Pencarian
Latest topics
Social bookmarking
Most active topics
bengkel bmw tegal sekitarnya
Tue 5 Mar 2013 - 23:05 by maxall
malem master semua ,saya anggota baru,baru punya bmw juga, 320i 94 matik,baru semingguan,mau nyari bangkel yang bagus untuk daerah tegal dan sekitarnya.
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
Comments: 7
Macet total prngapian busi
Tue 10 Dec 2019 - 8:34 by Herman d
Salam kenal semua. Mohon bantu gan, BMW sy 318i thn 1992. Bermasalah dgn pengapian busi tdk ada,semburan bahan bakar ke injeksi tdk ada dan arus listrik dri fuse puel pump sampai kekabel fuel pump tdk ada. Tetapi fuel pump normal hidup kalau disambung langsung lewat aki tetapi bahan bakar tetap tdk ada keinjeksi. Mohon bamtuan sulusinya gan. Kerimakasi
Herman d
Herman d
Comments: 0
530i matic ngebul
Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste
permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih
Comments: 0
520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.
Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara
selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Comments: 10
CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36
Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe
Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
Comments: 1
bmw_520i_e34_1991
Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82
salam kenal.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
Comments: 6
Mesin tidak mau hidup
Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung
Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Comments: 4
Mohon Bantuan
Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks
Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
Comments: 1
AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati
Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe
Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Comments: 3
dengung di belakang ( E30 m40 )
+5
Sigit Ario
p4ri
abink
Uut Twista
kumin
9 posters
Halaman 2 dari 3
Halaman 2 dari 3 • 1, 2, 3
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
kumin wrote:dhiego wrote:permisi para senior.cm mau kasih info ne om.punya saya FP pke punya jepun G*** honda.udah 2 tahun.sampe sekarang masih top cerr om.saya pasang d BonaTronik d godean jogja.
itu pasang ori honda punya ?...habis berapa om ?...habis berapa toh om ?...
katanya sih ori om.hehe...spe skrg tu biem trop cer...kira2 spe 375rb.
proses pemasangan n penyolderannya ok banget.d coba aj om
dhiego- Jumlah posting : 21
Reputation : 1
Join date : 27.12.11
Lokasi : semarang
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Ada dokumentasinya gak tuch......diposting aja....
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Kalau mau tahu caranya, coba saja cari di blog Lucky Riyandi di riyandi.org.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Alhamdulilah,,,,sekrang 3boy ane e30 m40 ane udah ganti fuel pump...hehe
cumannnn,,,,ternyata setelah ganti fuel pump ada 2 hal jelas terasa :
1. Masih ndut2an di rpm 2500 tapi akhirnya di stell AFM ma montirnya, dan hilang ndut2anya, tpi tenaga kg ada,,,ngempos cuman bisa mpe 120, lama naiknya dan dari knalpot asapnya perih ke mata padahal tidak keluar asap putih,,,,
2. Kadang suka ada bunyi dibagian fuel pump klo kunci kontak di "ON"-kan , kata montirnya sih itu normal tanda fuel pump bekerja, tapi klo dah dipakai jalan trus berhenti bentar buat isi bensin/shalat dinyalain lagi kg ada suara...
kira2 kenapa lg y om ?...oia kmren sih filter bensin-nya kg diganti,,,
thank u all,....
cumannnn,,,,ternyata setelah ganti fuel pump ada 2 hal jelas terasa :
1. Masih ndut2an di rpm 2500 tapi akhirnya di stell AFM ma montirnya, dan hilang ndut2anya, tpi tenaga kg ada,,,ngempos cuman bisa mpe 120, lama naiknya dan dari knalpot asapnya perih ke mata padahal tidak keluar asap putih,,,,
2. Kadang suka ada bunyi dibagian fuel pump klo kunci kontak di "ON"-kan , kata montirnya sih itu normal tanda fuel pump bekerja, tapi klo dah dipakai jalan trus berhenti bentar buat isi bensin/shalat dinyalain lagi kg ada suara...
kira2 kenapa lg y om ?...oia kmren sih filter bensin-nya kg diganti,,,
thank u all,....
