Pencarian
Latest topics
Social bookmarking
Most active topics
bengkel bmw tegal sekitarnya
Tue 5 Mar 2013 - 23:05 by maxall
malem master semua ,saya anggota baru,baru punya bmw juga, 320i 94 matik,baru semingguan,mau nyari bangkel yang bagus untuk daerah tegal dan sekitarnya.
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
Comments: 7
Macet total prngapian busi
Tue 10 Dec 2019 - 8:34 by Herman d
Salam kenal semua. Mohon bantu gan, BMW sy 318i thn 1992. Bermasalah dgn pengapian busi tdk ada,semburan bahan bakar ke injeksi tdk ada dan arus listrik dri fuse puel pump sampai kekabel fuel pump tdk ada. Tetapi fuel pump normal hidup kalau disambung langsung lewat aki tetapi bahan bakar tetap tdk ada keinjeksi. Mohon bamtuan sulusinya gan. Kerimakasi
Herman d
Herman d
Comments: 0
530i matic ngebul
Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste
permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih
Comments: 0
520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.
Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara
selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Comments: 10
CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36
Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe
Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
Comments: 1
bmw_520i_e34_1991
Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82
salam kenal.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
Comments: 6
Mesin tidak mau hidup
Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung
Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Comments: 4
Mohon Bantuan
Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks
Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
Comments: 1
AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati
Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe
Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Comments: 3
dengung di belakang ( E30 m40 )
+5
Sigit Ario
p4ri
abink
Uut Twista
kumin
9 posters
Halaman 1 dari 3
Halaman 1 dari 3 • 1, 2, 3
dengung di belakang ( E30 m40 )
Malam om2,,,,
mohon bantuannya nih,,,selama ini ane hanya baca2 info disini,,dan sekarang ane ada masalah dengan biem ane,,,
BMW e30 m40 thun 90...
masalahnya ,
1. Kalo kunci kontak dinyalain, ada bunyi seperti dengung kecil sih,,tpi jadi penanda buat ane kapan harus stater,,nunggu mengecil suaranya baru stater,,hehe..normal kg y ?
2.kalo udah nyalan mesinnya,,,seperti ada bunyi dengung di belakang , padahal kendaraan dalam keadaan diam...klo udah jalan sih ketutup ama suara audio
3.mendekati rpm 3000 pasti ndut2an ini mobil kaya bensin yg ndak ngucur,,,tapi klo ane pindah gigi ke rendah terus di bejek poll gas-nya ndut2an bentar habis itu narik lgi nih mobil...
4.temperatur mobil ane selalu deket dengan tanda kotak biru om,,,kg pernah setengah,,,sementara dari beberapa info yg ane dapat,,,harusnya posisi jarum temperatur ada ditengah2 y ?... apakah yg harus ane ganti om ?
makasih y om2 sebelumnya udah mau baca dan bantu ane,,,,
nuhun,,,,
mohon bantuannya nih,,,selama ini ane hanya baca2 info disini,,dan sekarang ane ada masalah dengan biem ane,,,
BMW e30 m40 thun 90...
masalahnya ,
1. Kalo kunci kontak dinyalain, ada bunyi seperti dengung kecil sih,,tpi jadi penanda buat ane kapan harus stater,,nunggu mengecil suaranya baru stater,,hehe..normal kg y ?
2.kalo udah nyalan mesinnya,,,seperti ada bunyi dengung di belakang , padahal kendaraan dalam keadaan diam...klo udah jalan sih ketutup ama suara audio
3.mendekati rpm 3000 pasti ndut2an ini mobil kaya bensin yg ndak ngucur,,,tapi klo ane pindah gigi ke rendah terus di bejek poll gas-nya ndut2an bentar habis itu narik lgi nih mobil...
4.temperatur mobil ane selalu deket dengan tanda kotak biru om,,,kg pernah setengah,,,sementara dari beberapa info yg ane dapat,,,harusnya posisi jarum temperatur ada ditengah2 y ?... apakah yg harus ane ganti om ?
makasih y om2 sebelumnya udah mau baca dan bantu ane,,,,
nuhun,,,,
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
kumin wrote:Malam om2,,,,
mohon bantuannya nih,,,selama ini ane hanya baca2 info disini,,dan sekarang ane ada masalah dengan biem ane,,,
BMW e30 m40 thun 90...
masalahnya ,
1. Kalo kunci kontak dinyalain, ada bunyi seperti dengung kecil sih,,tpi jadi penanda buat ane kapan harus stater,,nunggu mengecil suaranya baru stater,,hehe..normal kg y ?
