnya blm sempet dicoba sih..
gak ada hambatan di bilah katup, gak ada kotoran juga.. malahan masih kinclong..
pengen liat jalur karbon tp kayanya harus buka seal yg dari silikon itu ya??
thx
gak ada hambatan di bilah katup, gak ada kotoran juga.. malahan masih kinclong..
pengen liat jalur karbon tp kayanya harus buka seal yg dari silikon itu ya??
thx
hari_34174- Jumlah posting : 213
Reputation : 3
Join date : 19.06.10
Re: ASK:Airflow / ICV ???
mas harry waktu ane bongkar AFM juga pada bilah katup masih bersih...masih kinclong,,sama seperti mas harry..kemarin seharian bongkar ICV...udah ane bersihiin ampe kinclong..tapi te2p kalo di AC rpm naek turun...parahnya lagi kalo di RPM naek ampe 1500,,klo ac off bisa ampe 2000....
apa mungkin jalur karbonnya y???klo buka AFM buka aja..nanti klo mau nutup di seal lagi...
mohon bantuanya dong...
apa mungkin jalur karbonnya y???klo buka AFM buka aja..nanti klo mau nutup di seal lagi...
mohon bantuanya dong...
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Re: ASK:Airflow / ICV ???
dah 2 hari libur ini bersih2 lagi, setelah AFM saya coba buka, keliatannya sih gak ada masalah..
jadi kemungkinan besar di ICV, untuk M43 org2 pada nyebut "idle up".. krn setelah saya semprot ulang, pake WD40 trus setelah setengah jam saya hajar lagi pake carb cleaner.. saya coba jalan2 sore.. masalah RPM ilang, baik AC on or off. jadi niat beli idle up aja deh, ganti baru kayanya mantap.
mas lutfi.. itu sih udah terlalu parah klo sampe RPM segitu tinggi.
udah coba hubungi ahli AFM kemaren referensi dari om pari??
kondisi RPM mas lutfi kok kebalikan punya saya ya.. ketika AC on naik sekitar 900, klo off di 700-800
jadi kemungkinan besar di ICV, untuk M43 org2 pada nyebut "idle up".. krn setelah saya semprot ulang, pake WD40 trus setelah setengah jam saya hajar lagi pake carb cleaner.. saya coba jalan2 sore.. masalah RPM ilang, baik AC on or off. jadi niat beli idle up aja deh, ganti baru kayanya mantap.
mas lutfi.. itu sih udah terlalu parah klo sampe RPM segitu tinggi.
udah coba hubungi ahli AFM kemaren referensi dari om pari??
kondisi RPM mas lutfi kok kebalikan punya saya ya.. ketika AC on naik sekitar 900, klo off di 700-800
hari_34174- Jumlah posting : 213
Reputation : 3
Join date : 19.06.10
Re: ASK:Airflow / ICV ???
ane udah kecilin gasnya ampe 1000 - 900 rpm...saat ac on rpm ngayun...AFM jg dah disetel..y walaupun cuma pake perasaan aja sih... msh te2p ngayun...ane belum coba ngubungi ahli AFM refensi dari om pari...soalnya om pari bilang daerah jogja g ada yg bisa utak atik airflow....
kalo yang RPM saat ac on 1500 trus off jd 2000,,biasanya kumat2n... anehnya RPM trun sendiri...dan turunnya lama...mpe jd 1000 - 900 RPM..
rencana minggu depan sih mau buka injektor...tp dibengkel
kalo yang RPM saat ac on 1500 trus off jd 2000,,biasanya kumat2n... anehnya RPM trun sendiri...dan turunnya lama...mpe jd 1000 - 900 RPM..
rencana minggu depan sih mau buka injektor...tp dibengkel
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
tanya afm/icv
salam kenal semuanya
mohon pencerahan seputar afm/icv
saya baru 2 bulan pakai bmw 318i 93 a/t
dari beli rpm mobil idlenya dah gak enak, saya bawa ke bengkel yg ngakunya specialist mobil eropa/injeksi , disana icv langsung di bersihkan pakai cleaner, ganti oli trus di scan n tune up.
