Pencarian
Latest topics
Social bookmarking
Most active topics
bengkel bmw tegal sekitarnya
Tue 5 Mar 2013 - 23:05 by maxall
malem master semua ,saya anggota baru,baru punya bmw juga, 320i 94 matik,baru semingguan,mau nyari bangkel yang bagus untuk daerah tegal dan sekitarnya.
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
Comments: 7
Macet total prngapian busi
Tue 10 Dec 2019 - 8:34 by Herman d
Salam kenal semua. Mohon bantu gan, BMW sy 318i thn 1992. Bermasalah dgn pengapian busi tdk ada,semburan bahan bakar ke injeksi tdk ada dan arus listrik dri fuse puel pump sampai kekabel fuel pump tdk ada. Tetapi fuel pump normal hidup kalau disambung langsung lewat aki tetapi bahan bakar tetap tdk ada keinjeksi. Mohon bamtuan sulusinya gan. Kerimakasi
Herman d
Herman d
Comments: 0
530i matic ngebul
Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste
permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih
Comments: 0
520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.
Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara
selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Comments: 10
CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36
Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe
Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
Comments: 1
bmw_520i_e34_1991
Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82
salam kenal.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
Comments: 6
Mesin tidak mau hidup
Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung
Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Comments: 4
Mohon Bantuan
Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks
Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
Comments: 1
AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati
Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe
Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Comments: 3
Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
+2
Reymo
awnfs
6 posters
Halaman 1 dari 1
Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
Salam Teman2 Biemer,
Mohon Shering pengalaman teman2 diforum ini, Senin Kemarin selasai ganti seal saft Kompresor AC + Isi Freon, baru jalan sekitar 100 Meter penunjuk suhu mesin di instrm Clstr naik, langsung sy matikan mesin, sy tunggu 1 jam lalu sy jalan sampai 2 km suhu mesin naik lg lalu sy matikan mesin.
apa ad kemungkinan montir Ac melakukan kesalahan pemasang belt kompresor yang klo ga salah berhubungan dengan water pump... jika tidak,adakah kemungkinan lain...Trima Kasih Sebelumnya
Mohon Shering pengalaman teman2 diforum ini, Senin Kemarin selasai ganti seal saft Kompresor AC + Isi Freon, baru jalan sekitar 100 Meter penunjuk suhu mesin di instrm Clstr naik, langsung sy matikan mesin, sy tunggu 1 jam lalu sy jalan sampai 2 km suhu mesin naik lg lalu sy matikan mesin.
apa ad kemungkinan montir Ac melakukan kesalahan pemasang belt kompresor yang klo ga salah berhubungan dengan water pump... jika tidak,adakah kemungkinan lain...Trima Kasih Sebelumnya
awnfs- Jumlah posting : 39
Reputation : 0
Join date : 27.07.11
Lokasi : Samarinda-Kaltim
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
besar kemungkinan masalah di visco fan, atau electric fan ga nyala..karena dengan kompresor ac yang masih fit,AC tambah dingin, tetapi condensor di depan radiator juga semakin panas, dan memerlukan pendinginan udara yg lebih baik dari sebelumnya..
Reymo- Jumlah posting : 79
Reputation : 8
Join date : 13.06.12
Age : 49
Lokasi : jakarta
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
Reymo wrote:besar kemungkinan masalah di visco fan, atau electric fan ga nyala..karena dengan kompresor ac yang masih fit,AC tambah dingin, tetapi condensor di depan radiator juga semakin panas, dan memerlukan pendinginan udara yg lebih baik dari sebelumnya..
thank's mas bro Reymo..
tapi fan msh muter mas bro, klo elektrik fan mati apa fan g berputar mas bro?
