Pencarian
Latest topics
Social bookmarking
Most active topics
bengkel bmw tegal sekitarnya
Tue 5 Mar 2013 - 23:05 by maxall
malem master semua ,saya anggota baru,baru punya bmw juga, 320i 94 matik,baru semingguan,mau nyari bangkel yang bagus untuk daerah tegal dan sekitarnya.
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
Comments: 7
Macet total prngapian busi
Tue 10 Dec 2019 - 8:34 by Herman d
Salam kenal semua. Mohon bantu gan, BMW sy 318i thn 1992. Bermasalah dgn pengapian busi tdk ada,semburan bahan bakar ke injeksi tdk ada dan arus listrik dri fuse puel pump sampai kekabel fuel pump tdk ada. Tetapi fuel pump normal hidup kalau disambung langsung lewat aki tetapi bahan bakar tetap tdk ada keinjeksi. Mohon bamtuan sulusinya gan. Kerimakasi
Herman d
Herman d
Comments: 0
530i matic ngebul
Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste
permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih
Comments: 0
520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.
Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara
selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Comments: 10
CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36
Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe
Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
Comments: 1
bmw_520i_e34_1991
Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82
salam kenal.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
Comments: 6
Mesin tidak mau hidup
Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung
Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Comments: 4
Mohon Bantuan
Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks
Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
Comments: 1
AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati
Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe
Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Comments: 3
Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
4 posters
Halaman 1 dari 1
Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Salam kenal senior-senior bimmer sekalian.
Sudah dua tahun belakangan ini saya pakai mobil kecil Jepang tahun 1995. Pengin ganti, dan setelah baca-baca banyak forum saya memutuskan untuk ganti BMW. Akhirnya tiga hari lalu saya beli BMW 320i tahun 1994 transmisi manual, VANOS. Nah ada beberapa masalah dengan bmw saya, mohon sabar bacanya, maklum panjang ceritanya..
Setelah saya beli langsung saya tune-up mesin dan tune-up injeksi, ganti oli mesin, persneling, dan gardan di Holspec, Bandung. Ketika discan, muncul camshaft pos. sensor (katanya ini namanya kabel TD atas). Setelah kabel dibersihkan, discan tidak muncul lagi. Pertama dipakai saya perhatikan ada asap putih keluar dari knalpot. Saya tanya bengkelnya, kata om Bob, gapapa karena habis tune up injeksi pasti begitu. Setelah agak lama dipakai, saya merasa persnelingnya susah sekali dioper padahal kopling sudah mentok. Kalau mesin dimatikan baru bisa dioper lagi, tetapi jalan beberapa lama kerasa susah lagi, terutama kalau lagi macet jalannya dan sering pakai kopling. Bahkan pas parah-parahnya, masuk gigi satu, kopling diinjak mentok, mobil tetap jalan, harus di rem supaya berhenti. Rem diangkat, mobil jalan pelan, padahal tidak digas, kopling masih mentok.
Besok paginya, persneling sudah enak lagi, tapi saya tetap mau bawa ke bengkel lagi. Besoknya saya bawa lagi ke bengkel, lewat tanjakan dekat rumah, ga kuat nanjak pas nanjak pelan-pelan, walaupun gigi 1. Padahal dulu mobil jepang saya yang cuma 1300cc dengan mudah nanjak di gigi 1. Terpaksa mundur dan ambil ancang-ancang, baru bisa. Sampai di bengkel cek master kopling atas bawah tidak ada masalah, akhirnya saya inisiatif ganti kopling set. Setelah ganti kopling set, saya rasa ada perbedaan, persneling lebih mudah masuk. Tapi power rasanya masih loyo. Gigi satu dan dua rasanya tidak cepat "ngangkat" padahal pedal gas diinjak dalam. Pernah saya coba nanjak dengan gigi 2, pedal gas saya injak mentok, malah ndut-ndutan, tetap tidak muncul tenaganya.
Hari ini saya coba bawa di tol untuk tes power dan speed di jalan datar. Ban perlu balancing, 110 kpj di gigi 4 setir getar. Saya cuma berani sampai di situ, takut kaki-kaki rontok. Gigi 5 belum pernah dicoba. Pas akselerasi rasanya ga responsif, sekalipun jalan aspal halus dan datar, gigi 3 speed udah 60-70 kpj, injak gas habis, ga mau cepet ngangkat. Saya memang belum pernah pakai BMW tapi rasanya kok tidak seharusnya begini. Mobil saya dulu jauh lebih responsif walaupun tidak bisa lari terlalu kencang. Konsumsi BBM (masih premium) juga terasa boros. Kemarin saya isi full, trip odometer saya reset. Hari ini trip odometer terbaca 81 km. Indikator BBM sudah di angka 45. Dari beberapa diskusi forum di berbagai website yang saya baca, 320i m50 yang sehat bisa 1:8 dalam kota. Masalah persneling susah masuk muncul kembali, tetapi ketika kopling saya kocok, normal kembali.
