Pencarian
Latest topics
Social bookmarking
Most active topics
bengkel bmw tegal sekitarnya
Tue 5 Mar 2013 - 23:05 by maxall
malem master semua ,saya anggota baru,baru punya bmw juga, 320i 94 matik,baru semingguan,mau nyari bangkel yang bagus untuk daerah tegal dan sekitarnya.
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
Comments: 7
Macet total prngapian busi
Tue 10 Dec 2019 - 8:34 by Herman d
Salam kenal semua. Mohon bantu gan, BMW sy 318i thn 1992. Bermasalah dgn pengapian busi tdk ada,semburan bahan bakar ke injeksi tdk ada dan arus listrik dri fuse puel pump sampai kekabel fuel pump tdk ada. Tetapi fuel pump normal hidup kalau disambung langsung lewat aki tetapi bahan bakar tetap tdk ada keinjeksi. Mohon bamtuan sulusinya gan. Kerimakasi
Herman d
Herman d
Comments: 0
530i matic ngebul
Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste
permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih
Comments: 0
520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.
Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara
selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Comments: 10
CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36
Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe
Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
Comments: 1
bmw_520i_e34_1991
Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82
salam kenal.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
Comments: 6
Mesin tidak mau hidup
Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung
Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Comments: 4
Mohon Bantuan
Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks
Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
Comments: 1
AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati
Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe
Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Comments: 3
Newbie mau tanya
+4
rovino
Sigit Ario
michaelrahutomo
jimmibm
8 posters
Halaman 1 dari 2
Halaman 1 dari 2 • 1, 2
Newbie mau tanya
Saya blm punya BMW, tp sedang ngincer E36, kebetulan ada temen nawarin, hanya masih ragu untuk beralih ke mobil eropa, karena isunya kata orang sparepart mbl eropa susah dan mahal udah gitu harus belinya 1 unit gt katanya.
Karena itu saya memberanikan bertanya disini, mohon penjelasan dari para pecinta BMW..
mohon maaf, terimakasih
Karena itu saya memberanikan bertanya disini, mohon penjelasan dari para pecinta BMW..
mohon maaf, terimakasih
jimmibm- Jumlah posting : 68
Reputation : 0
Join date : 24.05.12
Age : 43
Re: Newbie mau tanya
Masalah spare part dll itu relatif sih, banyak koq yg jual dr yg asli, copotan, sampai after market..
Mobil eropa sangat sangat enak dikendarai loh, stabil ga kontal kantil kayak mobil sejuta umat lainya . Asal pemakaiannya benar, perawatannya benar, saya rasa ga sampai yg harus sering2 ganti sparepart.
Justru dengan sparepart BMW yang tidak sebanyak mobil sejuta umat lainnya, scr tidak langsung melatih :
1. Kreatifitas
2. Koordinasi
3. Komunikasi
4. Dan Efisiensi dari para Ownernya.. Suhu2 dan para master2 BMW di forum ini pun juga tak segan2 nya memberikan arahan, tips, dan bantuan
Ditambah lagi, ada suatu added value tersendiri ketika kita mengemudi BMW .
Selamat Mencoba
Mobil eropa sangat sangat enak dikendarai loh, stabil ga kontal kantil kayak mobil sejuta umat lainya . Asal pemakaiannya benar, perawatannya benar, saya rasa ga sampai yg harus sering2 ganti sparepart.
Justru dengan sparepart BMW yang tidak sebanyak mobil sejuta umat lainnya, scr tidak langsung melatih :
1. Kreatifitas
2. Koordinasi
3. Komunikasi
4. Dan Efisiensi dari para Ownernya.. Suhu2 dan para master2 BMW di forum ini pun juga tak segan2 nya memberikan arahan, tips, dan bantuan
Ditambah lagi, ada suatu added value tersendiri ketika kita mengemudi BMW .
Selamat Mencoba
michaelrahutomo- Jumlah posting : 32
Reputation : 0
Join date : 21.06.11
Age : 33
Lokasi : Jakarta
Re: Newbie mau tanya
wah terimakasih atas kepeduliannya.. sedikit lagi nih, ini mslh harga, 318i E36 M40 (tahun 1991) kira kira pasaran wajarnya antara rentang berapa, kondisi bagus, saya ditawari 42jt, hanya punya PR pajak mati dan harus mutasi dari luar daerah.