selesai servis emang mayan agak stabil idlenya, tapi belum sempurna, kalo posisi berhenti di lampumerah masih kerasa idle gak stabil, ndut2an gitu deh, kalo buat jalan sih gak kerasa.
maren baca dari forum ini, sementara katanya di afm karbon yg sudah aus (putih) di tebalkan
lagi pakai pensil, saya coba ternyata ada perubahan, rpm lebih langsam, sambil coba2 putar & atur rpm dan berhasil.
dipakai jalan 3 hari idle kembali gak normal lagi.
kalo ada ahlinya disini mohon pencerahannya. itu yg bermasalah afm atau icv nya ?
trus fc mbl ini kok sekali ya ?
dalkot pake pertamax 1:5,premium 1:4
maren coba luar kota , pakai premium fc 1:6
normalkah ?
kalo specialist air flow di semarang ada yang tau ?
terimakasih infonya
salam
mohon pencerahan seputar afm/icv
saya baru 2 bulan pakai bmw 318i 93 a/t
dari beli rpm mobil idlenya dah gak enak, saya bawa ke bengkel yg ngakunya specialist mobil eropa/injeksi , disana icv langsung di bersihkan pakai cleaner, ganti oli trus di scan n tune up.
selesai servis emang mayan agak stabil idlenya, tapi belum sempurna, kalo posisi berhenti di lampumerah masih kerasa idle gak stabil, ndut2an gitu deh, kalo buat jalan sih gak kerasa.
maren baca dari forum ini, sementara katanya di afm karbon yg sudah aus (putih) di tebalkan
lagi pakai pensil, saya coba ternyata ada perubahan, rpm lebih langsam, sambil coba2 putar & atur rpm dan berhasil.
dipakai jalan 3 hari idle kembali gak normal lagi.
kalo ada ahlinya disini mohon pencerahannya. itu yg bermasalah afm atau icv nya ?
trus fc mbl ini kok sekali ya ?
dalkot pake pertamax 1:5,premium 1:4
maren coba luar kota , pakai premium fc 1:6
normalkah ?
kalo specialist air flow di semarang ada yang tau ?
terimakasih infonya
salam
wheelie- Jumlah posting : 4
Reputation : 0
Join date : 24.10.10
Re: ASK:Airflow / ICV ???
bro,
Kayaknya udah ketauan masalahnya di AFM, kemarin di tebelin pake pencil apa? gw pake 2B Faber Castel lumayan jalan sampe sekarang...udah 6 bulanan...sebelumnya dibersihin pake Alkohol supaya bener2 bersih baru ditebelin lagi...
mending nabung buat beli yang second dari luar dan masih Ori.
Hubungin Om Markus dech bilang dpt info dari gw..no Hpnya 085647496687
moga membantu...
Kayaknya udah ketauan masalahnya di AFM, kemarin di tebelin pake pencil apa? gw pake 2B Faber Castel lumayan jalan sampe sekarang...udah 6 bulanan...sebelumnya dibersihin pake Alkohol supaya bener2 bersih baru ditebelin lagi...
mending nabung buat beli yang second dari luar dan masih Ori.
Hubungin Om Markus dech bilang dpt info dari gw..no Hpnya 085647496687
moga membantu...
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: ASK:Airflow / ICV ???
mas sigit ada caranya buka AFM sama yang arsir carbon pake pencil g??
soalnya ane pas buka AFM cuma buka bawahnya aja...itu aja masih bersih...trus kemarin idlle jg udah ane bersihin,,,tp RPM te2p masih ngayun...parahnya kalo pas kumat kadang RPM bisa ampe 1500 klo AC on/off,,klo off bisa ampe 1700 rpm...kalo pas kumat sih.. ane belum brani buka AFM yang di jalur karbonnya itu...
mohon bantuannya y??
soalnya ane pas buka AFM cuma buka bawahnya aja...itu aja masih bersih...trus kemarin idlle jg udah ane bersihin,,,tp RPM te2p masih ngayun...parahnya kalo pas kumat kadang RPM bisa ampe 1500 klo AC on/off,,klo off bisa ampe 1700 rpm...kalo pas kumat sih.. ane belum brani buka AFM yang di jalur karbonnya itu...
mohon bantuannya y??