Saya berniat merawat mobil ini karena rasanya sudah nyaman dan sreg, namun performa dan efisiensi BBM perlu diperbaiki. Mohon masukkan senior-senior sekalian, apa saja yang harus saya cek dan ganti, karena akhir Desember mau dibawa mudik ke Solo, sehingga harus dipastikan semuanya oke supaya lancar perjalanan.
Terimakasih.
Pras.
Sudah dua tahun belakangan ini saya pakai mobil kecil Jepang tahun 1995. Pengin ganti, dan setelah baca-baca banyak forum saya memutuskan untuk ganti BMW. Akhirnya tiga hari lalu saya beli BMW 320i tahun 1994 transmisi manual, VANOS. Nah ada beberapa masalah dengan bmw saya, mohon sabar bacanya, maklum panjang ceritanya..
Setelah saya beli langsung saya tune-up mesin dan tune-up injeksi, ganti oli mesin, persneling, dan gardan di Holspec, Bandung. Ketika discan, muncul camshaft pos. sensor (katanya ini namanya kabel TD atas). Setelah kabel dibersihkan, discan tidak muncul lagi. Pertama dipakai saya perhatikan ada asap putih keluar dari knalpot. Saya tanya bengkelnya, kata om Bob, gapapa karena habis tune up injeksi pasti begitu. Setelah agak lama dipakai, saya merasa persnelingnya susah sekali dioper padahal kopling sudah mentok. Kalau mesin dimatikan baru bisa dioper lagi, tetapi jalan beberapa lama kerasa susah lagi, terutama kalau lagi macet jalannya dan sering pakai kopling. Bahkan pas parah-parahnya, masuk gigi satu, kopling diinjak mentok, mobil tetap jalan, harus di rem supaya berhenti. Rem diangkat, mobil jalan pelan, padahal tidak digas, kopling masih mentok.
Besok paginya, persneling sudah enak lagi, tapi saya tetap mau bawa ke bengkel lagi. Besoknya saya bawa lagi ke bengkel, lewat tanjakan dekat rumah, ga kuat nanjak pas nanjak pelan-pelan, walaupun gigi 1. Padahal dulu mobil jepang saya yang cuma 1300cc dengan mudah nanjak di gigi 1. Terpaksa mundur dan ambil ancang-ancang, baru bisa. Sampai di bengkel cek master kopling atas bawah tidak ada masalah, akhirnya saya inisiatif ganti kopling set. Setelah ganti kopling set, saya rasa ada perbedaan, persneling lebih mudah masuk. Tapi power rasanya masih loyo. Gigi satu dan dua rasanya tidak cepat "ngangkat" padahal pedal gas diinjak dalam. Pernah saya coba nanjak dengan gigi 2, pedal gas saya injak mentok, malah ndut-ndutan, tetap tidak muncul tenaganya.
Hari ini saya coba bawa di tol untuk tes power dan speed di jalan datar. Ban perlu balancing, 110 kpj di gigi 4 setir getar. Saya cuma berani sampai di situ, takut kaki-kaki rontok. Gigi 5 belum pernah dicoba. Pas akselerasi rasanya ga responsif, sekalipun jalan aspal halus dan datar, gigi 3 speed udah 60-70 kpj, injak gas habis, ga mau cepet ngangkat. Saya memang belum pernah pakai BMW tapi rasanya kok tidak seharusnya begini. Mobil saya dulu jauh lebih responsif walaupun tidak bisa lari terlalu kencang. Konsumsi BBM (masih premium) juga terasa boros. Kemarin saya isi full, trip odometer saya reset. Hari ini trip odometer terbaca 81 km. Indikator BBM sudah di angka 45. Dari beberapa diskusi forum di berbagai website yang saya baca, 320i m50 yang sehat bisa 1:8 dalam kota. Masalah persneling susah masuk muncul kembali, tetapi ketika kopling saya kocok, normal kembali.
Saya berniat merawat mobil ini karena rasanya sudah nyaman dan sreg, namun performa dan efisiensi BBM perlu diperbaiki. Mohon masukkan senior-senior sekalian, apa saja yang harus saya cek dan ganti, karena akhir Desember mau dibawa mudik ke Solo, sehingga harus dipastikan semuanya oke supaya lancar perjalanan.
