Pencarian
Latest topics
Social bookmarking
Most active topics
bengkel bmw tegal sekitarnya
Tue 5 Mar 2013 - 23:05 by maxall
malem master semua ,saya anggota baru,baru punya bmw juga, 320i 94 matik,baru semingguan,mau nyari bangkel yang bagus untuk daerah tegal dan sekitarnya.
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
Comments: 7
Macet total prngapian busi
Tue 10 Dec 2019 - 8:34 by Herman d
Salam kenal semua. Mohon bantu gan, BMW sy 318i thn 1992. Bermasalah dgn pengapian busi tdk ada,semburan bahan bakar ke injeksi tdk ada dan arus listrik dri fuse puel pump sampai kekabel fuel pump tdk ada. Tetapi fuel pump normal hidup kalau disambung langsung lewat aki tetapi bahan bakar tetap tdk ada keinjeksi. Mohon bamtuan sulusinya gan. Kerimakasi
Herman d
Herman d
Comments: 0
530i matic ngebul
Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste
permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih
Comments: 0
520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.
Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara
selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Comments: 10
CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36
Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe
Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
Comments: 1
bmw_520i_e34_1991
Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82
salam kenal.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
Comments: 6
Mesin tidak mau hidup
Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung
Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Comments: 4
Mohon Bantuan
Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks
Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
Comments: 1
AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati
Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe
Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Comments: 3
Cegah Ngelitik Juga Hemat Duit
Halaman 1 dari 1
Cegah Ngelitik Juga Hemat Duit
Mungkin kita sering dengar percakapan diluar, beberapa contohnya sbb :
1. BBM dicampur itu tidak bagus, oktannya bisa lebih rendah daripada seharusnya.
2. Lebih baik isi premium 4x, baru kemudian isi pertamax plus 1x, sekaligus untuk membersihkan sisa-sisa pembakaran.
3. BMW itu cocoknya pakai pertamax plus, tenaga bisa drop kalau dipaksakan premium.
4. Atau versi lainnya.
Nah, karena berbagai alasan, bensin Premium yang beroktan 88 masih sering digunakan di mobil-mobil yang seharusnya menuntun oktan diatas 90.
Hanya saja, untuk mengakali agar mesin tidak ngelitik, Premium dicampur dengan Pertamax Plus yang beroktan 95. Bagaimana faktor keamanannya?
Dewasa ini sebenarnya hampir semua pabrikan mobil mensyaratkan penggunaan bahan bakar beroktan diatas 90.
Jika nekat memakai bahan bakar beroktan lebih rendah, resiko pemunculan kerak dalam silinder sangat besar.
Dalam jangka panjang mesin tidak hanya ngelitik tapi juga bakal rusak.
Hanya saja, harga bahan bakar beroktan di atas 90 (Pertamax 92 dan Pertamax Plus 95) masih dianggap mahal oleh sebagian kalangan.
Setidaknya, selisih harganya sangat jauh dibandingkan dengan bensin Premium (Oktan 88) yang disubsidi pemerintah.
Beberapa pihak tak kurang akal. Mereka mengoplos Premium dengan Pertamax Plus agar mendapatkan bahan bakar beroktan di atas 90.
Ada berbagai perbandingan pengoplosan atara Premium dan Pertamax Plus seperti tabel dibawah :
Oktan 88 Oktan 95 Hasil Oktan
1 : 1 91,50
1 : 2 92,70
1 : 3 93,25
2 : 3 92,20
2 : 1 90,30
Harapannya, nilai oktan bisa terangkat. Masalahnya, bagaimana faktor keamanannya?
"Tidak masalah untuk mencampur Premium beroktan 88 dengan Pertamax Plus beroktan 95. Sebab bahan dasar keduanya sama-sama bensin," tegas Abdul Hapid, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Dan dikuatkan oleh pernyataan Dadi Hendriadi, GM Pelayanan teknis PT. Toyota-Astra Motor.
Ada Caranya :
Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M. Eng, Dekan Fakultas Teknik mengaku pernah melakukan penelitian tentang pencampuran bahan bakar beroktan rendah dengan yang lebih tinggi.
Hasilnya, tidak terjadi penggumpalan yang tidak sempurna, alias tetap aman dipakai. Rasio campurannya sederhana.
Dengan volume sama, maka angka oktan tinggal ditambahkan dan dibagi dua.
"Sebenarnya hasilnya tidak sepresisi itu. Ada rumus perhitungannya tersendiri. Tapi hasilnya juga tidak meleset jauh dari perhitungan tersebut."