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Re: ASK:Airflow / ICV ???
bro lutfi,
cara dibawah ini cuma sementara aja sifatnya...jadi klo udah bisa dipake segera nabung buat cari yang bagusan.
1. untuk buka bagian atas dari kotak yang warnanya hitam pada AFM, perlu buka dengan menggunakan cutter untuk memotong sepanjang sisi yang diseal dengan sealer...klo udah dicongkel keluar dengan hati hati.
nah ketauan isinya, ada gear untuk spring bilah, usahakan ini jangan di rubah dulu....
nah dari situ bisa keliatan carbon tracknya...lepas aja part yang nutupin, kaya wipernya, casing nya.
klo udah terlihat jelas bersihkan dengan menggunakan alkohol yang 90% pake cutton Bud sampe bener bener bersih..
siapin pencil 2B...harus 2B pake yang FC aja diruncingin trus dilukis sesuai dengan tracknya....
klo udah dirakit lagi.....
selamat mencoba..
klo gak mau repot ada alternative di rekondisi yang biayanya 500rban,service 300rban, ato ganti ori second sekitar 1,8jt..ato yang baru....dijogja ada koq...tepatnya do OB motor JL.PARIS, ketemu aja sama mas Bambang 0818464807
telpon aja....
moga membantu..
cara dibawah ini cuma sementara aja sifatnya...jadi klo udah bisa dipake segera nabung buat cari yang bagusan.
1. untuk buka bagian atas dari kotak yang warnanya hitam pada AFM, perlu buka dengan menggunakan cutter untuk memotong sepanjang sisi yang diseal dengan sealer...klo udah dicongkel keluar dengan hati hati.
nah ketauan isinya, ada gear untuk spring bilah, usahakan ini jangan di rubah dulu....
nah dari situ bisa keliatan carbon tracknya...lepas aja part yang nutupin, kaya wipernya, casing nya.
klo udah terlihat jelas bersihkan dengan menggunakan alkohol yang 90% pake cutton Bud sampe bener bener bersih..
siapin pencil 2B...harus 2B pake yang FC aja diruncingin trus dilukis sesuai dengan tracknya....
klo udah dirakit lagi.....
selamat mencoba..
klo gak mau repot ada alternative di rekondisi yang biayanya 500rban,service 300rban, ato ganti ori second sekitar 1,8jt..ato yang baru....dijogja ada koq...tepatnya do OB motor JL.PARIS, ketemu aja sama mas Bambang 0818464807
telpon aja....
moga membantu..
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: ASK:Airflow / ICV ???
makasih saran ma bantuannya mas sigit...
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Re: ASK:Airflow / ICV ???
bro,
sama sama....
senang bisa membantu..
sama sama....
senang bisa membantu..
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: ASK:Airflow / ICV ???
kamren pensil asal dapet aja boss.. kebetulan ada pensil bekas ujian punya anak, hehe, lupa mereknya.Sigit Ario wrote:bro,
Kayaknya udah ketauan masalahnya di AFM, kemarin di tebelin pake pencil apa? gw pake 2B Faber Castel lumayan jalan sampe sekarang...udah 6 bulanan...sebelumnya dibersihin pake Alkohol supaya bener2 bersih baru ditebelin lagi...
mending nabung buat beli yang second dari luar dan masih Ori.