awnfs- Jumlah posting : 39
Reputation : 0
Join date : 27.07.11
Lokasi : Samarinda-Kaltim
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
visco fan (fan yang didalam yang berhubungan dengan water pump kan berputar bareng dengan mesin..so udah pasti muter ketika mesin hidup. kadang kalau visco disc udah lemah fan etep muter tapi ketika mesin butuh ekstra pendinginan, fan gak berputar sesuai rpm yg diinginkan...istilahnya "ngelos" gitu...nah, cek aja(buth sedikit keberanian) pake koran bekas yang dilipat2, saat mesin idle, tahan fan yg lagi muter tadi dengan menekan bilah kipas dengan koran. kalau ketahan,dan fan berhrnti, berarti visco lemah..kalau ga ketahan, berarti masih bagus...mudah2 an membantu
Reymo- Jumlah posting : 79
Reputation : 8
Join date : 13.06.12
Age : 49
Lokasi : jakarta
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
1. pastikan vanbelt kompresor AC diganti jg saat service kompresor kecuali vanbelt blm lama ganti dan posisi vanbelt sama dgn pulley power stering yg dipasang dgn ketegangan vanbelt yg sesuai (ga kendor/ga tegang).
2. air radiator (coolant) di bleeding ulang utk memastikan bhw kondisi air dan radiator dlm keadaan optimal.
3. extra fan bekerja sesuai suhu yg dicapai oleh sensor guna mendinginkan suhu condensor dan mati secara otomatis juga stlh suhu tercapai.
demikian
2. air radiator (coolant) di bleeding ulang utk memastikan bhw kondisi air dan radiator dlm keadaan optimal.
3. extra fan bekerja sesuai suhu yg dicapai oleh sensor guna mendinginkan suhu condensor dan mati secara otomatis juga stlh suhu tercapai.
demikian
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
Thank's buat atensi dari Bro Reymo 'n Bro Semut Hitam
kemarin waktu dibuka tutup drain radiator air sempat g keluar as Buntu sampai akhirnya keluar jg bersama kerak2 yang menumpuk, karena kurang puas, takut masih banyak kerak2nya akhirnya memberanikan diri untuk menurunkan radiator,
Setelah radiator keluar dari boil trus sy masukan selang air PAM lewat lubang keluar masuk radiator (bergantian) sambil sedikit diguncang2 dan air keluar bersamaan dengan kerak2 bewarna putih yang mengumpal dalam jumlah yg banyak.
kemudian sy perikasa thermostad ternyata sdh g ada..
pertanyaan sy
1. kerak apa yang berwarna putih itu, apa penyebabnya?
2. Apakah Thermostad 92cel aman digunakan di E36/M50 Th 94, Karena di http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/320i-M50/RHD/M/1995/june/browse/engine/waterpump_thermostat/ untuk th 92 - des 95 pake yang 88Cel?
kemarin waktu dibuka tutup drain radiator air sempat g keluar as Buntu sampai akhirnya keluar jg bersama kerak2 yang menumpuk, karena kurang puas, takut masih banyak kerak2nya akhirnya memberanikan diri untuk menurunkan radiator,
Setelah radiator keluar dari boil trus sy masukan selang air PAM lewat lubang keluar masuk radiator (bergantian) sambil sedikit diguncang2 dan air keluar bersamaan dengan kerak2 bewarna putih yang mengumpal dalam jumlah yg banyak.
kemudian sy perikasa thermostad ternyata sdh g ada..
pertanyaan sy
1. kerak apa yang berwarna putih itu, apa penyebabnya?
2. Apakah Thermostad 92cel aman digunakan di E36/M50 Th 94, Karena di http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/320i-M50/RHD/M/1995/june/browse/engine/waterpump_thermostat/ untuk th 92 - des 95 pake yang 88Cel?
awnfs- Jumlah posting : 39
Reputation : 0
Join date : 27.07.11
Lokasi : Samarinda-Kaltim
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
bro awnfs,
sedikit pertanyaan dari aku adalah bila bener thermostate tidak ada, apa yg digunakan utk menutup lobang thermostate? atau yg dimaksud ente bukan thermostate tapi sensor radiator ya?
jawab:
1. kerak-kerak tersebut akibat dari kwalitas air radiator yg biasa-nya di isi air tanah oleh pemilik lama yang banyak mengandung mineral sehingga kelamaan byk endapan tersebut. jadi kuras dulu radiator dgn cairan penguras radiator smp bener2 ga keluar lg kerak atau endapan dr dalam radiator, lalu bawa ke tukang radiator utk di tes tekanan utk mengetahui apkh ada rembesan dari semua bidang radiator tsb. stlh itu utk pemakaian gunakan radiator coolant warna merah atau hijau.