Terimakasih.
Pras.
anggoro.prasetyo- Jumlah posting : 19
Reputation : 0
Join date : 09.12.12
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Tune up mesin dan tune up injeksi itu maksudnya bagaimana?
Kalau Pulse generator,camshaft sudah rusak ( http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/320i-M50/RHD/M/1994/august/browse/engine/cylinder_head_vanos/ ), direset ya percuma juga karena kabel tersebut tidak bisa membaca posisi camshaft dengan benar.
Asap putih keluar dari knalpot sesaat setelah tune up, mungkin disebabkan cairan pembersih yang digunakan seperti di alamat web http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://media.dinomarket.com/docs/imgusr/2011-02/dcs_engine_conditioner_280211140204_ll.jpg.jpg&imgrefurl=http://www.dinomarket.com/PASARDINO/13789004/Jual-DCS-engine-conditioner/&h=500&w=375&sz=18&tbnid=pVRPpEJ5L0uGwM:&tbnh=103&tbnw=77&zoom=1&usg=__CW44XqixhWkGV9NHKDB3HCqWFh0=&docid=WQdZo6jjkz06eM&sa=X&ei=npbEUMGHL5GnrAfVsYEQ&ved=0CC8Q9QEwAA&dur=7.
Kopling perlu dikocok biasanya ada masalah dengan output cylinder clutch ( http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/320i-M50/RHD/M/1994/august/browse/clutch/clutch_control/#21 52Â 6Â 758Â 830 )
Coba ajak kendaraannya lari di jalan tol saat masih pagi. Geber di RPM tinggi pada perseneling rendah (Italian tune up) semoga kerak2 di ruang bakar rontok dan performa bisa membaik.
Semoga membantu.
Kalau Pulse generator,camshaft sudah rusak ( http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/320i-M50/RHD/M/1994/august/browse/engine/cylinder_head_vanos/ ), direset ya percuma juga karena kabel tersebut tidak bisa membaca posisi camshaft dengan benar.
Asap putih keluar dari knalpot sesaat setelah tune up, mungkin disebabkan cairan pembersih yang digunakan seperti di alamat web http://www.google.co.id/imgres?imgurl=http://media.dinomarket.com/docs/imgusr/2011-02/dcs_engine_conditioner_280211140204_ll.jpg.jpg&imgrefurl=http://www.dinomarket.com/PASARDINO/13789004/Jual-DCS-engine-conditioner/&h=500&w=375&sz=18&tbnid=pVRPpEJ5L0uGwM:&tbnh=103&tbnw=77&zoom=1&usg=__CW44XqixhWkGV9NHKDB3HCqWFh0=&docid=WQdZo6jjkz06eM&sa=X&ei=npbEUMGHL5GnrAfVsYEQ&ved=0CC8Q9QEwAA&dur=7.
Kopling perlu dikocok biasanya ada masalah dengan output cylinder clutch ( http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/320i-M50/RHD/M/1994/august/browse/clutch/clutch_control/#21 52Â 6Â 758Â 830 )
Coba ajak kendaraannya lari di jalan tol saat masih pagi. Geber di RPM tinggi pada perseneling rendah (Italian tune up) semoga kerak2 di ruang bakar rontok dan performa bisa membaik.
Semoga membantu.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Saya tidak tahu persis yang disebut bengkel sebagai tune-up mesin dan injector seperti apa om p4ri.
Pulse generator, camshaft ini sama dengan camshaft pos. sensor ya? Artinya harus ganti kabel TD atas ya..
Hari Selasa saya rencana mau ke bengkel lagi, nanti saya minta cek pulse generator camshaft dan output cylinder clutch. Kayanya gambarnya harus diprint ya biar mekaniknya sama persepsi, kadang bahasa bengkel beda sama bahasa tekniknya.
Om p4ri bengkelnya di solo dimana? Nanti tak mampir klo pas di Solo..
Thanks om p4ri.
Pulse generator, camshaft ini sama dengan camshaft pos. sensor ya? Artinya harus ganti kabel TD atas ya..
Hari Selasa saya rencana mau ke bengkel lagi, nanti saya minta cek pulse generator camshaft dan output cylinder clutch. Kayanya gambarnya harus diprint ya biar mekaniknya sama persepsi, kadang bahasa bengkel beda sama bahasa tekniknya.
Om p4ri bengkelnya di solo dimana? Nanti tak mampir klo pas di Solo..