Hubungin Om Markus dech bilang dpt info dari gw..no Hpnya 085647496687
moga membantu...
ok deh nanti coba pake pensil Faber Castle
untuk harga AFM estimasi brapa boss? yg baru n 2nd ? kalo diganti gak ada setting lagi ?
tinggal pasang aja ?
thanks infonya, coba nanti saya tanya Om Markus
wheelie- Jumlah posting : 4
Reputation : 0
Join date : 24.10.10
Re: ASK:Airflow / ICV ???
hari_34174 wrote:dah 2 hari libur ini bersih2 lagi, setelah AFM saya coba buka, keliatannya sih gak ada masalah..
jadi kemungkinan besar di ICV, untuk M43 org2 pada nyebut "idle up".. krn setelah saya semprot ulang, pake WD40 trus setelah setengah jam saya hajar lagi pake carb cleaner.. saya coba jalan2 sore.. masalah RPM ilang, baik AC on or off. jadi niat beli idle up aja deh, ganti baru kayanya mantap.
mas lutfi.. itu sih udah terlalu parah klo sampe RPM segitu tinggi.
udah coba hubungi ahli AFM kemaren referensi dari om pari??
kondisi RPM mas lutfi kok kebalikan punya saya ya.. ketika AC on naik sekitar 900, klo off di 700-800
mas Hari klo di mobil saya AC off 800 klo on juga 800,,,
1. apakah normal klo RPM gak ada bedanya on sama off ? soalnya klo liat mobil tmn saya yg sama klo ac on pasti rpm naik kurang lebih 100.
2. apakah klo stel AFM lebih baik pakai alat komp scan BMW untuk mengetahui HC atau CO2??
3 .apakah klo stelan AFM meleset(tidak tepat) pengaruh terhadap lari? (soalnya klo udah 160 kpj udah susah naik lg
kondisi mobil saya idle up sudah baru,,,AFM sudah dibersihkan,di karbon,& di stel (tanpa alat komp),co sudah di stel 1,2 lambda 1.008,,fuel pump jg sudah baru,,FC skrg 1:7 untuk kondisi jakarta macet2 banjir kmaren....
mohon bantuannya....
Dee_Ariadi- Jumlah posting : 32
Reputation : 0
Join date : 30.06.10
Re: ASK:Airflow / ICV ???
mas ariadi..
hehehe.. saya cuma belajar forum ini, n browsing plus tanya2 sama yg udah pengalaman..
ini cuma perbandingan ma kondisi yg sering saya denger aja ya, sifatnya bukan ngasih tau
1. klo rpm gak berubah pada saat ac on or off mungkin ada yg salah tuh, logikanya beban putaran mesin bertambah pada saat ac on, maka sudah seharusnya rpm agak naik ketika ac on. tapi klo liat dari putaran mesinnya mas ariadi sih masih dalam kisaran wajar..
2. saran dari om pari sih klo mo nyetel afm itu mendingan pake alat pengukur CO, saya lupa namanya...
3. setelan afm jelas berpengaruh pada larinya mobil, tapi klo saya rasa2 setelah bersih2 afm itu yg terasa hanya pada putaran bawah, lebih enteng.. untuk top speed sih tergantung jenis mesin juga mas.. klo M40 bisa lari 160km/jam udah lumayan sehat tuh.. mengingat usia kendaraan yg udah mulai tuwir..
btw klo mas ariadi pake e30 sih tenang aja, ada masternya disini... om pari n bro sigit gak pelit berbagi ilmu tentang e30..
hehehe.. saya cuma belajar forum ini, n browsing plus tanya2 sama yg udah pengalaman..
ini cuma perbandingan ma kondisi yg sering saya denger aja ya, sifatnya bukan ngasih tau
1. klo rpm gak berubah pada saat ac on or off mungkin ada yg salah tuh, logikanya beban putaran mesin bertambah pada saat ac on, maka sudah seharusnya rpm agak naik ketika ac on. tapi klo liat dari putaran mesinnya mas ariadi sih masih dalam kisaran wajar..
2. saran dari om pari sih klo mo nyetel afm itu mendingan pake alat pengukur CO, saya lupa namanya...
3. setelan afm jelas berpengaruh pada larinya mobil, tapi klo saya rasa2 setelah bersih2 afm itu yg terasa hanya pada putaran bawah, lebih enteng.. untuk top speed sih tergantung jenis mesin juga mas.. klo M40 bisa lari 160km/jam udah lumayan sehat tuh.. mengingat usia kendaraan yg udah mulai tuwir..
btw klo mas ariadi pake e30 sih tenang aja, ada masternya disini... om pari n bro sigit gak pelit berbagi ilmu tentang e30..
hari_34174- Jumlah posting : 213
Reputation : 3
Join date : 19.06.10
Re: ASK:Airflow / ICV ???
bro Hari Boong tuch, bukan master..cuma tau dikit....
nah untuk Bro Ariadi...
untuk RPM yang gak ngaruh saat AC on ato OFF memang seharusnya gitu.. pada saat Idle tanpa AC Arus yang masuk ke ICV cuma 5 V...saat AC on jadi 10~12 V...