2.kalo udah nyalan mesinnya,,,seperti ada bunyi dengung di belakang , padahal kendaraan dalam keadaan diam...klo udah jalan sih ketutup ama suara audio
3.mendekati rpm 3000 pasti ndut2an ini mobil kaya bensin yg ndak ngucur,,,tapi klo ane pindah gigi ke rendah terus di bejek poll gas-nya ndut2an bentar habis itu narik lgi nih mobil...
4.temperatur mobil ane selalu deket dengan tanda kotak biru om,,,kg pernah setengah,,,sementara dari beberapa info yg ane dapat,,,harusnya posisi jarum temperatur ada ditengah2 y ?... apakah yg harus ane ganti om ?
makasih y om2 sebelumnya udah mau baca dan bantu ane,,,,
nuhun,,,,
ada di lapak sebelah om "Masalah Umum:
Uut Twista- Jumlah posting : 12
Reputation : 0
Join date : 14.12.11
Lokasi : Yogyakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Bro kumin..
Coba jawab ya..
Untuk no.1-3, kalo dari gejala yang diceritakan, penyebabnya dari pompa bensin (fuel pump). Apalagi kalo suara dengungnya dari kanan belakang. Mungkin fuel pump sudah mulai lemah.
Untuk no.4, selagi gak bermasalah dengan itu, kenapa harus diganti..? Mobil ane juga E30 M40 tahun '90 dan tempraturnya jg deket dgn kotak biru. Power gak bermasalah, konsumsi bbm jg irit jadi gak perlu pusing2 mikirinnya. Tp kalo dirasa masih ngeganjel, coba aja ganti thermostat dgn yang angkanya lebih rendah, 77 atau 78.
Semoga membantu..
Coba jawab ya..
Untuk no.1-3, kalo dari gejala yang diceritakan, penyebabnya dari pompa bensin (fuel pump). Apalagi kalo suara dengungnya dari kanan belakang. Mungkin fuel pump sudah mulai lemah.
Untuk no.4, selagi gak bermasalah dengan itu, kenapa harus diganti..? Mobil ane juga E30 M40 tahun '90 dan tempraturnya jg deket dgn kotak biru. Power gak bermasalah, konsumsi bbm jg irit jadi gak perlu pusing2 mikirinnya. Tp kalo dirasa masih ngeganjel, coba aja ganti thermostat dgn yang angkanya lebih rendah, 77 atau 78.
Semoga membantu..
abink- Jumlah posting : 54
Reputation : 0
Join date : 20.04.10
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Bukannya kalau thermostat tidak sesuai dengan spesifikasi bisa bikin mesin boros karena ECU mengira kondisi mesin masih dingin dan mengaktifkan perangkat seperti "choke" di motor yang berkarburasi?
Kalau menurut primbon, http://bmwfans.info/parts/catalog/E30/4-doors/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/april/browse/engine/waterpump_thermostat/ , thermostat M40 semestinya pakai thermostat 88° C. Tp boleh saja diganti dengan pakai thermostat si bintang yang 87° C.
Harga per Juli 2010 di Semarang adalah Rp. 135.000,- Kebetulan ganti saat ganti timing belt. Konon dianjurkan sekalian ganti water pump dan thermostat saat ganti timing belt. Sekalian ngerjainnya. Bro Sigit yang punya bengkel tentu lebih tahu.
Kalau menurut primbon, http://bmwfans.info/parts/catalog/E30/4-doors/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/april/browse/engine/waterpump_thermostat/ , thermostat M40 semestinya pakai thermostat 88° C. Tp boleh saja diganti dengan pakai thermostat si bintang yang 87° C.
Harga per Juli 2010 di Semarang adalah Rp. 135.000,- Kebetulan ganti saat ganti timing belt. Konon dianjurkan sekalian ganti water pump dan thermostat saat ganti timing belt. Sekalian ngerjainnya. Bro Sigit yang punya bengkel tentu lebih tahu.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Uut Twista wrote:kumin wrote:Malam om2,,,,
mohon bantuannya nih,,,selama ini ane hanya baca2 info disini,,dan sekarang ane ada masalah dengan biem ane,,,
BMW e30 m40 thun 90...
masalahnya ,
1. Kalo kunci kontak dinyalain, ada bunyi seperti dengung kecil sih,,tpi jadi penanda buat ane kapan harus stater,,nunggu mengecil suaranya baru stater,,hehe..normal kg y ?
2.kalo udah nyalan mesinnya,,,seperti ada bunyi dengung di belakang , padahal kendaraan dalam keadaan diam...klo udah jalan sih ketutup ama suara audio
3.mendekati rpm 3000 pasti ndut2an ini mobil kaya bensin yg ndak ngucur,,,tapi klo ane pindah gigi ke rendah terus di bejek poll gas-nya ndut2an bentar habis itu narik lgi nih mobil...