Contohnya, satu liter bensin beroktan 88 dengan satu liter bensin beroktan 95 akan menghasilkan satu liter bensin beroktan di kisaran 91,5.
Meski begitu, kita juga tidak boleh asal campur.
"Kadar oktan bahan bakar disesuaikan dengan spesifikasi yang diminta mesin. Jika spesifikasinya meminta bahan bakar beroktan 91, ya sebaiknya di angka itu. Kadar oktan kurang tidak bagus, tapi lebih tinggi juga tidak baik," imbuhnya.
Dan sebelum membeli bensin apa yang cocok, harus mengetahui dulu perbandingan kompresi (compression ratio) mesin mobil.
Mobil-mobil model terbaru, umumnya memiliki kompresi tinggi.
Sementara tingginya kompresi memang berkorelasi dengan efisiensi konsumsi bahan bakar dan penurunan kadar emisinya.
Mesin berkompresi tinggi menuntut bensin beroktan tinggi agar bahan bakar tidak cepat terbakar.
Hal ini mutlak diperlukan supaya bensin yang dikompresi tidak meledak duluan sebelum busi memercikan api.
Sebab, jika meledak lebih dulu, akan terjadi dua kali ledakan. Ini jelas membuat umur mesin pendek, boros bensin, knocking, dan mesin terasa ngelitik.
Sebaliknya, tidak semua mesin harus menggunakan bensin beroktan tinggi.
Mesin dengan kompresi rendah, jika diberi bensin oktan tinggi hanya menyebabkan pemborosan uang.
Perbandingan kompresi dan kebutuhan oktannya bisa dilihat di tabel dibawah :
Perbandingan Kompresi Oktan
5:1 72
6:1 81
7:1 87
8:1 92
9:1 96
10:1 100
Jadi, mobil kamu cocoknya yang mana? Silahkan ditimbang masing-masing, karena bibit bebet bobot tiap-tiap individu pasti beda-beda juga kan? Hehehe
Semoga bermanfaat ya juragan, salam dari newbie BMW yang beberapa kali kalah negoisasi. Belum dapet-dapet mobilnya, hihihi.
Thank you..
1. BBM dicampur itu tidak bagus, oktannya bisa lebih rendah daripada seharusnya.
2. Lebih baik isi premium 4x, baru kemudian isi pertamax plus 1x, sekaligus untuk membersihkan sisa-sisa pembakaran.
3. BMW itu cocoknya pakai pertamax plus, tenaga bisa drop kalau dipaksakan premium.
4. Atau versi lainnya.
Nah, karena berbagai alasan, bensin Premium yang beroktan 88 masih sering digunakan di mobil-mobil yang seharusnya menuntun oktan diatas 90.
Hanya saja, untuk mengakali agar mesin tidak ngelitik, Premium dicampur dengan Pertamax Plus yang beroktan 95. Bagaimana faktor keamanannya?
Dewasa ini sebenarnya hampir semua pabrikan mobil mensyaratkan penggunaan bahan bakar beroktan diatas 90.
Jika nekat memakai bahan bakar beroktan lebih rendah, resiko pemunculan kerak dalam silinder sangat besar.
Dalam jangka panjang mesin tidak hanya ngelitik tapi juga bakal rusak.
Hanya saja, harga bahan bakar beroktan di atas 90 (Pertamax 92 dan Pertamax Plus 95) masih dianggap mahal oleh sebagian kalangan.
Setidaknya, selisih harganya sangat jauh dibandingkan dengan bensin Premium (Oktan 88) yang disubsidi pemerintah.
Beberapa pihak tak kurang akal. Mereka mengoplos Premium dengan Pertamax Plus agar mendapatkan bahan bakar beroktan di atas 90.
Ada berbagai perbandingan pengoplosan atara Premium dan Pertamax Plus seperti tabel dibawah :
Oktan 88 Oktan 95 Hasil Oktan
1 : 1 91,50
1 : 2 92,70
1 : 3 93,25
2 : 3 92,20
2 : 1 90,30
Harapannya, nilai oktan bisa terangkat. Masalahnya, bagaimana faktor keamanannya?
"Tidak masalah untuk mencampur Premium beroktan 88 dengan Pertamax Plus beroktan 95. Sebab bahan dasar keduanya sama-sama bensin," tegas Abdul Hapid, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Dan dikuatkan oleh pernyataan Dadi Hendriadi, GM Pelayanan teknis PT. Toyota-Astra Motor.
Ada Caranya :
Prof. Dr. Ir. Bambang Sugiarto, M. Eng, Dekan Fakultas Teknik mengaku pernah melakukan penelitian tentang pencampuran bahan bakar beroktan rendah dengan yang lebih tinggi.