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Setel AFM gak bisa main2 lho. Karena secara dari pabrik dibuat dengan presisi. Jangan biasakan otak-atik setelan per di AFM. Nanti susah sendiri karena jadi tidak standar. Coba setel CO dulu di bengkel dengan alat engine analyzer. Kalau tidak, tidak bisa didapat setelan yang pas.
Bunyi mendenging dari fuel pump adalah hal biasa. Kalau nyaring, artinya minta ganti.
Bunyi mendenging dari fuel pump adalah hal biasa. Kalau nyaring, artinya minta ganti.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Setel AFM gak bisa main2 lho. Karena secara dari pabrik dibuat dengan presisi. Jangan biasakan otak-atik setelan per di AFM. Nanti susah sendiri karena jadi tidak standar. Coba setel CO dulu di bengkel dengan alat engine analyzer. Kalau tidak, tidak bisa didapat setelan yang pas.
Bunyi mendenging dari fuel pump adalah hal biasa. Kalau nyaring, artinya minta ganti.
hmm,, hampir saja saya bongkar tuh kmren sore,,,
iya sih, bengkelnya bilang jngn sembarang ngoprek AFM...akhrnya ane tanya yg montir lakuin apa aja mpe bisa ilang ndut2annya ?...dan dengan baiknya dia pun memberitahu bahwa gerigi-nya disetel,,,hehe
om, engine analyzer itu tidak harus di bengkel BMW khan ?... bengkel umum juga ada y ?...klo ke Toyota Astra bisa ndak y ? ....
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Kadang2 ndut2-an juga bisa disebabkan bilah di dalam AFM yang tersendat di posisi tertentu karena ada kotoran. Kalau demikian halnya, perlu dibersihkan dengan melakukan sedikit pengikisan pada bilah atau lempengan penutup bagian bawah AFM. Gak perlu kotak katik pegas.
Engine Analyzer biasa ditemukan di bengkel2 besar. Harganya cukup mahal. Dengan bantuan alat tersebut, bisa disetel CO mesin dengan memutar sekrup CO di bagian sisi AFM. Kondisi ideal biasanya diperoleh saat angka lambda = 1. Tapi biasanya pebengkel menurunkan angka lambda menjadi di bawah 1.
Hasil uji emisi standar kendaraan BMW (diambil dari milis BMW Owner)
e30 M10 :
CO% at idle : 0.2 - 1.2%
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e30 M40 :
CO% at idle : 0.2 - 1.2%
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e36 M20 :
CO% at idle : 0.2 - 1.2%
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e36 M40
CO% at idle : 0.7% (-/+ 0.5%)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e36 M43
CO% at idle : 0.5% (Not adjustable)
CO% at 2500-3000rpm : 0.3% (Not adjustable)
HC max at idle : 100ppm
CO2 at idle : 14.5-16%
O2 at idle : 0.1-0.5%
e36 M50
CO% at idle : 0.5 - 1.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e36 M52 vanos
CO% at idle : 0.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 100ppm
CO2 at idle : 14.5-16%
O2 at idle : 0.1-0.5%
e34 M20
CO% at idle : 0.7% (-/+ 0.5%)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e34 M50
CO% at idle : 0.5 - 1.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e34 M60
CO% at idle : 0.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 100ppm
CO2 at idle : 14.5-16%
O2 at idle : 0.1-0.5%
Engine Analyzer biasa ditemukan di bengkel2 besar. Harganya cukup mahal. Dengan bantuan alat tersebut, bisa disetel CO mesin dengan memutar sekrup CO di bagian sisi AFM. Kondisi ideal biasanya diperoleh saat angka lambda = 1. Tapi biasanya pebengkel menurunkan angka lambda menjadi di bawah 1.