4.temperatur mobil ane selalu deket dengan tanda kotak biru om,,,kg pernah setengah,,,sementara dari beberapa info yg ane dapat,,,harusnya posisi jarum temperatur ada ditengah2 y ?... apakah yg harus ane ganti om ?
makasih y om2 sebelumnya udah mau baca dan bantu ane,,,,
nuhun,,,,
ada di lapak sebelah om "Masalah Umum:
iya om maaf salah posting
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
abink wrote:Bro kumin..
Coba jawab ya..
Untuk no.1-3, kalo dari gejala yang diceritakan, penyebabnya dari pompa bensin (fuel pump). Apalagi kalo suara dengungnya dari kanan belakang. Mungkin fuel pump sudah mulai lemah.
Untuk no.4, selagi gak bermasalah dengan itu, kenapa harus diganti..? Mobil ane juga E30 M40 tahun '90 dan tempraturnya jg deket dgn kotak biru. Power gak bermasalah, konsumsi bbm jg irit jadi gak perlu pusing2 mikirinnya. Tp kalo dirasa masih ngeganjel, coba aja ganti thermostat dgn yang angkanya lebih rendah, 77 atau 78.
Semoga membantu..
haturn nuhun om untuk bantuannya,,, oh fuel pump....kalo ganti punya jepang bisa ndak y om ? siapa tau lebih murah jepang punya,,,soalna,,disini bengkel spesialis mobil eropa kg ada euy, hanya jepang aje,,,,
hehe kg bermasalah sih om,,,tpi ane untuk pergi perjalanan sepanjang 50km itu harus mengeluarkan duit 50 rebu om,,,PP 100rebu...jalannya memang kg seperti Jakarta yg macet,,,lancar disini terbilang sepi malah,,,makanya selalu 100 km/jam biasanya...
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Bukannya kalau thermostat tidak sesuai dengan spesifikasi bisa bikin mesin boros karena ECU mengira kondisi mesin masih dingin dan mengaktifkan perangkat seperti "choke" di motor yang berkarburasi?
Kalau menurut primbon, http://bmwfans.info/parts/catalog/E30/4-doors/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/april/browse/engine/waterpump_thermostat/ , thermostat M40 semestinya pakai thermostat 88° C. Tp boleh saja diganti dengan pakai thermostat si bintang yang 87° C.
Harga per Juli 2010 di Semarang adalah Rp. 135.000,- Kebetulan ganti saat ganti timing belt. Konon dianjurkan sekalian ganti water pump dan thermostat saat ganti timing belt. Sekalian ngerjainnya. Bro Sigit yang punya bengkel tentu lebih tahu.
iya itu diah om,,,saya pernah baca...suatu mesin itu akan mendapatan kinerja yg optimal harus memiliki panas mesin yang optimal juga,,,
cara nge-chek berapa derajat thermostat yg kita pakai gmana y om ?...soalna dri awal sya angkat ni mobil kg pernah ganti2 thermostat...
waduh saya bulan kmren baru ganti timing belt om.... 135.000 itu harga part-nya y om ? ori kah?... ada biaya lainya kg om ?
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Hadew Bro pari....saya mah gak punya bengkel......cuma kios...xixixixixi
untuk referensi aja, Motronic ambil semua parameter untuk nentuin besaran bensin yang harus dikucurin dari sensor suhu....betul kata bro pari.....nah klo penunjukan di instrument cluster dibawah setengah....namun dirasa tenaga mesin Lueeeebbbhhhh....bisa jadi temperature sensor yang socket Biru....sedikit ngaco....
untuk suara dengung seperti tawon, bisa jadi Fuel pump rusak, nah sebelum nentuin FP rusak, mending check Pressurenya dulu....klo lemah ya siap2 ganti baru....
Pernah nemu juga modifikasi dari mobil jepun...cuman lupa dimana orangnya sekarang....
untuk referensi aja, Motronic ambil semua parameter untuk nentuin besaran bensin yang harus dikucurin dari sensor suhu....betul kata bro pari.....nah klo penunjukan di instrument cluster dibawah setengah....namun dirasa tenaga mesin Lueeeebbbhhhh....bisa jadi temperature sensor yang socket Biru....sedikit ngaco....
untuk suara dengung seperti tawon, bisa jadi Fuel pump rusak, nah sebelum nentuin FP rusak, mending check Pressurenya dulu....klo lemah ya siap2 ganti baru....
Pernah nemu juga modifikasi dari mobil jepun...cuman lupa dimana orangnya sekarang....
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Bro kumin..
Nah tu, para suhu dah angkat bicara, hehe..
Salam..
Nah tu, para suhu dah angkat bicara, hehe..