Hasilnya, tidak terjadi penggumpalan yang tidak sempurna, alias tetap aman dipakai. Rasio campurannya sederhana.
Dengan volume sama, maka angka oktan tinggal ditambahkan dan dibagi dua.
"Sebenarnya hasilnya tidak sepresisi itu. Ada rumus perhitungannya tersendiri. Tapi hasilnya juga tidak meleset jauh dari perhitungan tersebut."
Contohnya, satu liter bensin beroktan 88 dengan satu liter bensin beroktan 95 akan menghasilkan satu liter bensin beroktan di kisaran 91,5.
Meski begitu, kita juga tidak boleh asal campur.
"Kadar oktan bahan bakar disesuaikan dengan spesifikasi yang diminta mesin. Jika spesifikasinya meminta bahan bakar beroktan 91, ya sebaiknya di angka itu. Kadar oktan kurang tidak bagus, tapi lebih tinggi juga tidak baik," imbuhnya.
Dan sebelum membeli bensin apa yang cocok, harus mengetahui dulu perbandingan kompresi (compression ratio) mesin mobil.
Mobil-mobil model terbaru, umumnya memiliki kompresi tinggi.
Sementara tingginya kompresi memang berkorelasi dengan efisiensi konsumsi bahan bakar dan penurunan kadar emisinya.
Mesin berkompresi tinggi menuntut bensin beroktan tinggi agar bahan bakar tidak cepat terbakar.
Hal ini mutlak diperlukan supaya bensin yang dikompresi tidak meledak duluan sebelum busi memercikan api.
Sebab, jika meledak lebih dulu, akan terjadi dua kali ledakan. Ini jelas membuat umur mesin pendek, boros bensin, knocking, dan mesin terasa ngelitik.
Sebaliknya, tidak semua mesin harus menggunakan bensin beroktan tinggi.
Mesin dengan kompresi rendah, jika diberi bensin oktan tinggi hanya menyebabkan pemborosan uang.
Perbandingan kompresi dan kebutuhan oktannya bisa dilihat di tabel dibawah :
Perbandingan Kompresi Oktan
5:1 72
6:1 81
7:1 87
8:1 92
9:1 96
10:1 100
Jadi, mobil kamu cocoknya yang mana? Silahkan ditimbang masing-masing, karena bibit bebet bobot tiap-tiap individu pasti beda-beda juga kan? Hehehe
Semoga bermanfaat ya juragan, salam dari newbie BMW yang beberapa kali kalah negoisasi. Belum dapet-dapet mobilnya, hihihi.
Thank you..
bimabob- Jumlah posting : 2
Reputation : 1
Join date : 19.03.13
Table + Image
Maaf gan, table +imagenya ngga bisa keluar.
Kurang perfect dev postingan pertama ane
Kurang perfect dev postingan pertama ane
bimabob- Jumlah posting : 2
Reputation : 1
Join date : 19.03.13
Similar topics
» BMW 318i E30 M40 Buldog tiba2 gak mau start
» Mesin Ngelitik terus
» 320i AT Ngelitik
» mesin e36 ngelitik
» Tip dan Trik Mengetes Kelayakan Pompa Bensin (Fuel Pump)
» Mesin Ngelitik terus
» 320i AT Ngelitik
» mesin e36 ngelitik
» Tip dan Trik Mengetes Kelayakan Pompa Bensin (Fuel Pump)
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 16 Jun 2022 - 6:50 by Wisnu85
» Speed Limit BMW E90 2008
Tue 14 Jun 2022 - 21:32 by TheMechanic
» Video Obat Aborsi Cytotec ( 08991026699 ) Jual Obat Aborsi Layanan Pesan Cod Bayar Ditempat
Tue 14 Jun 2022 - 8:47 by asamara
» RPM naik sendiri
Sun 24 Apr 2022 - 14:11 by yudhistiraw
» Obat Penggugur Kandungan - kesuburan Setelah Mengunakan Obat Aborsi Cytotec
Sat 23 Apr 2022 - 9:34 by asamara
» Jual Obat Aborsi - Mengetahui Efek Cytotec Penggugur Kandungan Dan Kesuburan
Sat 23 Apr 2022 - 9:18 by asamara
» Obat Penggugur Kandungan Cytotec - Efek Aborsi Usia Kehamilan 1-8 Bulan
Sat 23 Apr 2022 - 9:02 by asamara
» Kedala bmw e36 m43
Fri 22 Apr 2022 - 4:39 by Hery
» Kenalpot berasap saat mobil 523i e60 di panasin
Tue 19 Apr 2022 - 7:51 by E60Sentris