Oya, jangan lupa utk menguras juga sistem sirkulasi air radiator di mesin agar radiator dan mesin sama-sama bersih dari kerak atau endapan.
2. saran terbaik adalah gunakan thermostate yg sesuai rekomendasi BMW yaitu 88/87 celcius.
Bersihkan juga pompa air-nya mgk aja byk nempel kerak/endapan yg mengurangi kinerja pompa air tersebut.
demikian
sedikit pertanyaan dari aku adalah bila bener thermostate tidak ada, apa yg digunakan utk menutup lobang thermostate? atau yg dimaksud ente bukan thermostate tapi sensor radiator ya?
jawab:
1. kerak-kerak tersebut akibat dari kwalitas air radiator yg biasa-nya di isi air tanah oleh pemilik lama yang banyak mengandung mineral sehingga kelamaan byk endapan tersebut. jadi kuras dulu radiator dgn cairan penguras radiator smp bener2 ga keluar lg kerak atau endapan dr dalam radiator, lalu bawa ke tukang radiator utk di tes tekanan utk mengetahui apkh ada rembesan dari semua bidang radiator tsb. stlh itu utk pemakaian gunakan radiator coolant warna merah atau hijau.
Oya, jangan lupa utk menguras juga sistem sirkulasi air radiator di mesin agar radiator dan mesin sama-sama bersih dari kerak atau endapan.
2. saran terbaik adalah gunakan thermostate yg sesuai rekomendasi BMW yaitu 88/87 celcius.
Bersihkan juga pompa air-nya mgk aja byk nempel kerak/endapan yg mengurangi kinerja pompa air tersebut.
demikian
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
semut.hitam.m40 wrote:bro awnfs,
sedikit pertanyaan dari aku adalah bila bener thermostate tidak ada, apa yg digunakan utk menutup lobang thermostate? atau yg dimaksud ente bukan thermostate tapi sensor radiator ya?
jawab:
1. kerak-kerak tersebut akibat dari kwalitas air radiator yg biasa-nya di isi air tanah oleh pemilik lama yang banyak mengandung mineral sehingga kelamaan byk endapan tersebut. jadi kuras dulu radiator dgn cairan penguras radiator smp bener2 ga keluar lg kerak atau endapan dr dalam radiator, lalu bawa ke tukang radiator utk di tes tekanan utk mengetahui apkh ada rembesan dari semua bidang radiator tsb. stlh itu utk pemakaian gunakan radiator coolant warna merah atau hijau.
Oya, jangan lupa utk menguras juga sistem sirkulasi air radiator di mesin agar radiator dan mesin sama-sama bersih dari kerak atau endapan.
2. saran terbaik adalah gunakan thermostate yg sesuai rekomendasi BMW yaitu 88/87 celcius.
Bersihkan juga pompa air-nya mgk aja byk nempel kerak/endapan yg mengurangi kinerja pompa air tersebut.
demikian
Thank's untuk jawaban bro semut hitam
sewaktu melapaskan thermostad house emang thermostadnya udah g ada bro, sepertinya los gitu aja ga disumbat pake apapun
Brp ya kira2 harga Thermostad 88cel bro, soalnya kemaren dah ngambil 92cel, itung2 buat cadangan
Terakhir diubah oleh awnfs tanggal Wed 27 Jun 2012 - 12:17, total 1 kali diubah
awnfs- Jumlah posting : 39
Reputation : 0
Join date : 27.07.11
Lokasi : Samarinda-Kaltim
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
mungkin pemilik lama-nya pikir itu magic jar kali ya..hehehe..