Hasil uji emisi standar kendaraan BMW (diambil dari milis BMW Owner)
e30 M10 :
CO% at idle : 0.2 - 1.2%
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e30 M40 :
CO% at idle : 0.2 - 1.2%
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e36 M20 :
CO% at idle : 0.2 - 1.2%
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e36 M40
CO% at idle : 0.7% (-/+ 0.5%)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e36 M43
CO% at idle : 0.5% (Not adjustable)
CO% at 2500-3000rpm : 0.3% (Not adjustable)
HC max at idle : 100ppm
CO2 at idle : 14.5-16%
O2 at idle : 0.1-0.5%
e36 M50
CO% at idle : 0.5 - 1.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e36 M52 vanos
CO% at idle : 0.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 100ppm
CO2 at idle : 14.5-16%
O2 at idle : 0.1-0.5%
e34 M20
CO% at idle : 0.7% (-/+ 0.5%)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e34 M50
CO% at idle : 0.5 - 1.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e34 M60
CO% at idle : 0.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 100ppm
CO2 at idle : 14.5-16%
O2 at idle : 0.1-0.5%
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Kadang2 ndut2-an juga bisa disebabkan bilah di dalam AFM yang tersendat di posisi tertentu karena ada kotoran. Kalau demikian halnya, perlu dibersihkan dengan melakukan sedikit pengikisan pada bilah atau lempengan penutup bagian bawah AFM. Gak perlu kotak katik pegas.
Engine Analyzer biasa ditemukan di bengkel2 besar. Harganya cukup mahal. Dengan bantuan alat tersebut, bisa disetel CO mesin dengan memutar sekrup CO di bagian sisi AFM. Kondisi ideal biasanya diperoleh saat angka lambda = 1. Tapi biasanya pebengkel menurunkan angka lambda menjadi di bawah 1.
Hasil uji emisi standar kendaraan BMW (diambil dari milis BMW Owner)
e30 M10 :
CO% at idle : 0.2 - 1.2%
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e30 M40 :
CO% at idle : 0.2 - 1.2%
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e36 M20 :
CO% at idle : 0.2 - 1.2%
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e36 M40
CO% at idle : 0.7% (-/+ 0.5%)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e36 M43
CO% at idle : 0.5% (Not adjustable)
CO% at 2500-3000rpm : 0.3% (Not adjustable)
HC max at idle : 100ppm
CO2 at idle : 14.5-16%
O2 at idle : 0.1-0.5%
e36 M50
CO% at idle : 0.5 - 1.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e36 M52 vanos
CO% at idle : 0.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 100ppm
CO2 at idle : 14.5-16%
O2 at idle : 0.1-0.5%
e34 M20
CO% at idle : 0.7% (-/+ 0.5%)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e34 M50
CO% at idle : 0.5 - 1.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 300ppm
CO2 at idle : 13-16%
O2 at idle : 0.5-2.0%
e34 M60
CO% at idle : 0.5% (Not adjustable)
HC max at idle : 100ppm
CO2 at idle : 14.5-16%
O2 at idle : 0.1-0.5%
wah makasih banyak om p4ri,,,
ok untuk membersihkan bilah afm itu bagaimana caranya ?...apa tetep harus oleh bengkel spesialis ? atau bisa DIY ?...
nah itu dia om, disini kg ada bengkel besar selain bengkel resmi.... Totoyta/Honda Resmi....
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Bisa dikerjakan sendiri. Tapi harus yakin dulu apakah kendala ada di AFM yang bilahnya tersendat. Tahu kan cara ngetesnya?
Kalau sudah yakin, tinggal lepas AFM dari kotak saringan udara dan selang udara.
Balikkan AFM, akan ditemui banyak sekrup. Lepas sekrup satu2, congkel penutup AFM.
Mulai mainkan amplas halus untuk menghaluskan bilah AFM dan penutup. Berhenti menghaluskan bila dirasa telah lancar gerak bilah saat dicoba.
https://www.facebook.com/note.php?note_id=10150254725727510
Selamat mencoba.
Kalau sudah yakin, tinggal lepas AFM dari kotak saringan udara dan selang udara.
Balikkan AFM, akan ditemui banyak sekrup. Lepas sekrup satu2, congkel penutup AFM.