Salam..
abink- Jumlah posting : 54
Reputation : 0
Join date : 20.04.10
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Sigit Ario wrote:Hadew Bro pari....saya mah gak punya bengkel......cuma kios...xixixixixi
untuk referensi aja, Motronic ambil semua parameter untuk nentuin besaran bensin yang harus dikucurin dari sensor suhu....betul kata bro pari.....nah klo penunjukan di instrument cluster dibawah setengah....namun dirasa tenaga mesin Lueeeebbbhhhh....bisa jadi temperature sensor yang socket Biru....sedikit ngaco....
untuk suara dengung seperti tawon, bisa jadi Fuel pump rusak, nah sebelum nentuin FP rusak, mending check Pressurenya dulu....klo lemah ya siap2 ganti baru....
Pernah nemu juga modifikasi dari mobil jepun...cuman lupa dimana orangnya sekarang....
wah nambah ilmu lagi,,,nuhun om,,,
bulan lalu sih pernah ke bengkel waktu di bandung dan di check emang lemah, tpi masih bisa dipake,,,sama montir-nya di check pressurenya,,,dan memang bulan lalu kg ada masalah,,,saya pake ke JKT, BGR dan Pelabuhan Ratu kg ada masalah ndut2an dan bunyi tawon
giliran nih mobil udah ane bawa ke Pulau Bangka, baru dah tuh ndut2an dan bunyi dengun tawon..
menurut om, berapa lama y om ni pompa bertahan kalo saya bwanya santai dibawah 100km/jam ?...saya pake hanya harian dalam komplek saja itung2 manasin mobil dan sabtu/minggu ke kota (60km)...
mau ganti tpi nunggu gajian,,,tadi check harga pompa bensin mahal juga... 1,5jt blm ongkir.... hehe maklum masih pegawai
nuhun y om2,,,,
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
abink wrote:Bro kumin..
Nah tu, para suhu dah angkat bicara, hehe..
Salam..
iya om...akhrnya ada pencerahan dari om2 disini,,,hatur thank u pisan ...
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Bro Kumin,
Kalau timing belt seharga yang saya sebut itu bukan ORI, kalau ORI ya beli di bengkel resmi.
Kalau thermostat, harus buka dulu dari rumahnya lalu diintip berapa nilai yang tertera disitu. Biasanya ditulis di tepi thermostat. Gak bisa dikira-kira.
Untuk fuel pump, setuju dengan bro Sigit, diperiksa dulu tekanannya. Kalau kurang dari 3.0 bar ya perlu diganti. Jangan lupa diperiksa juga relai yang tersembunyi di balik plastik hitam yang nempel di firewall di bawah kaca depan. Konon ada yang sudah berhasil pakai motor pompa dari SUSIKU Es***o yang merek DE*SO. Tp perlu solder yang teliti. Caranya bisa dibaca di http://www.riyandi.org/2008/11/10/e30-fuel-pump-modification/ .
Semoga membantu.
Kalau timing belt seharga yang saya sebut itu bukan ORI, kalau ORI ya beli di bengkel resmi.
Kalau thermostat, harus buka dulu dari rumahnya lalu diintip berapa nilai yang tertera disitu. Biasanya ditulis di tepi thermostat. Gak bisa dikira-kira.
Untuk fuel pump, setuju dengan bro Sigit, diperiksa dulu tekanannya. Kalau kurang dari 3.0 bar ya perlu diganti. Jangan lupa diperiksa juga relai yang tersembunyi di balik plastik hitam yang nempel di firewall di bawah kaca depan. Konon ada yang sudah berhasil pakai motor pompa dari SUSIKU Es***o yang merek DE*SO. Tp perlu solder yang teliti. Caranya bisa dibaca di http://www.riyandi.org/2008/11/10/e30-fuel-pump-modification/ .
Semoga membantu.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Bro Kumin,
Kalau timing belt seharga yang saya sebut itu bukan ORI, kalau ORI ya beli di bengkel resmi.
Kalau thermostat, harus buka dulu dari rumahnya lalu diintip berapa nilai yang tertera disitu. Biasanya ditulis di tepi thermostat. Gak bisa dikira-kira.
Untuk fuel pump, setuju dengan bro Sigit, diperiksa dulu tekanannya. Kalau kurang dari 3.0 bar ya perlu diganti. Jangan lupa diperiksa juga relai yang tersembunyi di balik plastik hitam yang nempel di firewall di bawah kaca depan. Konon ada yang sudah berhasil pakai motor pompa dari SUSIKU Es***o yang merek DE*SO. Tp perlu solder yang teliti. Caranya bisa dibaca di http://www.riyandi.org/2008/11/10/e30-fuel-pump-modification/ .