jimmibm- Jumlah posting : 68
Reputation : 0
Join date : 24.05.12
Age : 43
Re: Newbie mau tanya
Wah lumayan itu, tinggal liat kondisinya mas..kalo masih bagus luar dalam ya monggo. Dan jangan lupa cek2 mesin ya sama kaki2 depan, (tie rod, ball joint dll) biar mantep setiran nya
michaelrahutomo- Jumlah posting : 32
Reputation : 0
Join date : 21.06.11
Age : 33
Lokasi : Jakarta
Re: Newbie mau tanya
kondisi luar dalam oke sih, hanya belum sampai cek kolong, apa ada keropos ato engga, hanya PR nya katanya tie road, kira2 ancang2 berapa ya harga tie road
jimmibm- Jumlah posting : 68
Reputation : 0
Join date : 24.05.12
Age : 43
Re: Newbie mau tanya
untuk kaki2 siapin dana sekitar 3jt tidak termasuk Shock absorber....
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: Newbie mau tanya
Sigit Ario wrote:untuk kaki2 siapin dana sekitar 3jt tidak termasuk Shock absorber....
maaf, 3jt itu untuk part apa saja mas, apakah cuma tieroad aja, ato termasuk ball joint, link stabil bushing arm dll?
jimmibm- Jumlah posting : 68
Reputation : 0
Join date : 24.05.12
Age : 43
Re: Newbie mau tanya
Sigit Ario wrote:untuk kaki2 siapin dana sekitar 3jt tidak termasuk Shock absorber....
Betul mas sigit segituan sih. Dulu punya ada yg di re-build jd lbh menghemat
michaelrahutomo- Jumlah posting : 32
Reputation : 0
Join date : 21.06.11
Age : 33
Lokasi : Jakarta
Re: Newbie mau tanya
partnya long dan Short Tie rod, Link Stabiliser, Bushing Control Arm yang bagus punya seperti Lamfoder
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: Newbie mau tanya
klo dari sparepartnya sendiri apakah seperti mobil jepang yang tersedia KW KWan.
Saya sangat ingin mencoba mobil eropa..
Saya sangat ingin mencoba mobil eropa..
jimmibm- Jumlah posting : 68
Reputation : 0
Join date : 24.05.12
Age : 43
Re: Newbie mau tanya
jimmibm wrote:klo dari sparepartnya sendiri apakah seperti mobil jepang yang tersedia KW KWan.
Saya sangat ingin mencoba mobil eropa..
Ada sih mas, macem2.. tapi untuk kualitas ya mending yang mendekati asli, atau asli sekalian.
Tapi berdasarkan pengalaman juga si mas, sekali ganti spare part, mobil eropa itu bandelnya mminta ampun. TAHAN LAMAAA..hahaha.
michaelrahutomo- Jumlah posting : 32
Reputation : 0
Join date : 21.06.11
Age : 33
Lokasi : Jakarta
Re: Newbie mau tanya
bener tuh gan, saya juga punya bmw E36 M40 onderdil nya bisa cari kampakan (pintar2 cari cari penjual yg bener) murah meriah kondisi tdk mengecewakan he he he maklum kantong pas2 an.
rovino- Jumlah posting : 168
Reputation : 1
Join date : 06.05.12
Age : 49
Lokasi : semarang
Re: Newbie mau tanya
mas sigit mau ga kira2 benerin mobil tua seperti BMW ku ?
rovino- Jumlah posting : 168
Reputation : 1
Join date : 06.05.12
Age : 49
Lokasi : semarang
Re: Newbie mau tanya
emang kenapa mobilnye....klo mau main kegubug ane...maen aja.....ntar kita sharing ..... make a call dulu ya...
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: Newbie mau tanya
jimmibm wrote:wah terimakasih atas kepeduliannya.. sedikit lagi nih, ini mslh harga, 318i E36 M40 (tahun 1991) kira kira pasaran wajarnya antara rentang berapa, kondisi bagus, saya ditawari 42jt, hanya punya PR pajak mati dan harus mutasi dari luar daerah.
e36 m40 tanpa pr banyak kira kira top 50 jt om
romlie007- Jumlah posting : 101
Reputation : 3
Join date : 06.12.11
Re: Newbie mau tanya
siap mas sigit... ada banyak masalah jga nih di beem saya. indikator di speedometer banyak yg ga nyala. trus tenaganya loyo klo tanjakan. boleh minta no ponsel mas sigit?
rovino- Jumlah posting : 168
Reputation : 1
Join date : 06.05.12
Age : 49
Lokasi : semarang
Re: Newbie mau tanya
Alhamdulillah.. klo kmrn tanya2 blm punya biem nya, akhirnya skrng udah nongkrong di dpn rumah, oleh krn itu tentunya akan makin sering bertanya disini, mohon master2 disini berkenan.