Mulai mainkan amplas halus untuk menghaluskan bilah AFM dan penutup. Berhenti menghaluskan bila dirasa telah lancar gerak bilah saat dicoba.
https://www.facebook.com/note.php?note_id=10150254725727510
Selamat mencoba.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Permisi bro kumin, mohon ijin numpang nanya2 ma para suhu di tread-nya yah .
Para suhu bimmers, mohon advice-nya juga yah..
1. Ane baca ngebahas tentang Italian Tunning, klo ane simak cara italian tunning yg dibahas itu untuk mesin manual yah.. mobil ane e36 320 matic jadi gimana caranya klo untuk mesin matic?
2. Ane cukup sering lakuin ritual bersihin busi & saringan udara tp konsumsi bbm tetap di 1:5 itu normal atau boros? Gimana caranya agar lebih irit lagi?
3. Air radiator klo abis jalan sekitar 50km pasti berkurang sekitar 1gelas air mineral, apakah itu normal (krn ada yg blg itu normal), ane dah cek ke bengkel radiator ga ada yg bocor, jadi kenapa msh bisa berkurang yah.
4. Gimana cara reset indikator oli? Bisa ga dilakuin sendiri? Amankah?
Makasih para suhu, ditunggu advice-nya.
Para suhu bimmers, mohon advice-nya juga yah..
1. Ane baca ngebahas tentang Italian Tunning, klo ane simak cara italian tunning yg dibahas itu untuk mesin manual yah.. mobil ane e36 320 matic jadi gimana caranya klo untuk mesin matic?
2. Ane cukup sering lakuin ritual bersihin busi & saringan udara tp konsumsi bbm tetap di 1:5 itu normal atau boros? Gimana caranya agar lebih irit lagi?
3. Air radiator klo abis jalan sekitar 50km pasti berkurang sekitar 1gelas air mineral, apakah itu normal (krn ada yg blg itu normal), ane dah cek ke bengkel radiator ga ada yg bocor, jadi kenapa msh bisa berkurang yah.
4. Gimana cara reset indikator oli? Bisa ga dilakuin sendiri? Amankah?
Makasih para suhu, ditunggu advice-nya.
bie- Jumlah posting : 26
Reputation : 0
Join date : 19.10.10
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Coba bantu tulis jawaban.
1. Untuk kendaraan matik, pasang saja tuas perseneling di gigi rendah. Misalnya saja 3. Geber selama kurang lebih 10 menit di RPM 3000-4000.
2. Sepertinya ruang bakar dan saringan BBM juga perlu dibersihkan. Cukup boros kondisi seperti itu.
3. Bawa ke bengkel yang punya pressure gauge. Alat tersebut akan dipasang di tangki air cadangan lalu dipompa hingga mencapai tekanan maksimal yang bisa ditahan oleh sistem pendinginan mobil. Tapi siap2 saja duit karena nantinya bisa diketahui kalau ada kebocoran dan tentunya perlu penggantian perangkat.
4. Bisa saja dilakukan sendiri. Cari saja artikelnya di web. Banyak kok yang sudah nulis.
1. Untuk kendaraan matik, pasang saja tuas perseneling di gigi rendah. Misalnya saja 3. Geber selama kurang lebih 10 menit di RPM 3000-4000.
2. Sepertinya ruang bakar dan saringan BBM juga perlu dibersihkan. Cukup boros kondisi seperti itu.
3. Bawa ke bengkel yang punya pressure gauge. Alat tersebut akan dipasang di tangki air cadangan lalu dipompa hingga mencapai tekanan maksimal yang bisa ditahan oleh sistem pendinginan mobil. Tapi siap2 saja duit karena nantinya bisa diketahui kalau ada kebocoran dan tentunya perlu penggantian perangkat.
4. Bisa saja dilakukan sendiri. Cari saja artikelnya di web. Banyak kok yang sudah nulis.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Om P4ri,
1. Ok saya akan cari waktu untuk coba.
2. Untuk bersihin ruang bakar dan saringan bbm harus dilakukan di bengkel yah (org yg pengalaman & butuh alat khusus)? Yg ideal untuk e36 320 matic konsumsi bbm 1 banding brp om?