Thanks om p4ri.
anggoro.prasetyo- Jumlah posting : 19
Reputation : 0
Join date : 09.12.12
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Kalau saya pribadi, tidak pernah percaya dengan apa yang disebut tune up oleh pebengkel. Apa yang mau diatur ulang? Semua proses di mesin kan diatur oleh ECU. Kalau disebut bersih2 ruang bakar dan injektor masih bisa dipahami. Karena itu yang dilakukan pebengkel.
Dicetak saja tautan yang sudah diinformasikan di jawaban sebelumnya. Agar pebengkel tahu kalau anda paham mesin dan tidak dipermainkan.
Sebaiknya dibereskan dulu permasalahannya di Bandung sebelum bepergian ke luar kota agar rasa nyaman dan aman senantiasa ada. Salah satu anggota di forum ini juga ada yang menjadi pebengkel di Bandung. Kalau tidak salah nick kay.sasuke.
Di Solo ada 4 bengkel yang biasa menangani kendaraan berlogo baling berputar dengan segala plus dan minusnya :
1. Automobile Tech, pak Yosep, Jl. Tanjung no. 109, Karang Asem, Surakarta
Telp. 0271-77018701, HP 0811285758
2. Anugrah, pak Guntur, Jl. M. Yamin no. 77, Kawatan, Surakarta
Telp. 0271-644037, HP 08122989086
3. IRISH, Wahyu, Jl. Soka 2, Purwobadan, Surakarta
Telp. 0271-7099165, HP 08882921055
4. Mubarok, Jl. Raya Solo Baru no. 64, Sukoharjo
Telp. 0271-624973
Semoga membantu.
Dicetak saja tautan yang sudah diinformasikan di jawaban sebelumnya. Agar pebengkel tahu kalau anda paham mesin dan tidak dipermainkan.
Sebaiknya dibereskan dulu permasalahannya di Bandung sebelum bepergian ke luar kota agar rasa nyaman dan aman senantiasa ada. Salah satu anggota di forum ini juga ada yang menjadi pebengkel di Bandung. Kalau tidak salah nick kay.sasuke.
Di Solo ada 4 bengkel yang biasa menangani kendaraan berlogo baling berputar dengan segala plus dan minusnya :
1. Automobile Tech, pak Yosep, Jl. Tanjung no. 109, Karang Asem, Surakarta
Telp. 0271-77018701, HP 0811285758
2. Anugrah, pak Guntur, Jl. M. Yamin no. 77, Kawatan, Surakarta
Telp. 0271-644037, HP 08122989086
3. IRISH, Wahyu, Jl. Soka 2, Purwobadan, Surakarta
Telp. 0271-7099165, HP 08882921055
4. Mubarok, Jl. Raya Solo Baru no. 64, Sukoharjo
Telp. 0271-624973
Semoga membantu.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
ikut nimbrung nich.anggoro.prasetyo wrote:Salam kenal senior-senior bimmer sekalian.
Sudah dua tahun belakangan ini saya pakai mobil kecil Jepang tahun 1995. Pengin ganti, dan setelah baca-baca banyak forum saya memutuskan untuk ganti BMW. Akhirnya tiga hari lalu saya beli BMW 320i tahun 1994 transmisi manual, VANOS. Nah ada beberapa masalah dengan bmw saya, mohon sabar bacanya, maklum panjang ceritanya..
Setelah saya beli langsung saya tune-up mesin dan tune-up injeksi, ganti oli mesin, persneling, dan gardan di Holspec, Bandung. Ketika discan, muncul camshaft pos. sensor (katanya ini namanya kabel TD atas). Setelah kabel dibersihkan, discan tidak muncul lagi. Pertama dipakai saya perhatikan ada asap putih keluar dari knalpot. Saya tanya bengkelnya, kata om Bob, gapapa karena habis tune up injeksi pasti begitu. Setelah agak lama dipakai, saya merasa persnelingnya susah sekali dioper padahal kopling sudah mentok. Kalau mesin dimatikan baru bisa dioper lagi, tetapi jalan beberapa lama kerasa susah lagi, terutama kalau lagi macet jalannya dan sering pakai kopling. Bahkan pas parah-parahnya, masuk gigi satu, kopling diinjak mentok, mobil tetap jalan, harus di rem supaya berhenti. Rem diangkat, mobil jalan pelan, padahal tidak digas, kopling masih mentok.