Semoga membantu.
oh harga timing belt, saya kirain harga thermostat om,,hehe,,
oh bgitu, ntar deh saya cari tutorial untuk2 pasang thermostat,,,biar lebih enak ada panduannya,,,
tadi baru saya isi bensin lagi nih, seblmnya dibawah 20 liter,,,tadi saya isi lagi, niatnya sih mau full tank tpi bensin premium disini lagi pada habis, kepaksa isi pertamax 7 liter,,,dan skrang naek di atas 20 liter dikit,,,
cuman ndut2an-nya jadi jarang,,,apa karena pertamax ? atau karena kondisi tanki bensin yang di atas 20 liter y om ?...jadi pompa bensin kg berat narik bensinnya,,, hehe IMHO ,,,,
wah boleh saya coba nih, nanti sya coba print ah caranya, trus ta kasih ke bengkel ane di bangka,,,mudah2an dia sanggup mengapplikasikan-nya....thank u om link-nya,,,,
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Jangan biasakan membiarkan isi bbm kurang dari setengah tangki. Kasihan pompa bbm yang kurang pendinginan karena bbm selain sebagai bahan bakar untuk kendaraan, juga berfungsi untuk mendinginkan pompa bbm.
Kalau ndut2 an jadi jarang karena isi pertamax, kemungkinan si ruang bakar kotor. Coba bersihkan dulu. Kalau pengen sip ya turun mesin setengah. Kalau pengen kurang sip, bejek di gigi 3 dengan RPM 3000 selama 10-15 menit. Untuk mengurangi kerak karbon di ruang bakar. Sebagaimana disebut di buku manual pemilik kendaraan.
It is a good idea to follow extended
periods of low-speed operation (dense
urban traffic, stop-and-go driving) by
maintaining an engine speed consistently
above 3,000 rpm for several
miles. This procedure helps prevent
deposits from accumulating in the
engine.
Kalau ndut2 an jadi jarang karena isi pertamax, kemungkinan si ruang bakar kotor. Coba bersihkan dulu. Kalau pengen sip ya turun mesin setengah. Kalau pengen kurang sip, bejek di gigi 3 dengan RPM 3000 selama 10-15 menit. Untuk mengurangi kerak karbon di ruang bakar. Sebagaimana disebut di buku manual pemilik kendaraan.
It is a good idea to follow extended
periods of low-speed operation (dense
urban traffic, stop-and-go driving) by
maintaining an engine speed consistently
above 3,000 rpm for several
miles. This procedure helps prevent
deposits from accumulating in the
engine.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Jangan biasakan membiarkan isi bbm kurang dari setengah tangki. Kasihan pompa bbm yang kurang pendinginan karena bbm selain sebagai bahan bakar untuk kendaraan, juga berfungsi untuk mendinginkan pompa bbm.
Kalau ndut2 an jadi jarang karena isi pertamax, kemungkinan si ruang bakar kotor. Coba bersihkan dulu. Kalau pengen sip ya turun mesin setengah. Kalau pengen kurang sip, bejek di gigi 3 dengan RPM 3000 selama 10-15 menit. Untuk mengurangi kerak karbon di ruang bakar. Sebagaimana disebut di buku manual pemilik kendaraan.
It is a good idea to follow extended
periods of low-speed operation (dense
urban traffic, stop-and-go driving) by
maintaining an engine speed consistently
above 3,000 rpm for several
miles. This procedure helps prevent
deposits from accumulating in the
engine.
hmm, iya sih om, akhr2 ini bensin selalu 20 liter saja , karena saya sempat berfikir klo full tank dan mobil dipake seminguu hanya 2 kali ngeri malah berkerak atau meninggalkan endapan di bawah tangki,,,hehe,,,maklum awam ane,,hehe,,,
iya jadi jarang om...walau masih ndut2an,,,hehe
kalo turun mesin bulan 3 tahun ini udah turun mesin om pa4ri...itu gigi 3 rpm 3000 y om ? harus sambil dalam perjalanan berarti...klo saat pagi2 manasin mobil gmana om dalam kondisi netral bejek gas di rpm 3000 ?....bisa ndak tuh ?...
thank u om p4ri bantuannya,,,
btw om p4ri punya bengkel ?..
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
bro....coba pake Italian tuning....bawa di tol gear 2 bejek gas sampe rpm red line.......kira2 1 menit aja.....
sebelumnya BBM bisa dicampur dengan cairan Injector cleaner....
saat turun mesin kemarin apakah AFM di check juga? atau dilakukan setting ulang? bisa jadi karena AFM salah seting mesin jadi ajrut ajrutan......moga membantu
sebelumnya BBM bisa dicampur dengan cairan Injector cleaner....
saat turun mesin kemarin apakah AFM di check juga? atau dilakukan setting ulang? bisa jadi karena AFM salah seting mesin jadi ajrut ajrutan......moga membantu
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Bro Kumin..