3. Bengkel yg punya alat pressure gauge, bengkel khusus bmw atau bengkel biasa juga ada? Ada yg blg mungkin bocor di waterpump, mungkin ga om? Biasanya kalau radiator ga ada yg bocor, apanya lagi? Dan butuh dana berapa untuk perbaikannya?
4. Saya sudah dpt artikelnya http://www.saft7.com/buat-sendiri-oil-resetservice-inspection-bmw/ diartikel itu ada Reset Oil Service & Reset Inspection, apa bedanya? Kalau kita tidak pernah melakukan reset apakah ada pengaruh ke mesin atau elektroniknya (seperti konsumsi bbm dsb)?
Sebelumnya terimakasih om P4ri atas pencerahannya & om Kumin, sorry n thanks dah dipinjemin tread-nya.
1. Ok saya akan cari waktu untuk coba.
2. Untuk bersihin ruang bakar dan saringan bbm harus dilakukan di bengkel yah (org yg pengalaman & butuh alat khusus)? Yg ideal untuk e36 320 matic konsumsi bbm 1 banding brp om?
3. Bengkel yg punya alat pressure gauge, bengkel khusus bmw atau bengkel biasa juga ada? Ada yg blg mungkin bocor di waterpump, mungkin ga om? Biasanya kalau radiator ga ada yg bocor, apanya lagi? Dan butuh dana berapa untuk perbaikannya?
4. Saya sudah dpt artikelnya http://www.saft7.com/buat-sendiri-oil-resetservice-inspection-bmw/ diartikel itu ada Reset Oil Service & Reset Inspection, apa bedanya? Kalau kita tidak pernah melakukan reset apakah ada pengaruh ke mesin atau elektroniknya (seperti konsumsi bbm dsb)?
Sebelumnya terimakasih om P4ri atas pencerahannya & om Kumin, sorry n thanks dah dipinjemin tread-nya.
bie- Jumlah posting : 26
Reputation : 0
Join date : 19.10.10
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
1. OK.
2. Kalau pengen gampang, bawa ke bengkel yang bisa kerjakan carbon clean saja. Pemilik tinggal tahu beres kalau kerak di ruang bakar sudah berkurang karena dikikis oleh cairan kimia.
Kalau pengen bersusah payah, tinggal beli D*S Engine conditioner di A*E Hardware. Setelah mesin kendaraan hangat, copot semua busi, semprotkan cairan D*S melalui lubang busi. Diamkan semalaman. Esoknya bisa disedot cairan yang ada di dalam ruang bakar pakai suntikan bekas yang diujungnya diberi selang. Hasilnya bisa seperti di foto terlampir. Sebaiknya bersih2 dilakukan sebelum ritual ganti oli. Setelah busi dipasang, ajak kendaraannya ke tol untuk italian tuning.
Kalau dijalan yang normal, macet tidak parah, bisa 1:8.
3. Bisa ke bengkel spesialis juga. Coba aja nanti periksa dulu pakai pressure gauge biar yakin.
https://www.youtube.com/watch?v=Cp4gvyc8ZSg
4. Gak ada masalah dengan mesin. Asal dilakukan dengan benar.
2. Kalau pengen gampang, bawa ke bengkel yang bisa kerjakan carbon clean saja. Pemilik tinggal tahu beres kalau kerak di ruang bakar sudah berkurang karena dikikis oleh cairan kimia.
Kalau pengen bersusah payah, tinggal beli D*S Engine conditioner di A*E Hardware. Setelah mesin kendaraan hangat, copot semua busi, semprotkan cairan D*S melalui lubang busi. Diamkan semalaman. Esoknya bisa disedot cairan yang ada di dalam ruang bakar pakai suntikan bekas yang diujungnya diberi selang. Hasilnya bisa seperti di foto terlampir. Sebaiknya bersih2 dilakukan sebelum ritual ganti oli. Setelah busi dipasang, ajak kendaraannya ke tol untuk italian tuning.