Besok paginya, persneling sudah enak lagi, tapi saya tetap mau bawa ke bengkel lagi. Besoknya saya bawa lagi ke bengkel, lewat tanjakan dekat rumah, ga kuat nanjak pas nanjak pelan-pelan, walaupun gigi 1. Padahal dulu mobil jepang saya yang cuma 1300cc dengan mudah nanjak di gigi 1. Terpaksa mundur dan ambil ancang-ancang, baru bisa. Sampai di bengkel cek master kopling atas bawah tidak ada masalah, akhirnya saya inisiatif ganti kopling set. Setelah ganti kopling set, saya rasa ada perbedaan, persneling lebih mudah masuk. Tapi power rasanya masih loyo. Gigi satu dan dua rasanya tidak cepat "ngangkat" padahal pedal gas diinjak dalam. Pernah saya coba nanjak dengan gigi 2, pedal gas saya injak mentok, malah ndut-ndutan, tetap tidak muncul tenaganya.
Hari ini saya coba bawa di tol untuk tes power dan speed di jalan datar. Ban perlu balancing, 110 kpj di gigi 4 setir getar. Saya cuma berani sampai di situ, takut kaki-kaki rontok. Gigi 5 belum pernah dicoba. Pas akselerasi rasanya ga responsif, sekalipun jalan aspal halus dan datar, gigi 3 speed udah 60-70 kpj, injak gas habis, ga mau cepet ngangkat. Saya memang belum pernah pakai BMW tapi rasanya kok tidak seharusnya begini. Mobil saya dulu jauh lebih responsif walaupun tidak bisa lari terlalu kencang. Konsumsi BBM (masih premium) juga terasa boros. Kemarin saya isi full, trip odometer saya reset. Hari ini trip odometer terbaca 81 km. Indikator BBM sudah di angka 45. Dari beberapa diskusi forum di berbagai website yang saya baca, 320i m50 yang sehat bisa 1:8 dalam kota. Masalah persneling susah masuk muncul kembali, tetapi ketika kopling saya kocok, normal kembali.
Saya berniat merawat mobil ini karena rasanya sudah nyaman dan sreg, namun performa dan efisiensi BBM perlu diperbaiki. Mohon masukkan senior-senior sekalian, apa saja yang harus saya cek dan ganti, karena akhir Desember mau dibawa mudik ke Solo, sehingga harus dipastikan semuanya oke supaya lancar perjalanan.
Terimakasih.
Pras.
1. lack power di 320i pada putaran bawah bisa disebabkan ruang bakar yang kotor karena kerak karbon, let say Injector sudah dibersihkan,saatnya dengan mencampur product C*C untuk bersihkan ruang bakar dengan mencampurnya di Tanki, pastikan Pake Sesuai anjuran dan sebisanya pada posisi tengki hampir kosong lalu diisi dengan Minimal Pertamax dan produk C*C, bisa didapat di A*E HARD&W%&E...setelah diisi sesuai anjuran...lari di tol dengan gear rendah sampe rpm Red Line...beberapa detik, lakukan beberapa kali.
2. lakukan Pembersihan MAF dengan MAF Cleaner,ganti saringan udara jika dirasa perlu dan biasanya perlu
3. untuk masalah Clutch ,coba check bagian master Cylinder yang tersambung dengan tuas Kopling , sering masalah terjadi dikarenakan Pressure Seal getas/aus sehingga tidak bisa menahan Pressure dari clutch Pressure Plate di Flywheel. ganti dengan repair kitnya saja.
4. Biasakan dengan Mengkonsumsi BBM Minimal yang ber RON 92....biar ruang bakar selalu bersih dan improve Konsumsi BBM.
semoga lekas pulih..
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Untuk injector cleaner bisa menggunakan produk V-TEC Om, aman untuk seal2 nya. emang agak mahal seh tapi worthed lah, ada harga ada kualitas. sy pernah coba produk V-TEC engine flushing nya memang hasilnya bagus. kompresi naik yg asalnya 140an menjadi 150an. ini dapat dilakukan untuk mengembalikan performa mesin tiap 10.000 km sekali. Sekedar share aja Om
kay.sasuke- Jumlah posting : 255
Reputation : 14
Join date : 27.01.12
Lokasi : Jawa Barat
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Thanks om Sigit.
Saya akan coba italian tune-up nya..
Untuk BBM saya memang rencananya mau kasih pertamax om, kemarin diisi premium dulu sembari masih bolak-balik bengkel..
Clucth pressure seal itu kalau pake gambar dari om p4ri (di laman bmwfans yang dilink di balasan sebelumnya) yang mana ya om Sigit?
Saya akan coba italian tune-up nya..
Untuk BBM saya memang rencananya mau kasih pertamax om, kemarin diisi premium dulu sembari masih bolak-balik bengkel..