segera ditangani aja bro, dibelikan thermostate sesuai rekomendasi dan jangan lupa utk cek pompa air kalo perlu minta saran mekanik biem terbaik, apakh pompa air diganti atau cukup dibersihkan aja..
demikian
segera ditangani aja bro, dibelikan thermostate sesuai rekomendasi dan jangan lupa utk cek pompa air kalo perlu minta saran mekanik biem terbaik, apakh pompa air diganti atau cukup dibersihkan aja..
demikian
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
semut.hitam.m40 wrote:mungkin pemilik lama-nya pikir itu magic jar kali ya..hehehe..
segera ditangani aja bro, dibelikan thermostate sesuai rekomendasi dan jangan lupa utk cek pompa air kalo perlu minta saran mekanik biem terbaik, apakh pompa air diganti atau cukup dibersihkan aja..
demikian
hahahahaha ... pemilik sblmnya waktu beli cm buat diliatin bro dia jg g tau apa2 sm nie boil, paling abis dicuci trus dipandangin 'n sangat jarang jalan
ok bro nie lg nunggu part2 datang
awnfs- Jumlah posting : 39
Reputation : 0
Join date : 27.07.11
Lokasi : Samarinda-Kaltim
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
Sedikit cerita niy, wkt aku ke bengkel BMW trus aku kagum dgn E46 hitam dgn plat KH, si mekanik cerita bhw itu milik juragan kayu di kalteng, entah mgk saking sibuk-nya jd tu mobil hny dipanasin di tempat aja alias tidak pernah dibawa jalan. alhasil 2 tahun nganggur tu mobil bgitu mau dipake tu mobil sdh jadi sarang tikus dan kecoak. masuk bengkel dibersihkan semua habis jutaan plus ganti instrumen cluster yg rusak harga-nya 13jt.
Jadi kalo pny mobil bagus atau lebih dr 1, hendaknya dibawa jalan sesekali atau secara reguler, mgk seminggu 2-3 kali, jangan jadi pot kembang tu mobil..dieeemm aja..
Jadi kalo pny mobil bagus atau lebih dr 1, hendaknya dibawa jalan sesekali atau secara reguler, mgk seminggu 2-3 kali, jangan jadi pot kembang tu mobil..dieeemm aja..
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
numpang tanya juga dong suhu2 bimmer....
jadi ceritanya biem ane 318 '96.selama ini gak pernah masalah sama temperatur.terakhir kali bulan lalu ganti switch fan gara2 kalo pake AC fan gak mo muter walopun suhu udah naek.sejak saat itu udah aman gak ada gangguan lagi.masalah muncul kemaren, waktu ane berhenti lampu merah (kalo diliat di detik-an lampu merah sekitar 60 detik) tiba2 temperatur yg tadinya setengah langsung naek secara cepat mendekati 2/3. utgnya sebelum lampu indikator overheat nyala,lampu lalu lintas udah ijo,lgsg ane geber kecepatan 60 km/jam,suhu kembali lagi normal ke setengah. indikasi ane,mungkin aja fan gak berputar makanya kalo berhenti jadi naek suhunya,pas jalan normal lagi.tapi beberapa menit setelah kejadian dan ane nyampe tujuan,sebelum ane matiin mobil,coba ane buka kap,ternyata fan berputar.karna ane kurang yakin, ane biarin aja mesin nyala dalam keadaan mobil berhenti,dan hasilnya tidak terjadi apa2...tidak terjadi overheat seperti tadi. jadi bingung,sebabnya apa ya?masa cuma berhenti 1 menit aja jadi hampir overheat??gimana kalo kena macet,bisa2 overheat ntar...