Kalau dijalan yang normal, macet tidak parah, bisa 1:8.
3. Bisa ke bengkel spesialis juga. Coba aja nanti periksa dulu pakai pressure gauge biar yakin.
https://www.youtube.com/watch?v=Cp4gvyc8ZSg
4. Gak ada masalah dengan mesin. Asal dilakukan dengan benar.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Om P4ri,
Terimakasih byk nih atas pencerahannya, mantaf jelas bgt.. saya mau coba lakuin sendiri aja om, biar makin byk pengalaman :-).
Om Kumin,
sekali lagi terimakasih dah dipinjamin tread-nya.
Terimakasih byk nih atas pencerahannya, mantaf jelas bgt.. saya mau coba lakuin sendiri aja om, biar makin byk pengalaman :-).
Om Kumin,
sekali lagi terimakasih dah dipinjamin tread-nya.
bie- Jumlah posting : 26
Reputation : 0
Join date : 19.10.10
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Bisa dikerjakan sendiri. Tapi harus yakin dulu apakah kendala ada di AFM yang bilahnya tersendat. Tahu kan cara ngetesnya?
Kalau sudah yakin, tinggal lepas AFM dari kotak saringan udara dan selang udara.
Balikkan AFM, akan ditemui banyak sekrup. Lepas sekrup satu2, congkel penutup AFM.
Mulai mainkan amplas halus untuk menghaluskan bilah AFM dan penutup. Berhenti menghaluskan bila dirasa telah lancar gerak bilah saat dicoba.
https://www.facebook.com/note.php?note_id=10150254725727510
Selamat mencoba.
Untuk memastikan bilah AFM yang tersendat gimana caranya om ?...ane belum pernah nge-test-nya ?...mohon infona,,
oia om p4ri, maaf nih nanya lagi,,,khan ni fuel pump udah baru, ternyata masih ndut2an, akhrnya di stell gerigi di AFM ma montirnya dan ilang ndut2an-nya... tapi di RPM 3000 klo dah jalan setengah jam dan kecepatan konstan di 80/100 pasti ndut2an cuman kg parah,,,halus ndut2annya....dan asap knalpot perih ke mata dan tenaga ngempos,,,tapi tiap pagi masih suka netes air embun kok dri knalpot,,,
kmren ke kota ke montir yg direkomendasikan dari bandung khusus BMW,cuman setel angin pake obeng doang kg mpe buka AFM tenaga balik lagi, dan ndut2an ilang,,,eh pulang dari kota ke mess ane nih mobil malah ndut2an lgi sepanjang perjalanan (60km),,,padahal kalo di dalam kota mah kg ndut2an ( kota kecil jadi maksimum hanya 60km/jam ) teman saya yg bawa mobil dibelakang mpe nyuruh saya diderek saja, karena bener2 ajut2an nih mobil,,,
saya coba dinginin koil pake kain basah , berharap mungkin itu koilnya, tpi setelah didinginin tetep saja ajut2an,,,
kira2 apa kenapa y om ?..oia kmren ganti fuel pump tpi kg ganti saringan bensin,,,
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
bie wrote:Om P4ri,
Terimakasih byk nih atas pencerahannya, mantaf jelas bgt.. saya mau coba lakuin sendiri aja om, biar makin byk pengalaman :-).
Om Kumin,
sekali lagi terimakasih dah dipinjamin tread-nya.
sama2 om, silahkan saja nda apa2 kok,,,sharing ilmu dan info ,,,
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Buat ngecek tersendat atau tidaknya bilah AFM harus dicopot dulu AFM dari kotak saringan udara. Buka baut2 yang mengikat AFM ke kotak saringan udara.
Setelah terlepas, gunakan jari atau obeng untuk mendorong bilah AFM, dorong pelan, bila terasa ada halangan, artinya ada kotoran yang menghambat si bilah bergerak bebas.