Idle acan memberikan kompensasi pada saat beban mesin nambah karena harus muter kompresor AC..
nah Untuk setelan AFM yang dimaksud apa nich... AFM fungsinya untuk ngasih perintah ke MCU untuk timming pembukaan Injector, semakin terbuka lebar semakin lama Injektor nyemprotin bensin...ini pengaruhnya ke Boros dan ngiritnya bensin, dari kondisi standard, biasanya saya kurangin 5 gigi, tujuannya untuk bikin bilah AFM membuka lebih ringan dan sedikit lebih besar...akibatnya...bensin yang dikucurin juga sedikit lebih banyak...juga Top Speed sedikit lebih cepat ya sampe 180kpj....tergantung kondisi kompresi mesin....juga
moga membantu....
nah untuk Bro Ariadi...
untuk RPM yang gak ngaruh saat AC on ato OFF memang seharusnya gitu.. pada saat Idle tanpa AC Arus yang masuk ke ICV cuma 5 V...saat AC on jadi 10~12 V...
Idle acan memberikan kompensasi pada saat beban mesin nambah karena harus muter kompresor AC..
nah Untuk setelan AFM yang dimaksud apa nich... AFM fungsinya untuk ngasih perintah ke MCU untuk timming pembukaan Injector, semakin terbuka lebar semakin lama Injektor nyemprotin bensin...ini pengaruhnya ke Boros dan ngiritnya bensin, dari kondisi standard, biasanya saya kurangin 5 gigi, tujuannya untuk bikin bilah AFM membuka lebih ringan dan sedikit lebih besar...akibatnya...bensin yang dikucurin juga sedikit lebih banyak...juga Top Speed sedikit lebih cepat ya sampe 180kpj....tergantung kondisi kompresi mesin....juga
moga membantu....
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: ASK:Airflow / ICV ???
mas sigit,
untuk kondisi standardnya ada di ring gear no berapa sih ?
klo diputar searah jarum jam berarti makin berat bilah afm = irit bensin ?
thanks,
untuk kondisi standardnya ada di ring gear no berapa sih ?
klo diputar searah jarum jam berarti makin berat bilah afm = irit bensin ?
thanks,
yonks_id- Jumlah posting : 20
Reputation : 0
Join date : 18.09.10
Lokasi : BSD
afm
mumpung topiknya pas ama pengalaman kemaren yang saya alami boleh juga nih ikutan sharing....
kebetulan sy pake m40...taun 88..pas dapet emang kondisi mesin sih masih agak lumayan tapi RPM naik turun terus..udah gitu kalo jalan di RPM rendah tuh mobil maunya disko mulu alias ajlut2an..bensin 1 : 7..karna tinggal di bogor akirnya inisiatif coba2 bengkel deket rumah..bengkel gede tapi bengkel umum (bukan spesialis eropa)..AFM diutakatik..dibersihin ga jelas..RPM dinaekin lewat Throtle switch..alhasil RPM maunya 1.5k-2k..bensin 1:3..(dasar emang mekanik #@$#%#^#^*&..ngaku2nya bisa mobil eropa)..langsung aje sy ambil cuti n coba2 benerin di om mugent...sampe disana AFM diutakatik..throtle juga..idle up juga..test drive......mmmaaakkkkknnnyyyuuuuuuusssss....bensin juga 1:10..pelayanan oke, konsultasi juga oke..udah gt om mugent kadang2 tlp tanyain kalo sy ada keluhan lagi...mantap lah...emang deh beda kalo mekanik yang money oriented sama mekanik yang skalian hobi..biaya yang dikeluarin juga terjangkau..bukannya promosi..tapi emang ingin berbagi buat temen2 yang punya masalah yang sama n kebetulan servicenya om mugent kalo buat sy bs dibilang mantap..