Maksud bro P4ri dan bro Sigit tujuannya untuk buang kerak yang ada di ruang bakar. Istilahnya Italian Tune Up. Digeber pada gigi rendah (gigi 2) pada rpm rentang 3000 s/d 5000 selama 10 menit atau lebih atau hingga redline selama +/- 1 menit. Dilakukan sambil jalan dengan tujuan mesin tidak terlalu panas krn terbantu dengan pendinginan dari angin yang masuk ke ruang mesin (panas bersirkulasi dengan angin yg masuk).
Kalo dilakukan dalam keadaan mobil diam (tidak jalan) apalagi di garasi yang notabene bukan ruangan terbuka, rasanya kasian mesin dengan panas yang tidak bersirkulasi.
Saya jg pernah Italian Tune Up setelah konsul dan dpt saran dr bro P4ri. Waktu itu setelah bersih2 ruang bakar dengan engine conditioner tp mesin malah jadi berat. Setelah Italian Tune Up, hasilnya lebih enteng..
Salam..
Maksud bro P4ri dan bro Sigit tujuannya untuk buang kerak yang ada di ruang bakar. Istilahnya Italian Tune Up. Digeber pada gigi rendah (gigi 2) pada rpm rentang 3000 s/d 5000 selama 10 menit atau lebih atau hingga redline selama +/- 1 menit. Dilakukan sambil jalan dengan tujuan mesin tidak terlalu panas krn terbantu dengan pendinginan dari angin yang masuk ke ruang mesin (panas bersirkulasi dengan angin yg masuk).
Kalo dilakukan dalam keadaan mobil diam (tidak jalan) apalagi di garasi yang notabene bukan ruangan terbuka, rasanya kasian mesin dengan panas yang tidak bersirkulasi.
Saya jg pernah Italian Tune Up setelah konsul dan dpt saran dr bro P4ri. Waktu itu setelah bersih2 ruang bakar dengan engine conditioner tp mesin malah jadi berat. Setelah Italian Tune Up, hasilnya lebih enteng..
Salam..
abink- Jumlah posting : 54
Reputation : 0
Join date : 20.04.10
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Saya gak punya bengkel kok.
Pakai BMW gak perlu ritual pemanasan. Gak ditulis di buku manual pemilik.
Biasanya saya start mobil, buka pintu garasi dan gerbang, keluarin mobil deh ke jalan lalu nutup pintu sambil mesin nyala. Selesai tutup pintu lsg ngacir. Nggak ada masalah tuh.
Kalau mau ritual Italian tune up, betul seperti ditulis bro Abink. Geber abis. Lebih sip kalau di tol saat malam atau dini hari. Tp jangan di tol Semarang-Ungaran. Ngeri, banyak kabut kalau malam hari.
Pakai BMW gak perlu ritual pemanasan. Gak ditulis di buku manual pemilik.
Biasanya saya start mobil, buka pintu garasi dan gerbang, keluarin mobil deh ke jalan lalu nutup pintu sambil mesin nyala. Selesai tutup pintu lsg ngacir. Nggak ada masalah tuh.
Kalau mau ritual Italian tune up, betul seperti ditulis bro Abink. Geber abis. Lebih sip kalau di tol saat malam atau dini hari. Tp jangan di tol Semarang-Ungaran. Ngeri, banyak kabut kalau malam hari.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Sigit Ario wrote:bro....coba pake Italian tuning....bawa di tol gear 2 bejek gas sampe rpm red line.......kira2 1 menit aja.....
sebelumnya BBM bisa dicampur dengan cairan Injector cleaner....
saat turun mesin kemarin apakah AFM di check juga? atau dilakukan setting ulang? bisa jadi karena AFM salah seting mesin jadi ajrut ajrutan......moga membantu
waduh italian tuning,,,istilah baru denger ane,,,hehe...
gear 2 dibejek sampai redline ?...aman tuh om ?...soalnya saat rpm 3000 suka ndut2an,,,jadi paksa terus mpe redline y selama 1 menit...baru pindah gear 3....gitu y....
Injector Cleaner ntar ane cari...saat ini sih ni mobil dah di oplos premium 10 liter + 19liter pertamax soalna premium habis disini...kg pa2 y langsung campur Injector Cleaner...
AFM memang karbonnya baret2 waktu turun mesin, tpi saya biarkan saja karena kg ndut2an, malah larinya jadi ngibrit nih mbil enteng banget...nah sesudah lebaran ane service AFM di bengkel spesialis BMW bandung, di re-karbon,,,selama di bandung pake kg ndut2an,,krena selalu full tank di bandung,
berhubung ane kerja di bangka, ni mobil dibawa ke bangka lewat priok, saat mpe bogor nih mobil mulai ndut2an ane liat bensin memang di bawah 20 liter,,tpi masih bisa dipake depok-bogor PP ... sampai bogor ane isi sampe jarumnya nunjuk ke 30....tpi ternyata masih ndut2an...dri situ smpe skrng masih ndut2an,,,
sekarang ndak terlalu sering ndut2an sesudah oplos pertamax,,,ndut2an-nya halus,,,hehe
jadi panjang ceritanya,,hehe,,,maaf y
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
abink wrote:Bro Kumin..