Jangan biasakan otak atik pegas atau gigi yang di dalam AFM. Setelan itu kan sudah diatur dari pabriknya. Sudah jos gandos. Yang perlu dan boleh disetel sebenarnya sekrup yang disamping AFM. Itupun nyetelnya harus dengan bantuan alat yang sensornya dimasukkan ke lubang knalpot. Tanpa bantuan alat itu, susah diperoleh ukuran yang pas.
Asap perih kan merupakan pertanda campuran bahan bakar dan udara yang dibakar di ruang bakar tidak mantap perbandingannya.
Setelah terlepas, gunakan jari atau obeng untuk mendorong bilah AFM, dorong pelan, bila terasa ada halangan, artinya ada kotoran yang menghambat si bilah bergerak bebas.
Jangan biasakan otak atik pegas atau gigi yang di dalam AFM. Setelan itu kan sudah diatur dari pabriknya. Sudah jos gandos. Yang perlu dan boleh disetel sebenarnya sekrup yang disamping AFM. Itupun nyetelnya harus dengan bantuan alat yang sensornya dimasukkan ke lubang knalpot. Tanpa bantuan alat itu, susah diperoleh ukuran yang pas.
Asap perih kan merupakan pertanda campuran bahan bakar dan udara yang dibakar di ruang bakar tidak mantap perbandingannya.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Buat ngecek tersendat atau tidaknya bilah AFM harus dicopot dulu AFM dari kotak saringan udara. Buka baut2 yang mengikat AFM ke kotak saringan udara.
Setelah terlepas, gunakan jari atau obeng untuk mendorong bilah AFM, dorong pelan, bila terasa ada halangan, artinya ada kotoran yang menghambat si bilah bergerak bebas.
Jangan biasakan otak atik pegas atau gigi yang di dalam AFM. Setelan itu kan sudah diatur dari pabriknya. Sudah jos gandos. Yang perlu dan boleh disetel sebenarnya sekrup yang disamping AFM. Itupun nyetelnya harus dengan bantuan alat yang sensornya dimasukkan ke lubang knalpot. Tanpa bantuan alat itu, susah diperoleh ukuran yang pas.
Asap perih kan merupakan pertanda campuran bahan bakar dan udara yang dibakar di ruang bakar tidak mantap perbandingannya.
oh bgitu om,,ok2 nanti saya coba om....ijin copas y om and print..hehe
sekarng lg nyari cara buka pintu mobi/kap mesin dulu soalnya kunci mobil trtinggal di mesin
thank u y om
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Kalau kunci tertinggal di mesin, tinggal buka kap mesin saja kan?
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Kalau kunci tertinggal di mesin, tinggal buka kap mesin saja kan?
iya tpi saya khan kg bisa masuk ke dalam mobil om buat buka kap mesin e30 m40 ane,,pintu mobil kekunci juga soalnya,,,, ini yang ane bingung, tuh mobil mpe skrang ngejogrok kehujanan di tempat parkir,,,,hehe
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Check PM.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Check PM.
ok om,,,meluncurrrr...nuhun om..
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Buat ngecek tersendat atau tidaknya bilah AFM harus dicopot dulu AFM dari kotak saringan udara. Buka baut2 yang mengikat AFM ke kotak saringan udara.
Setelah terlepas, gunakan jari atau obeng untuk mendorong bilah AFM, dorong pelan, bila terasa ada halangan, artinya ada kotoran yang menghambat si bilah bergerak bebas.
Jangan biasakan otak atik pegas atau gigi yang di dalam AFM. Setelan itu kan sudah diatur dari pabriknya. Sudah jos gandos. Yang perlu dan boleh disetel sebenarnya sekrup yang disamping AFM. Itupun nyetelnya harus dengan bantuan alat yang sensornya dimasukkan ke lubang knalpot. Tanpa bantuan alat itu, susah diperoleh ukuran yang pas.