jadi ceritanya biem ane 318 '96.selama ini gak pernah masalah sama temperatur.terakhir kali bulan lalu ganti switch fan gara2 kalo pake AC fan gak mo muter walopun suhu udah naek.sejak saat itu udah aman gak ada gangguan lagi.masalah muncul kemaren, waktu ane berhenti lampu merah (kalo diliat di detik-an lampu merah sekitar 60 detik) tiba2 temperatur yg tadinya setengah langsung naek secara cepat mendekati 2/3. utgnya sebelum lampu indikator overheat nyala,lampu lalu lintas udah ijo,lgsg ane geber kecepatan 60 km/jam,suhu kembali lagi normal ke setengah. indikasi ane,mungkin aja fan gak berputar makanya kalo berhenti jadi naek suhunya,pas jalan normal lagi.tapi beberapa menit setelah kejadian dan ane nyampe tujuan,sebelum ane matiin mobil,coba ane buka kap,ternyata fan berputar.karna ane kurang yakin, ane biarin aja mesin nyala dalam keadaan mobil berhenti,dan hasilnya tidak terjadi apa2...tidak terjadi overheat seperti tadi. jadi bingung,sebabnya apa ya?masa cuma berhenti 1 menit aja jadi hampir overheat??gimana kalo kena macet,bisa2 overheat ntar...
kurkur- Jumlah posting : 58
Reputation : 0
Join date : 09.06.12
Age : 38
Lokasi : magetan
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
biasanya gejala radiator mampet/tersumbat adalah mesin panas kalau digeber..,karena sirkulasi air dalam radiator tertahan kotoran, ketika digeber di tol supply dari waterpump banyak, tapi ga tersalur ke mesin karena radiator banyak kotoran... tapi kalau lampu merah dan macet, sirkulasi lambat, dan air bisa kembali masuk ke mesin..dugaan saya tetep di visco fan. sebab waktu macet radiator perlu pendinginan ekstra dari fan. sedangkan waktu digeber di toll kan sudah dapet banyak angin dari luar..
Reymo- Jumlah posting : 79
Reputation : 8
Join date : 13.06.12
Age : 49
Lokasi : jakarta
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
Reymo wrote:biasanya gejala radiator mampet/tersumbat adalah mesin panas kalau digeber..,karena sirkulasi air dalam radiator tertahan kotoran, ketika digeber di tol supply dari waterpump banyak, tapi ga tersalur ke mesin karena radiator banyak kotoran... tapi kalau lampu merah dan macet, sirkulasi lambat, dan air bisa kembali masuk ke mesin..dugaan saya tetep di visco fan. sebab waktu macet radiator perlu pendinginan ekstra dari fan. sedangkan waktu digeber di toll kan sudah dapet banyak angin dari luar..
tengkyu bro reymo atas penjelasannya....FYI,sekitar 2 bulan lalu ane ganti switch fan gara2 kalo AC nyala gak mau berfungsi,tapi kalo AC mati semua normal.akhirnya ane ganti switchnya.brarti apanya lagi ya yg eror? emang sih dulu pernah nyalain mobil tanpa dijalanin karna gak pengen aki tekor pas ngecek sound system,kira2 mesin nyala hampir setengah jam gak taunya temperatur naek 2/3 hampir nyala lampu overheatnya...lgsg ane matiin deh mesinnya. jadi harus apanya lagi dari FAN yang harus dicek bro?
kurkur- Jumlah posting : 58
Reputation : 0
Join date : 09.06.12
Age : 38
Lokasi : magetan
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
oh ya,tambahan bro...
barusan ane cek mobil ane lagi,ternyata air radiator banyak berkurang.ane nambahinnya hampir sekitar 1 liter...padahal sebelumnya masih penuh,dan waktu ane isi ulang lagi gak ada tetesan2 tanda kebocoran radiator.kok bisa ya bisa habis 1 liter padahal cuma dipake nyetir 1 jam dan tidak ada kebocoran...apa ada hubungannya sama temperatur yg naek mendadak saat lampu merah?harusnya kalo emang berkurang segitu banyak kan indikatornya nyala,ato suhunya jadi gak normal?tapi ini indikator n suhu kok normal2 aja ya?jadi bingung....