Maksud bro P4ri dan bro Sigit tujuannya untuk buang kerak yang ada di ruang bakar. Istilahnya Italian Tune Up. Digeber pada gigi rendah (gigi 2) pada rpm rentang 3000 s/d 5000 selama 10 menit atau lebih atau hingga redline selama +/- 1 menit. Dilakukan sambil jalan dengan tujuan mesin tidak terlalu panas krn terbantu dengan pendinginan dari angin yang masuk ke ruang mesin (panas bersirkulasi dengan angin yg masuk).
Kalo dilakukan dalam keadaan mobil diam (tidak jalan) apalagi di garasi yang notabene bukan ruangan terbuka, rasanya kasian mesin dengan panas yang tidak bersirkulasi.
Saya jg pernah Italian Tune Up setelah konsul dan dpt saran dr bro P4ri. Waktu itu setelah bersih2 ruang bakar dengan engine conditioner tp mesin malah jadi berat. Setelah Italian Tune Up, hasilnya lebih enteng..
Salam..
wah om pernah italian tuning juga ?...berarti aman y om ?...sya ngerinya saat bejek gitu pompa bensin langsung mati,,, bisa2 ane ngesot nih,,,jalanan disini panjang tapi sepi kg ada penduduk,,,
bener juga y,,,ane kg kepikiran keisitu,,,iya yah jadi kebantu angin untuk mendinginkan mesin,,,,
thank u om,,,bulatkan tekad untuk italian tune up,,,hehe
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Saya gak punya bengkel kok.
Pakai BMW gak perlu ritual pemanasan. Gak ditulis di buku manual pemilik.
Biasanya saya start mobil, buka pintu garasi dan gerbang, keluarin mobil deh ke jalan lalu nutup pintu sambil mesin nyala. Selesai tutup pintu lsg ngacir. Nggak ada masalah tuh.
Kalau mau ritual Italian tune up, betul seperti ditulis bro Abink. Geber abis. Lebih sip kalau di tol saat malam atau dini hari. Tp jangan di tol Semarang-Ungaran. Ngeri, banyak kabut kalau malam hari.
oh sya kirain punya bengkel,,,tpi kayany suka ngoprek mobil y ?...hehe
hah, serius kg ada pemanasan ?... wah googling ah buku manual e30 m40...penasaran , kok bmw kg ada pemanasan...
iya nih, lgi bulatkan tekad untuk italian tune up...itu aman y ke mesin dan khususnya pompa bensin ?...
mau nyoba tpi kondisi full tank kali y,,,biar kg kepanasan pompa bensinnya,,,hehe,,,
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
Mobil saya si ijo yang fotonya suka nongol, jarang ke bengkel kalau gak parah bgt. Kalau pas ada waktu sengang sebisa mungkin diutak-atik sendiri. Sekarang kan banyak info beredar di internet. Tidak seperti saat baru mobil ini 9 th lalu, perlu beli buku Chilton dan Haynes.
Geber saja mobilnya, gak perlu takut mesin bakal kenapa2. Kan sudah di tulis di owner manual bahwasanya mobil perlu digeber untuk mengurangi kerak karbon di ruang bakar.
Tp akan lebih afdol kalau sebelum italian tune up dilakukan ritual bersih2 injektor dulu seperti yang ditunjukkan di https://www.youtube.com/watch?v=VFJlTfHyrUk. Aman saja itu, gak perlu takut rusak. Yang penting seal perlu diganti. Jaga2 kalau rusak saat bongkar pasang injektor. Lalu ganti juga selang-selang pendek dan clamp yang menghubungkan fuel rail dengan pipa BBM.
Geber saja mobilnya, gak perlu takut mesin bakal kenapa2. Kan sudah di tulis di owner manual bahwasanya mobil perlu digeber untuk mengurangi kerak karbon di ruang bakar.
Tp akan lebih afdol kalau sebelum italian tune up dilakukan ritual bersih2 injektor dulu seperti yang ditunjukkan di https://www.youtube.com/watch?v=VFJlTfHyrUk. Aman saja itu, gak perlu takut rusak. Yang penting seal perlu diganti. Jaga2 kalau rusak saat bongkar pasang injektor. Lalu ganti juga selang-selang pendek dan clamp yang menghubungkan fuel rail dengan pipa BBM.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
p4ri wrote:Mobil saya si ijo yang fotonya suka nongol, jarang ke bengkel kalau gak parah bgt. Kalau pas ada waktu sengang sebisa mungkin diutak-atik sendiri. Sekarang kan banyak info beredar di internet. Tidak seperti saat baru mobil ini 9 th lalu, perlu beli buku Chilton dan Haynes.