Clucth pressure seal itu kalau pake gambar dari om p4ri (di laman bmwfans yang dilink di balasan sebelumnya) yang mana ya om Sigit?
anggoro.prasetyo- Jumlah posting : 19
Reputation : 0
Join date : 09.12.12
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
kay.sasuke wrote:Untuk injector cleaner bisa menggunakan produk V-TEC Om, aman untuk seal2 nya. emang agak mahal seh tapi worthed lah, ada harga ada kualitas. sy pernah coba produk V-TEC engine flushing nya memang hasilnya bagus. kompresi naik yg asalnya 140an menjadi 150an. ini dapat dilakukan untuk mengembalikan performa mesin tiap 10.000 km sekali. Sekedar share aja Om
Thanks om Kay.
Untuk produk2 ini bisa kita pakai sendiri atau harus bengkel yang pakaiin? Kalau bisa pakai sendiri, engine flushingnya gimana makainya om? apa langsung dicampur di tangki bbm seperti produk yang om Sigit sarankan?
anggoro.prasetyo- Jumlah posting : 19
Reputation : 0
Join date : 09.12.12
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
anggoro.prasetyo wrote:kay.sasuke wrote:Untuk injector cleaner bisa menggunakan produk V-TEC Om, aman untuk seal2 nya. emang agak mahal seh tapi worthed lah, ada harga ada kualitas. sy pernah coba produk V-TEC engine flushing nya memang hasilnya bagus. kompresi naik yg asalnya 140an menjadi 150an. ini dapat dilakukan untuk mengembalikan performa mesin tiap 10.000 km sekali. Sekedar share aja Om
Thanks om Kay.
Untuk produk2 ini bisa kita pakai sendiri atau harus bengkel yang pakaiin? Kalau bisa pakai sendiri, engine flushingnya gimana makainya om? apa langsung dicampur di tangki bbm seperti produk yang om Sigit sarankan?
bisa pakai sendiri Om kalo mau.
1. V-TEC engine flushing: dilakukan pada saat penggantian oli (10.000 km sekali) caranya kurang
lebih spt ini:
- lepas semua busi dan beri tanda, cek dulu compresi lalu catat
- pasang busi kembali lalu masukan produk ke tanki oli, lalu nyalakan mesin (idle 15-20 mnt)
- matikan mesin lalu buang seluruh oli, kalo mau lihat oli bekasnya
- isi oli baru lalu lakukan lagi cek kompresi utk memastikan adanya kenaikan kompresi.
- kurang lebih spt itu Om.
2. V-TEC injector cleaner: dilakukan pada saat penggantian oli (10.000 km sekali) caranya ada 2
kurang lebih spt ini:
a. - masukkan produk ke dalam tanki bensin (1 kaleng utk 60ltr bensin lah)
- udah Om jalan aja seperti biasa kalo mau italian tune-up
- ini lebih efektif dan biasa dilakukan di luar Indonesia, sehingga saluran fuel tersapu bersih
mulai dari tanki sampai ke pembakaran sekaligus membersihkan filter bensinnya
b. - cara ini agak ribet Om mesti pake alatnya, tapi dbengkel biasanya nyediain kok. semacam
tabung gitu lah, nanti bensin dan produk dimasukan ke dalam tabung itu dgn ratio tertentu
yang nantinya di simulasikan sebagai tanki bensin, namun di supply tekanan dari air
compressor kurang lebih sebesar 3 bar. jadi pd saat mesin dinyalakan tekanannya bukan dri
fuel pump tp dr compressor itu. Panjang Om kalo dceritain mah.....
Mungkin para Suhu ada yang mau menambahkan ato mengkoreksi jika saya salah
kay.sasuke- Jumlah posting : 255
Reputation : 14
Join date : 27.01.12
Lokasi : Jawa Barat
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
yang didalem part no 1anggoro.prasetyo wrote:Thanks om Sigit.
Saya akan coba italian tune-up nya..
Untuk BBM saya memang rencananya mau kasih pertamax om, kemarin diisi premium dulu sembari masih bolak-balik bengkel..
Clucth pressure seal itu kalau pake gambar dari om p4ri (di laman bmwfans yang dilink di balasan sebelumnya) yang mana ya om Sigit?
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Progres report.
Hari ini saya ke Rizq-BMW di Cimahi. Mekaniknya friendly dan tampak sangat memahami mesin BMW, katanya sudah 15 tahun di bengkel besar di Bandung.