Asap perih kan merupakan pertanda campuran bahan bakar dan udara yang dibakar di ruang bakar tidak mantap perbandingannya.
om p4ri ane blm melakukan yang diatas ini...ane masih cari leam seal untuk nanti masang afm....
kalo pake leam seal untuk kaca aquarium gitu bisa kg y om ?...
nah kmren khan ane cuti setelah kasus kunci tertinggal di dalam mobil, sekitar 8 hari cuti,,
selama di bandung ane beli part2 antara lain saringangan bensin, dan koil bremi...
ternyata ukuran koil bremi lebih besar dri pada bosch yg ane punya, alhasil ane bingung cari dudukan untuk koilnya,,,akhrnya ane pasang aja seadanya dulu kebetual platnya tebal jadi koil-nya terkunci cukup keras...
nah saat distater nih mobil ndak ndut2an lagi,,,alhamdulilah ternyata koilnya yg bermasalah,,hihi,,,,,,tpi masih ada dikit halus banget ndut2an itu klo dibejek tiba2,,,kata montir ane coba di stel angin-nya,,,karena memang knalpot perih,,,biasanya kg pernah seperti ini,,,,ane puter2 ndut2an semakin hlus tak terasa tpi klo dibejek tiba2 ndut2an sebentar,,,
kira2 stelan angin yang harus distel lg atau gerigi y ?...emang sih kg boleh sembarangan oprek,,,tpi disini kg bengkel BMW, ane aja telpon2nan ma montir ane di bandung,,,dia saranin sih ubah posisi gerigi 2 kebelakang atau 2 kedepan trus stel angin...dan jangan lupa ditandai posisi awal-nya biar ada pa2 bisa dibalikin lg,,,
ada yg tau trik untuk stel gerigi dan angin afm ?...
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Sukur kalau endut-endutan sudah tereduksi dengan penggantian koil.
Untuk apa cari sealant? Untuk mengunci sekrup agar kencang pakai thread locker.
Untuk apa cari sealant? Untuk mengunci sekrup agar kencang pakai thread locker.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Sukur kalau endut-endutan sudah tereduksi dengan penggantian koil.
Untuk apa cari sealant? Untuk mengunci sekrup agar kencang pakai thread locker.
iya nih om,,,tp tetep kg enak juga klo misalkan pengen geber2an bejek gas tiba2 langsung poll suka kaya los gitu jadi ada jeda...
oia, thread locker itu beli dimana y ?....klo boleh tau bahasa umum di toko apa y ?...sama merk-nya yg biasa dipakai,,,hehe
hatur thank u om...
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Halaman 2 dari 3 • 1, 2, 3
Similar topics
» bunyi dengung di bagian belakang ban kiri
» Asap pputih
» Bunyi dengung pada transmisi E36
» Bunyi dengung
» Bunyi dengung
» Asap pputih
» Bunyi dengung pada transmisi E36
» Bunyi dengung
» Bunyi dengung
Halaman 2 dari 3
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 16 Jun 2022 - 6:50 by Wisnu85
» Speed Limit BMW E90 2008
Tue 14 Jun 2022 - 21:32 by TheMechanic
» Video Obat Aborsi Cytotec ( 08991026699 ) Jual Obat Aborsi Layanan Pesan Cod Bayar Ditempat
Tue 14 Jun 2022 - 8:47 by asamara
» RPM naik sendiri
Sun 24 Apr 2022 - 14:11 by yudhistiraw
» Obat Penggugur Kandungan - kesuburan Setelah Mengunakan Obat Aborsi Cytotec
Sat 23 Apr 2022 - 9:34 by asamara
» Jual Obat Aborsi - Mengetahui Efek Cytotec Penggugur Kandungan Dan Kesuburan
Sat 23 Apr 2022 - 9:18 by asamara
» Obat Penggugur Kandungan Cytotec - Efek Aborsi Usia Kehamilan 1-8 Bulan
Sat 23 Apr 2022 - 9:02 by asamara
» Kedala bmw e36 m43
Fri 22 Apr 2022 - 4:39 by Hery
» Kenalpot berasap saat mobil 523i e60 di panasin
Tue 19 Apr 2022 - 7:51 by E60Sentris