Sebelumnya sy pke great corolla, memang terasa ada yg beda antara mobil jepang dengan mbl eropa, berasa mantap, klo kawan sy bilang katanya mobil laju, mksdnya mbl bwt ngebut. Hanya suspensinya aja msh blm terbiasa, ato mungkin krn setelan part kaki kakinya blm kenal.
sementara ini PR nya, pertama mslh mutasi dari luar daerah, kedua kaki kaki dpn udah bermusik dan stir bergoyang, sama central lock nya ga jln.
Oh ya kap mesin juga udah bbrp hari ini ga bisa dibuka, tuasnya terasa berat bngt, kira2 kenapa ya..
Klo lainnya sih memuaskan, body luar dan interior sangat terawat utk ukuran mbl. tahun 1991
Mohon petunjuk temen2 disini
Sebelumnya sy pke great corolla, memang terasa ada yg beda antara mobil jepang dengan mbl eropa, berasa mantap, klo kawan sy bilang katanya mobil laju, mksdnya mbl bwt ngebut. Hanya suspensinya aja msh blm terbiasa, ato mungkin krn setelan part kaki kakinya blm kenal.
sementara ini PR nya, pertama mslh mutasi dari luar daerah, kedua kaki kaki dpn udah bermusik dan stir bergoyang, sama central lock nya ga jln.
Oh ya kap mesin juga udah bbrp hari ini ga bisa dibuka, tuasnya terasa berat bngt, kira2 kenapa ya..
Klo lainnya sih memuaskan, body luar dan interior sangat terawat utk ukuran mbl. tahun 1991
Mohon petunjuk temen2 disini
jimmibm- Jumlah posting : 68
Reputation : 0
Join date : 24.05.12
Age : 43
Re: Newbie mau tanya
dapet seri apa masbro..welcome...jimmibm wrote:Alhamdulillah.. klo kmrn tanya2 blm punya biem nya, akhirnya skrng udah nongkrong di dpn rumah, oleh krn itu tentunya akan makin sering bertanya disini, mohon master2 disini berkenan.
Sebelumnya sy pke great corolla, memang terasa ada yg beda antara mobil jepang dengan mbl eropa, berasa mantap, klo kawan sy bilang katanya mobil laju, mksdnya mbl bwt ngebut. Hanya suspensinya aja msh blm terbiasa, ato mungkin krn setelan part kaki kakinya blm kenal.
sementara ini PR nya, pertama mslh mutasi dari luar daerah, kedua kaki kaki dpn udah bermusik dan stir bergoyang, sama central lock nya ga jln.
Oh ya kap mesin juga udah bbrp hari ini ga bisa dibuka, tuasnya terasa berat bngt, kira2 kenapa ya..
Klo lainnya sih memuaskan, body luar dan interior sangat terawat utk ukuran mbl. tahun 1991
Mohon petunjuk temen2 disini
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: Newbie mau tanya
Terimakasih sambutannya mas
318i e36 m40 tahun 1991 mas, kondisi msh bisa dibilang istimewa lah, kmrn dapet 41jt (blm termasuk biaya mutasi dan BBN+tunggakan pajak setahun)
318i e36 m40 tahun 1991 mas, kondisi msh bisa dibilang istimewa lah, kmrn dapet 41jt (blm termasuk biaya mutasi dan BBN+tunggakan pajak setahun)
jimmibm- Jumlah posting : 68
Reputation : 0
Join date : 24.05.12
Age : 43
Re: Newbie mau tanya
Welcome new biem owner..
Masalah cara perawatan dan kebutuhan spare.part tidak perlu dirisaukan, dari media ini kita bisa dapatkan informasi terbaik seputar mobil BMW di Indonesia.
Literatur tentang BMW:
www.pdftown.com
www.realoem.com
http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/
dan lain-lain
Spare.part BMW:
www.ianparts.com
www.garasibmw.com
gerai-gerai onderdil BMW
tanya di komunitas ini..
demikian
Masalah cara perawatan dan kebutuhan spare.part tidak perlu dirisaukan, dari media ini kita bisa dapatkan informasi terbaik seputar mobil BMW di Indonesia.
Literatur tentang BMW:
www.pdftown.com
www.realoem.com
http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/
dan lain-lain
Spare.part BMW:
www.ianparts.com
www.garasibmw.com
gerai-gerai onderdil BMW
tanya di komunitas ini..
demikian
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: Newbie mau tanya
kalau terbiasa mobil jepang, yang saat ketara pas bawa BMW adalah jarak pedal rem, gas dan kopling jadi deket banget...kalau yang punya ukuran sepatu gede,kadang2 suka keinjek ga sengaja..hehehehejimmibm wrote:Alhamdulillah.. klo kmrn tanya2 blm punya biem nya, akhirnya skrng udah nongkrong di dpn rumah, oleh krn itu tentunya akan makin sering bertanya disini, mohon master2 disini berkenan.