Geber saja mobilnya, gak perlu takut mesin bakal kenapa2. Kan sudah di tulis di owner manual bahwasanya mobil perlu digeber untuk mengurangi kerak karbon di ruang bakar.
Tp akan lebih afdol kalau sebelum italian tune up dilakukan ritual bersih2 injektor dulu seperti yang ditunjukkan di https://www.youtube.com/watch?v=VFJlTfHyrUk. Aman saja itu, gak perlu takut rusak. Yang penting seal perlu diganti. Jaga2 kalau rusak saat bongkar pasang injektor. Lalu ganti juga selang-selang pendek dan clamp yang menghubungkan fuel rail dengan pipa BBM.
keren tuh om ...tampak depan ada dah mantap...alpina y tuh bemper ama janggut depannya,,,
iya sih om, maklum sya masih baru maen roda 4 thun ini,,,jadi masih ngeri euy,,,belum lagi di daerah saya kerja ini bengkel biem kg ada jadi di awet2,,,hehe
oia tman kantor ada yg bilang disuruh coba carbu spray,,,yg buat bersihin karburatornya,,,emang bisa y di aplikasikan di biem e30 m40 ?... teman sih nyoba ke honda prestige dia sambil dibejek gas langsung semprot,,,
oia mau fr , kmaren nyoba italian tune up,,, pertama nyoba ane kg berani mpe redline cuman mpe 5000, hasilnya masih ndut2an dan tiba2 powerwindows kiri belakang mati kg bisa dinaik turunkan
yang kedua ane coba lagi cuman mpe 6000rpm pas garis redline pertama tpi kg mpe semenit...masih ndut2 juga,,,yang ke-3 ane coba mpe mendekati 7000rpm mpe bunyi mobil raung2 udah mentok kg bisa naik lagi kurang dari 1 menit ane lepas,,,,,, hasilnya tokcer euyyy!! hehe
tadi pagi coba ane bawa jalan sekrng tidak ada ndut2an lagi,,,
thank u om p4ri, ibank, sigit,,,dan om2 lainnya...klo bgitu tinggal check rotak pressure aja y ?...
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
...
permisi para senior.cm mau kasih info ne om.punya saya FP pke punya jepun G*** honda.udah 2 tahun.sampe sekarang masih top cerr om.saya pasang d BonaTronik d godean jogja.
dhiego- Jumlah posting : 21
Reputation : 1
Join date : 27.12.11
Lokasi : semarang
Re: dengung di belakang ( E30 m40 )
dhiego wrote:permisi para senior.cm mau kasih info ne om.punya saya FP pke punya jepun G*** honda.udah 2 tahun.sampe sekarang masih top cerr om.saya pasang d BonaTronik d godean jogja.
itu pasang ori honda punya ?...habis berapa om ?...habis berapa toh om ?...
kumin- Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11
Halaman 1 dari 3 • 1, 2, 3
Similar topics
» bunyi dengung di bagian belakang ban kiri
» Asap pputih
» Bunyi dengung pada transmisi E36
» Bunyi dengung
» Bunyi dengung
» Asap pputih
» Bunyi dengung pada transmisi E36
» Bunyi dengung
» Bunyi dengung
Halaman 1 dari 3
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 16 Jun 2022 - 6:50 by Wisnu85
» Speed Limit BMW E90 2008
Tue 14 Jun 2022 - 21:32 by TheMechanic
» Video Obat Aborsi Cytotec ( 08991026699 ) Jual Obat Aborsi Layanan Pesan Cod Bayar Ditempat
Tue 14 Jun 2022 - 8:47 by asamara
» RPM naik sendiri
Sun 24 Apr 2022 - 14:11 by yudhistiraw
» Obat Penggugur Kandungan - kesuburan Setelah Mengunakan Obat Aborsi Cytotec
Sat 23 Apr 2022 - 9:34 by asamara
» Jual Obat Aborsi - Mengetahui Efek Cytotec Penggugur Kandungan Dan Kesuburan
Sat 23 Apr 2022 - 9:18 by asamara
» Obat Penggugur Kandungan Cytotec - Efek Aborsi Usia Kehamilan 1-8 Bulan
Sat 23 Apr 2022 - 9:02 by asamara
» Kedala bmw e36 m43
Fri 22 Apr 2022 - 4:39 by Hery
» Kenalpot berasap saat mobil 523i e60 di panasin
Tue 19 Apr 2022 - 7:51 by E60Sentris