Dari hasil cek mesin (tanpa scanner), katanya mesin pincang (gejala: getar ketika idle), sensor VANOS mati (pulse generator camshaft/ cam.pos.sensor, gejala: ada suara "cek-cek-cek" kenceng sekali) dan visco fan sudah mati (fan sudah tidak bisa muter lagi ketika mesin mati). Akhirnya beli pulse generator camshaft, pake yang M52, harga 535rb di Milan Motor (yg ori M50 harga 1,5), ganti visco fan di sana (450rb), ganti semua busi standar (businya belang-belang, ada jepang ada eropa). Setelah semua dipasang, suara mesin berubah lebih halus dan tidak getar. Power pun sudah normal kembali, lega rasanya... Libas tanjakan sudah ringan sekali sekarang.
Mengenai masalah kopling, katanya karena kopling baru mungkin belum "pas nempelnya". Suruh coba dulu semingguan katanya akan membaik dengan sendirinya.
Masalah yang masih belum selesai: masih ada asap keluar dari knalpot dan menurut saya bau bensin tercium dari asapnya. Apakah ini berarti pembakaran yang terjadi tetap belum sempurna? Btw, busi yang lama warnanya hitam, campuran bensin terlalu "rich"? Apakah perlu reset ECU supaya ECU menyesuaikan diri lagi dengan kondisi baru?
Hari ini saya ke Rizq-BMW di Cimahi. Mekaniknya friendly dan tampak sangat memahami mesin BMW, katanya sudah 15 tahun di bengkel besar di Bandung.
Dari hasil cek mesin (tanpa scanner), katanya mesin pincang (gejala: getar ketika idle), sensor VANOS mati (pulse generator camshaft/ cam.pos.sensor, gejala: ada suara "cek-cek-cek" kenceng sekali) dan visco fan sudah mati (fan sudah tidak bisa muter lagi ketika mesin mati). Akhirnya beli pulse generator camshaft, pake yang M52, harga 535rb di Milan Motor (yg ori M50 harga 1,5), ganti visco fan di sana (450rb), ganti semua busi standar (businya belang-belang, ada jepang ada eropa). Setelah semua dipasang, suara mesin berubah lebih halus dan tidak getar. Power pun sudah normal kembali, lega rasanya... Libas tanjakan sudah ringan sekali sekarang.
Mengenai masalah kopling, katanya karena kopling baru mungkin belum "pas nempelnya". Suruh coba dulu semingguan katanya akan membaik dengan sendirinya.
Masalah yang masih belum selesai: masih ada asap keluar dari knalpot dan menurut saya bau bensin tercium dari asapnya. Apakah ini berarti pembakaran yang terjadi tetap belum sempurna? Btw, busi yang lama warnanya hitam, campuran bensin terlalu "rich"? Apakah perlu reset ECU supaya ECU menyesuaikan diri lagi dengan kondisi baru?
anggoro.prasetyo- Jumlah posting : 19
Reputation : 0
Join date : 09.12.12
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Tuh kan, karena sebenarnya memang bermasalah, dihapus juga muncul lagi. Kalau sekarang sudah diganti kan enak jadinya.
Di bengkel tidak dilakukan penyesuaian lagi setelah penggantian busi dan camsaft pulse generator ?
Untuk referensi busi silakan diperiksa http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=0CEAQFjAB&url=http%3A%2F%2Fwww.bosch.com.au%2Fcontent%2Flanguage1%2Fdownloads%2FSparkPlug05_06Catcover.pdf&ei=MczHUMT-K-qtiQeu-oCoCg&usg=AFQjCNFLCaDodVAWcbC8JHKn8wpdeEi2Kw halaman A15
Di bengkel tidak dilakukan penyesuaian lagi setelah penggantian busi dan camsaft pulse generator ?
Untuk referensi busi silakan diperiksa http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&ved=0CEAQFjAB&url=http%3A%2F%2Fwww.bosch.com.au%2Fcontent%2Flanguage1%2Fdownloads%2FSparkPlug05_06Catcover.pdf&ei=MczHUMT-K-qtiQeu-oCoCg&usg=AFQjCNFLCaDodVAWcbC8JHKn8wpdeEi2Kw halaman A15
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Rasanya belum dilakukan penyesuaian apapun om p4ri.
Apa saja penyesuaian yang perlu dilakukan dan bagaimana caranya?
Apa saja penyesuaian yang perlu dilakukan dan bagaimana caranya?
anggoro.prasetyo- Jumlah posting : 19
Reputation : 0
Join date : 09.12.12
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Setel CO mas. Biar makin joss tenaganya karena pembakaran jadi baik setelah disetel.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
p4ri wrote:Setel CO mas. Biar makin joss tenaganya karena pembakaran jadi baik setelah disetel.