barusan ane cek mobil ane lagi,ternyata air radiator banyak berkurang.ane nambahinnya hampir sekitar 1 liter...padahal sebelumnya masih penuh,dan waktu ane isi ulang lagi gak ada tetesan2 tanda kebocoran radiator.kok bisa ya bisa habis 1 liter padahal cuma dipake nyetir 1 jam dan tidak ada kebocoran...apa ada hubungannya sama temperatur yg naek mendadak saat lampu merah?harusnya kalo emang berkurang segitu banyak kan indikatornya nyala,ato suhunya jadi gak normal?tapi ini indikator n suhu kok normal2 aja ya?jadi bingung....
kurkur- Jumlah posting : 58
Reputation : 0
Join date : 09.06.12
Age : 38
Lokasi : magetan
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
oh ya bro...maaf nih ane tanya lagi (tanya mulu,maklum baru 3 bulanan ini pegang biem )
electric fan,extra fan ma visco fan apa bedanya?yang di mana posisinya?kalo yg ane maksudkan di postingan ane sebelumnya tuh fan yg nempel di belakang radiator,yang ada casingnya plastik gede mengarah ke mesin
sori banyak tanya
electric fan,extra fan ma visco fan apa bedanya?yang di mana posisinya?kalo yg ane maksudkan di postingan ane sebelumnya tuh fan yg nempel di belakang radiator,yang ada casingnya plastik gede mengarah ke mesin
sori banyak tanya
kurkur- Jumlah posting : 58
Reputation : 0
Join date : 09.06.12
Age : 38
Lokasi : magetan
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
Ooh...sori..sori...saya kira mobilnya 320 kyk punya saya....iya, 318 cuma punya 1 fan, dibelakang radiator. Itu namanya electric fan, dia ga pake visco spt 320 punya saya..nah,ini kya nya modul fan speed yang berbentuk kotak di casing fan itu yg bermasalah,sehingga speed nya cuma bisa di low aja..harganya lumayan loh om..sebab ga bisa beli modul nya aja,harus beli 1 set assy....
Reymo- Jumlah posting : 79
Reputation : 8
Join date : 13.06.12
Age : 49
Lokasi : jakarta
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
kemaren ane coba lagi perjalanan 1 jam,campuran sih antara macet n lancar,so far fine2 aja.barusan ane cek,ternyata kalo AC nyala fan juga langsung nyala ya?ganti2an antara slow n fast.tapi begitu AC dimatikan,fan juga mati (emang suhunya baru 1/3,kayanya fan nyala kalo 2/3 ya)
kurkur- Jumlah posting : 58
Reputation : 0
Join date : 09.06.12
Age : 38
Lokasi : magetan
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
Wah,seharusnya dia nyala pada suhu 88 derajat om..ga sampe 2/3...kalau sudah 2/3 baru nyala mah keburu overheat om...
Reymo- Jumlah posting : 79
Reputation : 8
Join date : 13.06.12
Age : 49
Lokasi : jakarta
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
yah ane gak tau pastinya,cuma kira2nya kalo di sekitaran 2/3 nyala....emangnya kalo taunya 88 derajat dari mana ya?
kurkur- Jumlah posting : 58
Reputation : 0
Join date : 09.06.12
Age : 38
Lokasi : magetan
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
saat service AC apakah system cooling mesin juga ikut dibongkar? klo iya kemungkinan besar dan 99% yakin ada udara didalam system.....lakukan bleeding dulu....yang simple sebelum ke hal yang sedikit rumit
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
Sigit Ario wrote:saat service AC apakah system cooling mesin juga ikut dibongkar? klo iya kemungkinan besar dan 99% yakin ada udara didalam system.....lakukan bleeding dulu....yang simple sebelum ke hal yang sedikit rumit
bener bro ikut dibongkar,soalnya waktu itu skalian turun setengah mesin ganti beberapa packing n kuras air radiator juga....tengkyu bro masukannya,di trit yang sebelah juga udah dicopied
kurkur- Jumlah posting : 58
Reputation : 0
Join date : 09.06.12
Age : 38
Lokasi : magetan
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
nah, ide bagus tuh,..bleeding aja sendiri, buka baut plastik bleeder pake koin 500 perak, hidupin mesin, sambil ditambah coolant sedikit2,...kalau udara udah ga keluar dari bleeder, kencengin lagi....