Sebelumnya sy pke great corolla, memang terasa ada yg beda antara mobil jepang dengan mbl eropa, berasa mantap, klo kawan sy bilang katanya mobil laju, mksdnya mbl bwt ngebut. Hanya suspensinya aja msh blm terbiasa, ato mungkin krn setelan part kaki kakinya blm kenal.
sementara ini PR nya, pertama mslh mutasi dari luar daerah, kedua kaki kaki dpn udah bermusik dan stir bergoyang, sama central lock nya ga jln.
Oh ya kap mesin juga udah bbrp hari ini ga bisa dibuka, tuasnya terasa berat bngt, kira2 kenapa ya..
Klo lainnya sih memuaskan, body luar dan interior sangat terawat utk ukuran mbl. tahun 1991
Mohon petunjuk temen2 disini
Reymo- Jumlah posting : 79
Reputation : 8
Join date : 13.06.12
Age : 49
Lokasi : jakarta
Re: Newbie mau tanya
Permisi mas para pecinta BMW, mohon maaf saya tanya tanya lagi, abisan blm tau menahu perihal BMW.
Setelah sebulan saya pake BMW baru saya mulai mikir bwt benahin dikit2, tujuan pertama sektor kolong mobil, terutama kaki kaki depan yang sudah banyak bunyi bunyi, lalu keluhan lainnya gerak stir seperti ada jarak ruang sebelum ban bergerak, pry nya terlalu lebar, lebih jelasnya berikut dengan pict:
1.
sepertinya ini biang yg menyebabkan stir ga mantap, ini namanya apa ya mas, joint stir ato apa ya, gerakkannya udah agak oblak, dan gerak pry nya cukup lebar.
2.
lalu yang kedua, sepertinya salahsatu penyebab bunyi bunyian adalah part link stabil (istilah di pecinta BMW apa ya?) kira2 part ini bisa dibeli satuan ato harus sepasang ya?
3.
lalu yang ketiga, ini namanya part apa ya, ball joint bkn ya?
4.
keempat, dibagian penggerak belakang ada basah rembesan oli, kira2 apanya ya, apakah cuma seal2nya aja yg perlu diganti?
5.
lalu dibagian penggerak depan, ini namanya rack steering bkn ya?karet spiral penutupnya dah sobek dan basah rembesan oli, kira kira apa yg harus diganti, sealnya ajakah ato harus satu set rack?
6.
terus yang terakhir ini bagian bawah depan agak ke tengah, ga tau apa namanya, kondisinya basah, tp ga kotor seperti oli, apakah mungkin ini saluran bensin, kira2 apa penyebab dan harus apa yg diganti?
Itu beberapa hal yang pertama saya ingin konsultasikan dengan mas mas para pecinta BMW, barangkali ada yang tau ato punya info nama nama part, dan bisa di dapat dimana kira kira, klo ada referensi harga akan amat sangat membantu lagi.
Terimakasih saya ucapkan sebelumnya...
saya undang mas p4ri ah ke treat saya... mas tolong mas, hehe..
Setelah sebulan saya pake BMW baru saya mulai mikir bwt benahin dikit2, tujuan pertama sektor kolong mobil, terutama kaki kaki depan yang sudah banyak bunyi bunyi, lalu keluhan lainnya gerak stir seperti ada jarak ruang sebelum ban bergerak, pry nya terlalu lebar, lebih jelasnya berikut dengan pict:
1.
sepertinya ini biang yg menyebabkan stir ga mantap, ini namanya apa ya mas, joint stir ato apa ya, gerakkannya udah agak oblak, dan gerak pry nya cukup lebar.
2.
lalu yang kedua, sepertinya salahsatu penyebab bunyi bunyian adalah part link stabil (istilah di pecinta BMW apa ya?) kira2 part ini bisa dibeli satuan ato harus sepasang ya?
3.
lalu yang ketiga, ini namanya part apa ya, ball joint bkn ya?
4.
keempat, dibagian penggerak belakang ada basah rembesan oli, kira2 apanya ya, apakah cuma seal2nya aja yg perlu diganti?
5.
lalu dibagian penggerak depan, ini namanya rack steering bkn ya?karet spiral penutupnya dah sobek dan basah rembesan oli, kira kira apa yg harus diganti, sealnya ajakah ato harus satu set rack?