Caranya setel CO gimana mas? atau harus ke bengkel?
anggoro.prasetyo- Jumlah posting : 19
Reputation : 0
Join date : 09.12.12
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Perlu ke bengkel, mas. Biasanya setelah kegiatan yang disebut tune up diperiksa emisi gas buangnya.
Standar untuk mesin M50:
CO% at idle : 0.5 - 1.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
Lambda yang bagus 1 tapi paling tidak harus di dekat 1
Standar untuk mesin M50:
CO% at idle : 0.5 - 1.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
Lambda yang bagus 1 tapi paling tidak harus di dekat 1
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Wah berarti harus ke bengkel yang punya engine analyzer ya..
HOLSPEC punya ga ya?
Ok mas p4ri matur nuwun, hari Jumat saya akan minta dicek emisinya..
HOLSPEC punya ga ya?
Ok mas p4ri matur nuwun, hari Jumat saya akan minta dicek emisinya..
anggoro.prasetyo- Jumlah posting : 19
Reputation : 0
Join date : 09.12.12
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
p4ri wrote:Perlu ke bengkel, mas. Biasanya setelah kegiatan yang disebut tune up diperiksa emisi gas buangnya.
Standar untuk mesin M50:
CO% at idle : 0.5 - 1.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
Lambda yang bagus 1 tapi paling tidak harus di dekat 1
Sudah saya scan di BENZ.
Hasilnya seperti di bawah ini, bagus ga?
CO 0,17%
CO2 13,2%
HC 443 ppm
O2 2,3%
Lambda 1,1
Rasanya masih oke ya..
Nah pas dicek itu ketahuan lah biang kerok pemborosan bensinnya..
Tangki bensin rembes.. sampe netes-netes rembesnya... pantesan konsumsi BBM 1:4
Memang sebenarnya udah curiga soalnya kalau parkir di rumah, bau bensin kecium.. pikirnya pasti ada selang bensin ga kenceng atau gimana, ga kepikiran bakal rembes (atau bocor ini namanya...) seperti itu..
Btw, saya sempat browsing berbagai macam situs e36, kebanyakan dari amrik. Versi USA e36nya ada sensor oksigen ya? yang versi Indo/Euro kok ga ada? terus yang ngatur fuel-air mixture apa ya (selain injektor)?
anggoro.prasetyo- Jumlah posting : 19
Reputation : 0
Join date : 09.12.12
Re: Tenaga loyo di RPM rendah (e36 m50)
Dari ECU mas. Dulu saya pernah punya M52 untuk ngatur dari ECU. Jadi perlu colok ke software.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Similar topics
» Tenaga mesin kurang responsif di rpm rendah
» Help me!!..Mesin M40 E36 "93 Ane Ngeden(ga ada Tenaga) klo di gas..
» e36 ga ada tenaga di putaran bawah
» rpm rendah krabin bergetar
» Bmw e30 m40 rpm rendah mesin drop
» Help me!!..Mesin M40 E36 "93 Ane Ngeden(ga ada Tenaga) klo di gas..
» e36 ga ada tenaga di putaran bawah
» rpm rendah krabin bergetar
» Bmw e30 m40 rpm rendah mesin drop
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 16 Jun 2022 - 6:50 by Wisnu85
» Speed Limit BMW E90 2008
Tue 14 Jun 2022 - 21:32 by TheMechanic
» Video Obat Aborsi Cytotec ( 08991026699 ) Jual Obat Aborsi Layanan Pesan Cod Bayar Ditempat
Tue 14 Jun 2022 - 8:47 by asamara
» RPM naik sendiri
Sun 24 Apr 2022 - 14:11 by yudhistiraw
» Obat Penggugur Kandungan - kesuburan Setelah Mengunakan Obat Aborsi Cytotec
Sat 23 Apr 2022 - 9:34 by asamara
» Jual Obat Aborsi - Mengetahui Efek Cytotec Penggugur Kandungan Dan Kesuburan
Sat 23 Apr 2022 - 9:18 by asamara
» Obat Penggugur Kandungan Cytotec - Efek Aborsi Usia Kehamilan 1-8 Bulan
Sat 23 Apr 2022 - 9:02 by asamara
» Kedala bmw e36 m43
Fri 22 Apr 2022 - 4:39 by Hery
» Kenalpot berasap saat mobil 523i e60 di panasin
Tue 19 Apr 2022 - 7:51 by E60Sentris