Reymo- Jumlah posting : 79
Reputation : 8
Join date : 13.06.12
Age : 49
Lokasi : jakarta
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
Reymo wrote:nah, ide bagus tuh,..bleeding aja sendiri, buka baut plastik bleeder pake koin 500 perak, hidupin mesin, sambil ditambah coolant sedikit2,...kalau udara udah ga keluar dari bleeder, kencengin lagi....
akhirnya solved......sesuai dengan petunjuk om reymo
kurkur- Jumlah posting : 58
Reputation : 0
Join date : 09.06.12
Age : 38
Lokasi : magetan
Re: Selesai Service Kompresor AC Temperatur Mesin Naik
para master maap numpang nanya lagi...
minggu kemarin ane habis servis kompresor,setelah didiagnosa oleh sang tukang ac ternyata kompresor udah lemah kompresinya..dan kebetulan kompresor jg sdh diganti pnya jepun merk DENS*
pertanyaan ane kalo kompresor ane ganti baru punya avanz* yg 1000cc apa yg harus diganti??
ane udah nanya bngkel biemmers di jgj katanya itu yg berani tukang ac nya..alias pinter2an tukang acnya yg kanibal..
mohon pencerahan para suhu?trima kasih...
minggu kemarin ane habis servis kompresor,setelah didiagnosa oleh sang tukang ac ternyata kompresor udah lemah kompresinya..dan kebetulan kompresor jg sdh diganti pnya jepun merk DENS*
pertanyaan ane kalo kompresor ane ganti baru punya avanz* yg 1000cc apa yg harus diganti??
ane udah nanya bngkel biemmers di jgj katanya itu yg berani tukang ac nya..alias pinter2an tukang acnya yg kanibal..
mohon pencerahan para suhu?trima kasih...
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Similar topics
» Jarum Temperatur Naik Mentok Merah
» Jarum Temperatur ga mau naik
» temperatur suka naik di cipularang
» Jarum Temperatur naik turun
» E36 M43 Temperatur Naik ke garis merah.
» Jarum Temperatur ga mau naik
» temperatur suka naik di cipularang
» Jarum Temperatur naik turun
» E36 M43 Temperatur Naik ke garis merah.
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 16 Jun 2022 - 6:50 by Wisnu85
» Speed Limit BMW E90 2008
Tue 14 Jun 2022 - 21:32 by TheMechanic
» Video Obat Aborsi Cytotec ( 08991026699 ) Jual Obat Aborsi Layanan Pesan Cod Bayar Ditempat
Tue 14 Jun 2022 - 8:47 by asamara
» RPM naik sendiri
Sun 24 Apr 2022 - 14:11 by yudhistiraw
» Obat Penggugur Kandungan - kesuburan Setelah Mengunakan Obat Aborsi Cytotec
Sat 23 Apr 2022 - 9:34 by asamara
» Jual Obat Aborsi - Mengetahui Efek Cytotec Penggugur Kandungan Dan Kesuburan
Sat 23 Apr 2022 - 9:18 by asamara
» Obat Penggugur Kandungan Cytotec - Efek Aborsi Usia Kehamilan 1-8 Bulan
Sat 23 Apr 2022 - 9:02 by asamara
» Kedala bmw e36 m43
Fri 22 Apr 2022 - 4:39 by Hery
» Kenalpot berasap saat mobil 523i e60 di panasin
Tue 19 Apr 2022 - 7:51 by E60Sentris