kebetulan sy pake m40...taun 88..pas dapet emang kondisi mesin sih masih agak lumayan tapi RPM naik turun terus..udah gitu kalo jalan di RPM rendah tuh mobil maunya disko mulu alias ajlut2an..bensin 1 : 7..karna tinggal di bogor akirnya inisiatif coba2 bengkel deket rumah..bengkel gede tapi bengkel umum (bukan spesialis eropa)..AFM diutakatik..dibersihin ga jelas..RPM dinaekin lewat Throtle switch..alhasil RPM maunya 1.5k-2k..bensin 1:3..(dasar emang mekanik #@$#%#^#^*&..ngaku2nya bisa mobil eropa)..langsung aje sy ambil cuti n coba2 benerin di om mugent...sampe disana AFM diutakatik..throtle juga..idle up juga..test drive......mmmaaakkkkknnnyyyuuuuuuusssss....bensin juga 1:10..pelayanan oke, konsultasi juga oke..udah gt om mugent kadang2 tlp tanyain kalo sy ada keluhan lagi...mantap lah...emang deh beda kalo mekanik yang money oriented sama mekanik yang skalian hobi..biaya yang dikeluarin juga terjangkau..bukannya promosi..tapi emang ingin berbagi buat temen2 yang punya masalah yang sama n kebetulan servicenya om mugent kalo buat sy bs dibilang mantap..
iqbal- Tamu
Re: ASK:Airflow / ICV ???
Bro
@yonks....klo AFM masih perawan ato..belum pernah diporek2 bisa jadi naikin 5 gigi bikin muantabs...tapi kalo udah gak asli...dibuat standard dulu...ini yang susaaaaaaahhhhh...karena cuma pabrik yang bikin AFM yang tau ukuran pastinya....
klo ada skilll coba aja di utak atik sendiri....siapin bensin yang banyak...
moga membantu
@Ikbal.....serupa tapi tak sama...gw pernah nyoba malah di Bengkel rekomendasi forum di Jogja....sama...suspect AFM minta Ganti....dan dia mainin throttle valve...digedein..K*&^%T...mesin teriak sampe 1000 rpm trus klo AC on malah drop 400
akhirnya berbekal ilmu dari mbah Marijan........Nuekaddssss....gw buka sendiri oprak oprek jadi manatabs sekarang...tinggal maintenance aja...
@yonks....klo AFM masih perawan ato..belum pernah diporek2 bisa jadi naikin 5 gigi bikin muantabs...tapi kalo udah gak asli...dibuat standard dulu...ini yang susaaaaaaahhhhh...karena cuma pabrik yang bikin AFM yang tau ukuran pastinya....
klo ada skilll coba aja di utak atik sendiri....siapin bensin yang banyak...
moga membantu
@Ikbal.....serupa tapi tak sama...gw pernah nyoba malah di Bengkel rekomendasi forum di Jogja....sama...suspect AFM minta Ganti....dan dia mainin throttle valve...digedein..K*&^%T...mesin teriak sampe 1000 rpm trus klo AC on malah drop 400
akhirnya berbekal ilmu dari mbah Marijan........Nuekaddssss....gw buka sendiri oprak oprek jadi manatabs sekarang...tinggal maintenance aja...
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: ASK:Airflow / ICV ???
Sigit Ario wrote:Bro
@yonks....klo AFM masih perawan ato..belum pernah diporek2 bisa jadi naikin 5 gigi bikin muantabs...tapi kalo udah gak asli...dibuat standard dulu...ini yang susaaaaaaahhhhh...karena cuma pabrik yang bikin AFM yang tau ukuran pastinya....
klo ada skilll coba aja di utak atik sendiri....siapin bensin yang banyak...
moga membantu
@Ikbal.....serupa tapi tak sama...gw pernah nyoba malah di Bengkel rekomendasi forum di Jogja....sama...suspect AFM minta Ganti....dan dia mainin throttle valve...digedein..K*&^%T...mesin teriak sampe 1000 rpm trus klo AC on malah drop 400
akhirnya berbekal ilmu dari mbah Marijan........Nuekaddssss....gw buka sendiri oprak oprek jadi manatabs sekarang...tinggal maintenance aja...
Om Sigit klo boleh tau bengkel jogja yg dimana nih, soalnya saya sering bolak balik kudus - jogja, jadi kadang service di jogja kadang di semarang. klo disemarang selama ini ke berkah abadi klo di jogja yg deket rumah di krangkungan. jadi 2 bengkel tersebut rekomended gak nih.
Btw thanks ilmunya untuk bersihin icv sampe sms bolak-balik he.x3.
tks
irf_e36- Jumlah posting : 85
Reputation : 0
Join date : 23.10.10
Lokasi : Kudus
Re: ASK:Airflow / ICV ???
yup, minggu lalu dah abis bersih2x idle (lagi) & bongkar afm, pertama2x cuman mbersihin yg di bilah afm, semprot2x + kikis2x yg jadi penghalangnya.....trus iseng2x buka afm....wakss dah banyak yg putih di area carbonnya + kotor abissss....hahahhaa....drpda malah ngga karuan akhirnya tuh afm gw bawa ke om mugent juga.......huehuehuehuehue.....
skrg dah mantepp cuman kt mugent cobain setelan ring gear-nya yg dirasa cocok.
skrg dah mantepp cuman kt mugent cobain setelan ring gear-nya yg dirasa cocok.
yonks_id- Jumlah posting : 20
Reputation : 0
Join date : 18.09.10
Lokasi : BSD
Re: ASK:Airflow / ICV ???
Salam kenal om2 suhu yg baik hati
nubi baru sekali ini pake e46 m43 dan awam soal mesin.
Mau tanya lokasi afm dan icv dmn ya? pengen nyoba2 seting krn asap knalpot berasa perih walau tidak berwarna. atau ada saran lain kira2 apa penyebabnya?
Terimakasih
nubi baru sekali ini pake e46 m43 dan awam soal mesin.
Mau tanya lokasi afm dan icv dmn ya? pengen nyoba2 seting krn asap knalpot berasa perih walau tidak berwarna. atau ada saran lain kira2 apa penyebabnya?
Terimakasih
Anoenk- Jumlah posting : 1
Reputation : 0
Join date : 17.01.20
Halaman 3 dari 3 • 1, 2, 3
Similar topics
» Airflow E30 M40
» airflow 318i e36 m40
» asap knlapot E30 perih & bensin boros padahal airflow baru
» service airflow
» cari mass airflow e34m50
» airflow 318i e36 m40
» asap knlapot E30 perih & bensin boros padahal airflow baru
» service airflow
» cari mass airflow e34m50
Halaman 3 dari 3
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 16 Jun 2022 - 6:50 by Wisnu85
» Speed Limit BMW E90 2008
Tue 14 Jun 2022 - 21:32 by TheMechanic
» Video Obat Aborsi Cytotec ( 08991026699 ) Jual Obat Aborsi Layanan Pesan Cod Bayar Ditempat
Tue 14 Jun 2022 - 8:47 by asamara
» RPM naik sendiri
Sun 24 Apr 2022 - 14:11 by yudhistiraw
» Obat Penggugur Kandungan - kesuburan Setelah Mengunakan Obat Aborsi Cytotec
Sat 23 Apr 2022 - 9:34 by asamara
» Jual Obat Aborsi - Mengetahui Efek Cytotec Penggugur Kandungan Dan Kesuburan
Sat 23 Apr 2022 - 9:18 by asamara
» Obat Penggugur Kandungan Cytotec - Efek Aborsi Usia Kehamilan 1-8 Bulan
Sat 23 Apr 2022 - 9:02 by asamara
» Kedala bmw e36 m43
Fri 22 Apr 2022 - 4:39 by Hery
» Kenalpot berasap saat mobil 523i e60 di panasin
Tue 19 Apr 2022 - 7:51 by E60Sentris