6.
terus yang terakhir ini bagian bawah depan agak ke tengah, ga tau apa namanya, kondisinya basah, tp ga kotor seperti oli, apakah mungkin ini saluran bensin, kira2 apa penyebab dan harus apa yg diganti?
Itu beberapa hal yang pertama saya ingin konsultasikan dengan mas mas para pecinta BMW, barangkali ada yang tau ato punya info nama nama part, dan bisa di dapat dimana kira kira, klo ada referensi harga akan amat sangat membantu lagi.
Terimakasih saya ucapkan sebelumnya...
saya undang mas p4ri ah ke treat saya... mas tolong mas, hehe..
jimmibm- Jumlah posting : 68
Reputation : 0
Join date : 24.05.12
Age : 43
Re: Newbie mau tanya
Coba bantu jawab dikit.
1. Periksa dulu karet universal joint yang no. 3 di http://bmwfans.info/parts/catalog/E30/4-doors/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/april/browse/steering/steer_col_lower_joint_assembly/ mungkin sudah retak dan perlu ganti. Kalau pengen yang awet dan lama gak perlu ganti bisa bikin tiruan si karet di bengkel bubut dengan bahan aluminum.\
2. Stabilizer link yang sudah rusak, sebaiknya diganti sepasang. Di diagram yang no. 6 http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/july/browse/front_axle/stabilizer_front/
Jangan lupa periksa rubber mounting sekalian (no. 2).
3. Ball joint oblak juga sebaiknya diganti sepasang. Perlu dipres agar presisi. Sebainya jangan pakai kekerasan (ketok palu) saat melepasnya dari lower arm. Jangan lupa periksa juga bushing lower arm. Di diagram no. 5. http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/july/browse/front_axle/front_axle_support_wishbone/ kalau pengen awet bisa pakai yang ex M3 yang karetnya pejal. Harganya sedikit lebih mahal. Kalau tidak salah sepasang Rp. 550.000,-
4. Coba dilepas saja dulu as-nya. Diperiksa apakah seal no. 9 perlu diganti. Sepertinya sih yang bermasalah seal. Lalu ganti sekalian si karet penutupnya. Karena karet yang sudah sobek bisa jadi tempat masuknya pasir yang bisa bekerja seperti amplas menggerus seal karet. http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/july/browse/rear_axle/drive_flange_suspension_gasket/
5. Sepertinya sudah perlu ganti gasket set http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/july/browse/steering/steering_linkage_tie_rods/ dan juga rubber boot yang no. 1 di http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/july/browse/steering/steering_linkage_tie_rods/
6. Sepertinya seal minta ganti kalau ada rembesan di situ. Di diagram yang no. 13 http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/july/browse/manual_transmission/s5d_g_housing_mounting_parts/
Saluran BBM tidak disitu. Tapi lewat bagian kiri kendaraan.
1. Periksa dulu karet universal joint yang no. 3 di http://bmwfans.info/parts/catalog/E30/4-doors/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/april/browse/steering/steer_col_lower_joint_assembly/ mungkin sudah retak dan perlu ganti. Kalau pengen yang awet dan lama gak perlu ganti bisa bikin tiruan si karet di bengkel bubut dengan bahan aluminum.\
2. Stabilizer link yang sudah rusak, sebaiknya diganti sepasang. Di diagram yang no. 6 http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/july/browse/front_axle/stabilizer_front/
Jangan lupa periksa rubber mounting sekalian (no. 2).
3. Ball joint oblak juga sebaiknya diganti sepasang. Perlu dipres agar presisi. Sebainya jangan pakai kekerasan (ketok palu) saat melepasnya dari lower arm. Jangan lupa periksa juga bushing lower arm. Di diagram no. 5. http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/july/browse/front_axle/front_axle_support_wishbone/ kalau pengen awet bisa pakai yang ex M3 yang karetnya pejal. Harganya sedikit lebih mahal. Kalau tidak salah sepasang Rp. 550.000,-
4. Coba dilepas saja dulu as-nya. Diperiksa apakah seal no. 9 perlu diganti. Sepertinya sih yang bermasalah seal. Lalu ganti sekalian si karet penutupnya. Karena karet yang sudah sobek bisa jadi tempat masuknya pasir yang bisa bekerja seperti amplas menggerus seal karet. http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/july/browse/rear_axle/drive_flange_suspension_gasket/
5. Sepertinya sudah perlu ganti gasket set http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/july/browse/steering/steering_linkage_tie_rods/ dan juga rubber boot yang no. 1 di http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/july/browse/steering/steering_linkage_tie_rods/
6. