Pencarian
Latest topics
Social bookmarking
Most active topics
bengkel bmw tegal sekitarnya
Tue 5 Mar 2013 - 23:05 by maxall
malem master semua ,saya anggota baru,baru punya bmw juga, 320i 94 matik,baru semingguan,mau nyari bangkel yang bagus untuk daerah tegal dan sekitarnya.
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
Comments: 7
Macet total prngapian busi
Tue 10 Dec 2019 - 8:34 by Herman d
Salam kenal semua. Mohon bantu gan, BMW sy 318i thn 1992. Bermasalah dgn pengapian busi tdk ada,semburan bahan bakar ke injeksi tdk ada dan arus listrik dri fuse puel pump sampai kekabel fuel pump tdk ada. Tetapi fuel pump normal hidup kalau disambung langsung lewat aki tetapi bahan bakar tetap tdk ada keinjeksi. Mohon bamtuan sulusinya gan. Kerimakasi
Herman d
Herman d
Comments: 0
530i matic ngebul
Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste
permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih
Comments: 0
520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.
Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara
selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Comments: 10
CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36
Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe
Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
Comments: 1
bmw_520i_e34_1991
Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82
salam kenal.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
Comments: 6
Mesin tidak mau hidup
Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung
Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Comments: 4
Mohon Bantuan
Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks
Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
Comments: 1
AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati
Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe
Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Comments: 3
visco van e30 m40
4 posters
Halaman 1 dari 1
visco van e30 m40
mohon petunjuk para suhu n temen bimmer's sekalian.
nau tanya utk masalah visco fan e30 m40.
apa penyebabnya visco fan menjadi lemah?punya saya 2 tahun koq sudah lemah ya?ap bisa d perbaiki?
trimakasih
nau tanya utk masalah visco fan e30 m40.
apa penyebabnya visco fan menjadi lemah?punya saya 2 tahun koq sudah lemah ya?ap bisa d perbaiki?
trimakasih
dhiego- Jumlah posting : 21
Reputation : 1
Join date : 27.12.11
Lokasi : semarang
Re: visco van e30 m40
mungkin palsu itu om, saya pernah juga dpt, 2thn mah lumayan, saya cuma hitungan bulan euy.dhiego wrote:mohon petunjuk para suhu n temen bimmer's sekalian.
nau tanya utk masalah visco fan e30 m40.
apa penyebabnya visco fan menjadi lemah?punya saya 2 tahun koq sudah lemah ya?ap bisa d perbaiki?
trimakasih
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: visco van e30 m40
maaf para suhu....ane mau nanya2 lagi,,,maap kalo mungkin bmw ane paling bermasalah,,,
ane habis ganti visco fan,,tapi kalo di ac kok jarum temperatur melewati garis tengah sedikit kalo berhenti...apa itu normal???trimakasih....
maaf,, sebelum ganti viscofan,,temperatur mesin jg seperti itu...
soalnya bengkel ane bilang visco fannya udah lemah,,trus ane gnti tp kok te2p g ada perkembangan...
trima kasih...maaf klo critanya terlalu panjang...
ane habis ganti visco fan,,tapi kalo di ac kok jarum temperatur melewati garis tengah sedikit kalo berhenti...apa itu normal???trimakasih....
maaf,, sebelum ganti viscofan,,temperatur mesin jg seperti itu...
soalnya bengkel ane bilang visco fannya udah lemah,,trus ane gnti tp kok te2p g ada perkembangan...
trima kasih...maaf klo critanya terlalu panjang...
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Re: visco van e30 m40
Yang mengukur panas mesin kan bukan visco fan, tetapi sensor yang nempel di blok mesin.
http://bmwfans.info/parts/catalog/E30/4-doors/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/april/browse/engine/cylinder_head_attached_parts/
Yang di depan untuk ECU dan yang di belakang untuk temperature gauge di instrument cluster.
http://bmwfans.info/parts/catalog/E30/4-doors/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/april/browse/engine/cylinder_head_attached_parts/
Yang di depan untuk ECU dan yang di belakang untuk temperature gauge di instrument cluster.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: visco van e30 m40
Coba dibandingin saja mas bro..lutfi wrote:maaf para suhu....ane mau nanya2 lagi,,,maap kalo mungkin bmw ane paling bermasalah,,,
ane habis ganti visco fan,,tapi kalo di ac kok jarum temperatur melewati garis tengah sedikit kalo berhenti...apa itu normal???trimakasih....
maaf,, sebelum ganti viscofan,,temperatur mesin jg seperti itu...
soalnya bengkel ane bilang visco fannya udah lemah,,trus ane gnti tp kok te2p g ada perkembangan...
trima kasih...maaf klo critanya terlalu panjang...
Kalo E30 M40 thermostartnya 88*C yah harusnya lebih dikit sih..
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: visco van e30 m40
@om pari : om itu caranya ngecheck apa ada alat khususnya atau cukup hanya dibersihkan aja??soalnya kalo ngecek harus buka thortel injeksi y....
@mas bambang : tapi kalo g di ac temperatur turun dibawah garis tengah sedikit(kalo pda gmbr yg dikirim mas bambang jarum di 82*C)
cuma kalo di ac dan dibuat jalan jarum temperatur dibawah garis tengah sedikit....itu yg masih saya bingung...
trims para suhu untuk pencerahannya...
@mas bambang : tapi kalo g di ac temperatur turun dibawah garis tengah sedikit(kalo pda gmbr yg dikirim mas bambang jarum di 82*C)
cuma kalo di ac dan dibuat jalan jarum temperatur dibawah garis tengah sedikit....itu yg masih saya bingung...
trims para suhu untuk pencerahannya...
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Re: visco van e30 m40
Harus pinjam tangan yang ukuran kecil agar bisa dirogoh. Kalau tidak ya perlu buka intake manifold atas.
Coba dibersihkan dulu saja konektornya pakai CO contact cleaner yang tidak menghasilkan residu bila disemprotkan.
Coba dibersihkan dulu saja konektornya pakai CO contact cleaner yang tidak menghasilkan residu bila disemprotkan.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: visco van e30 m40
udah check thermostart nya mas? biasanya sih mobil saya juga gitu e36 M40.lutfi wrote:@om pari : om itu caranya ngecheck apa ada alat khususnya atau cukup hanya dibersihkan aja??soalnya kalo ngecek harus buka thortel injeksi y....
@mas bambang : tapi kalo g di ac temperatur turun dibawah garis tengah sedikit(kalo pda gmbr yg dikirim mas bambang jarum di 82*C)
cuma kalo di ac dan dibuat jalan jarum temperatur dibawah garis tengah sedikit....itu yg masih saya bingung...
trims para suhu untuk pencerahannya...
saat panasin mesin pakai AC temperatur ditengah.
tapi saat jalan pakai ac turun dikit aja dari tengah. ketika panasin mobil tanpa AC turun dikit juga ditengah. Karena saya pakai thermostart 71*c.
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: visco van e30 m40
@om pari : maksudnya contact cleaner tidak menghasilkan residu bila disemprotkan itu gmn om??soalnya ane klo beli maen ambil aja yg pntng ada tulisan contact cleaner...
kayaknya jg ane bwa ke bngkl aja bt buka intake nya....trus ane semprot sendiri temperatur sensornya
@mas bambang : maaf mas bambang letak thermostat itu di selang radiator yg besar itu bukan??(selang yg dari radiator masuk ke blok mesin)..
trima kasih...
maaf klo kbanyakan nanya...
kayaknya jg ane bwa ke bngkl aja bt buka intake nya....trus ane semprot sendiri temperatur sensornya
@mas bambang : maaf mas bambang letak thermostat itu di selang radiator yg besar itu bukan??(selang yg dari radiator masuk ke blok mesin)..
trima kasih...
maaf klo kbanyakan nanya...
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Re: visco van e30 m40
soalnya tadi siang ane bawa ke jogja temperatur naik mendekati 110*c,,,(gbr yg dikirim mas bambang)
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Re: visco van e30 m40
Yang tidak meninggalkan residu adalah contact cleaner yang pakai gas dimampatkan seperti CO. Kalau yang lain ada yang kadang meninggalkan semacam pelumas.
Lokasi thermostat untuk mesin M40 bisa lihat di http://bmwfans.info/parts/catalog/E30/4-doors/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/april/browse/engine/waterpump_thermostat/
Lokasi thermostat untuk mesin M40 bisa lihat di http://bmwfans.info/parts/catalog/E30/4-doors/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/april/browse/engine/waterpump_thermostat/
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: visco van e30 m40
wah mas.. kalo kondisi seperti itu sih biasanya visco fan nya sudah lemah..lutfi wrote:soalnya tadi siang ane bawa ke jogja temperatur naik mendekati 110*c,,,(gbr yg dikirim mas bambang)
coba diputer pakai tangan fannya? terasa kesat atau ngelos?
Kalo tesara ngelos biasanya diputer fannya bisa berputar 2-3x putaran, berarti visco sudah lemah..
ganti aja mas, dari pada rusak yang lain..
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: visco van e30 m40
@om pari : trima kasih atas pencerahannya om pari,,,tapi itu CO bisa dibeli ditoko2 ondersil kan om??takutnya kalo g ada,,maklum tinggal di kota kecil...
@ mas bambang : itu visconya baru aja ane ganti mas bambang...merk BEHR,,,sktr 650rb
@ mas bambang : itu visconya baru aja ane ganti mas bambang...merk BEHR,,,sktr 650rb
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Re: visco van e30 m40
Belinya di toko elektronik yang jual komponen elektronik. Mestinya ada walau di kota kecil
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: visco van e30 m40
Oh baru ganti visco ya.. hehe..
Tapi kok bisa over heating ya?
Udah dicoba mas dirasakan panasnya mesin? terlalu panas atau biasa saja?
Sorry nih mas, saya cenderung suspect ke bagian mechanic nih.
Dan suspect dari saya visco lemah, air radiator kurang (perlu bleeding), waterpump lemah, selang mampet, thermostat macet per nya itu semua mechanic mas.
Dan jika kesemua baik, dulu pernah temen sebengkel menggunakan e39, semua engine cooling sudah diganti baru termasuk sensor temp.. malah saking panasnya selang radiator pecah. Dan diteliti ternyata blok mesin atau deksel nya waktu itu yg rusak...
Mudah2an e30 mas lutfi ga kyk gitu.
Nah kalo secara electrical (temp. sensor), saya tidak yakin ini bermasalah.
Sebab, secara tekhnis temp. sensor itu berupa NTC (negaive temp. coefisien) jadi jika temp dingin resistansinya akan besar, dan ketika temp panas resistansinya akan kecil.
Jadi, jika kabel temp sensor terputus / bad contact maka temp. gauge di instrument cluser akan mati (dibawah garis biru jarumnya), dan jika kabel temp. sensor short, jarumnya akan melewati garis merah...
Ini mas tabel pengukuran ECT, kebetulan mesin kia sama2 M40:
Saya juga masih bertanya masalah Resistansi ECT ini,
https://bmwlover.forumid.net/t1911-ask-perbedaan-temperature-sensor
Kalo mau test ECT nya bisa dicoba aja mas
Berikut dari manual service e30 saya dapat dari mas P4ri
*ECT= Engine Coolant Temp. Sensor
Tapi kok bisa over heating ya?
Udah dicoba mas dirasakan panasnya mesin? terlalu panas atau biasa saja?
Sorry nih mas, saya cenderung suspect ke bagian mechanic nih.
Dan suspect dari saya visco lemah, air radiator kurang (perlu bleeding), waterpump lemah, selang mampet, thermostat macet per nya itu semua mechanic mas.
Dan jika kesemua baik, dulu pernah temen sebengkel menggunakan e39, semua engine cooling sudah diganti baru termasuk sensor temp.. malah saking panasnya selang radiator pecah. Dan diteliti ternyata blok mesin atau deksel nya waktu itu yg rusak...
Mudah2an e30 mas lutfi ga kyk gitu.
Nah kalo secara electrical (temp. sensor), saya tidak yakin ini bermasalah.
Sebab, secara tekhnis temp. sensor itu berupa NTC (negaive temp. coefisien) jadi jika temp dingin resistansinya akan besar, dan ketika temp panas resistansinya akan kecil.
Jadi, jika kabel temp sensor terputus / bad contact maka temp. gauge di instrument cluser akan mati (dibawah garis biru jarumnya), dan jika kabel temp. sensor short, jarumnya akan melewati garis merah...
Ini mas tabel pengukuran ECT, kebetulan mesin kia sama2 M40:
Saya juga masih bertanya masalah Resistansi ECT ini,
https://bmwlover.forumid.net/t1911-ask-perbedaan-temperature-sensor
Kalo mau test ECT nya bisa dicoba aja mas
Berikut dari manual service e30 saya dapat dari mas P4ri
- :
Coolant temperature sensor
General description
1 The coolant temperature sensor (see illustration) is a thermistor (a resistor which varies its resistance value in accordance with temperature changes). The change in the resistance value regulates the amount of voltage that can pass through the sensor. At low temperatures, the sensor’s resistance is high. As the sensor temperature increases, its resistance will decrease. Any failure in this sensor circuit will in most cases be due to a loose or shorted-out wire; if no wiring
problems are evident, check the sensor as described below.
Check
2 To check the sensor, first check its resistance (see illustration) when it is completely cold (typically 2100 to 2900 ohms). Next, start the engine and warm it up until it reaches operating temperature. The resistance should be lower (typically 270 to 400 ohms).
Note: If restricted access to the coolant temperature sensor makes it difficult to attach electrical probes to the terminals, remove the sensor as described below, and perform the tests in a container of heated water to simulate the conditions.
Warning: Wait until the engine is completely cool before beginning this procedure.
Renewal
3 To remove the sensor, depress the spring lock, unplug the electrical connector, then carefully unscrew the sensor. Be prepared for some coolant spillage; to reduce this, have the new sensor ready for fitting as quickly as possible. To remove the sensor, depress the spring lock, unplug the electrical connector, then carefully unscrew the sensor. Be prepared for some coolant spillage; to reduce this, have the new sensor ready for fitting as quickly as possible.
Caution: Handle the coolant sensor with care. Damage to this sensor will affect the operation of
the entire fuel injection system.
Note: It may be necessary to drain a small amount of coolant from the radiator before
removing the sensor.
4 Before the sensor is fitted, ensure its threads are clean, and apply a little sealant to them.
5 Refitting is the reverse of removal.
*ECT= Engine Coolant Temp. Sensor
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: visco van e30 m40
@om pari : terima kasih pencerahannya om...
@mas bambang : klo masalah thermostat ane belum pernah ngecek,,,trus sensor temperatur juga blm prnh ane apa2in alias ngechek...
mungkin mas bamabng tahu gmbr yg saya kirim di bwh ini..
ini gmbar blh di blg ane nyebutnya katup gas,,yg dibwahnya ada selang pemanas yg menuju ke blok mesin yg msh ada hbngannya dengan radiator
yg berwarna merah itu lem sealer,,,krna sering netes,,tetapi temperatur masih aman2 saja,,,
baru kemarin hari rabu aja,,ane bawa ke jogja kena macet tiba2 temperatur naik..
trims sarannya mas bambang,,,maaf kalo kebanyakan nanya dan ceritanya terlalu panjang...
@mas bambang : klo masalah thermostat ane belum pernah ngecek,,,trus sensor temperatur juga blm prnh ane apa2in alias ngechek...
mungkin mas bamabng tahu gmbr yg saya kirim di bwh ini..
ini gmbar blh di blg ane nyebutnya katup gas,,yg dibwahnya ada selang pemanas yg menuju ke blok mesin yg msh ada hbngannya dengan radiator
yg berwarna merah itu lem sealer,,,krna sering netes,,tetapi temperatur masih aman2 saja,,,
baru kemarin hari rabu aja,,ane bawa ke jogja kena macet tiba2 temperatur naik..
trims sarannya mas bambang,,,maaf kalo kebanyakan nanya dan ceritanya terlalu panjang...
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Re: visco van e30 m40
Apakah kendaraannya sedang menst***si kok banyak merah?
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: visco van e30 m40
Wah berarti over heating disebabkan air radiator berkurang tuh mas.
BTW kalau gambar diatas, jika dibandingi sama gambar dibawah part no. berapa ya?
@mas P4ri: bentar lagi dipakein roti jepang tuh mas
BTW kalau gambar diatas, jika dibandingi sama gambar dibawah part no. berapa ya?
@mas P4ri: bentar lagi dipakein roti jepang tuh mas
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: visco van e30 m40
@om pari : hedeh....hehehee soalnya dapet sealernya kok y pas wrna merah...hehehe...
@ mas bambang : part no 13...udah kropos...makanya ane sealer....hehehehe....
air radiator masih cukup...
@ mas bambang : part no 13...udah kropos...makanya ane sealer....hehehehe....
air radiator masih cukup...
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Re: visco van e30 m40
Itu selang buat melewatkan air panas ke intake yang gunanya untuk mencegah butiran2 salju masuk ke intake. Nah di negara kita ga pernah turun salju, bisa saja sih selang No.12 & No.16 dilangsungkan..
Walaupun air radiator masih penuh, belum tentu didalam radiaor penuh mas, bisa jadi ada udara yang terjebak, lakukan bleeding aja, kalo saya sih pernah melakukan bleeding sesuai anjuran mas P4ri..
Saat mesin masih dingin, isi air radiator ke expansion tank hingga tanda KALT, lalu buka sedikit baut kecil disamping tutup expansion sambil mesin dijalankan. Biarkan sampai gelembung2 udara tidak ada lagi yg keluar dari baut kecil itu. Lalu lihat kembali ketinggian air dalam expansion tank, kalau kurang tambahi lagi dan bleeding lagi
Walaupun air radiator masih penuh, belum tentu didalam radiaor penuh mas, bisa jadi ada udara yang terjebak, lakukan bleeding aja, kalo saya sih pernah melakukan bleeding sesuai anjuran mas P4ri..
Saat mesin masih dingin, isi air radiator ke expansion tank hingga tanda KALT, lalu buka sedikit baut kecil disamping tutup expansion sambil mesin dijalankan. Biarkan sampai gelembung2 udara tidak ada lagi yg keluar dari baut kecil itu. Lalu lihat kembali ketinggian air dalam expansion tank, kalau kurang tambahi lagi dan bleeding lagi
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: visco van e30 m40
nanti coba ane langsung selang nya mas bambang,,,
klo ngisi air radiator pasti ane bledding mas bambang,,,tp mesin dlm kondisi mati....
thank's sarannya mas bambang....
klo ngisi air radiator pasti ane bledding mas bambang,,,tp mesin dlm kondisi mati....
thank's sarannya mas bambang....
lutfi- Jumlah posting : 145
Reputation : 4
Join date : 29.08.10
Age : 35
Lokasi : magelang
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 16 Jun 2022 - 6:50 by Wisnu85
» Speed Limit BMW E90 2008
Tue 14 Jun 2022 - 21:32 by TheMechanic
» Video Obat Aborsi Cytotec ( 08991026699 ) Jual Obat Aborsi Layanan Pesan Cod Bayar Ditempat
Tue 14 Jun 2022 - 8:47 by asamara
» RPM naik sendiri
Sun 24 Apr 2022 - 14:11 by yudhistiraw
» Obat Penggugur Kandungan - kesuburan Setelah Mengunakan Obat Aborsi Cytotec
Sat 23 Apr 2022 - 9:34 by asamara
» Jual Obat Aborsi - Mengetahui Efek Cytotec Penggugur Kandungan Dan Kesuburan
Sat 23 Apr 2022 - 9:18 by asamara
» Obat Penggugur Kandungan Cytotec - Efek Aborsi Usia Kehamilan 1-8 Bulan
Sat 23 Apr 2022 - 9:02 by asamara
» Kedala bmw e36 m43
Fri 22 Apr 2022 - 4:39 by Hery
» Kenalpot berasap saat mobil 523i e60 di panasin
Tue 19 Apr 2022 - 7:51 by E60Sentris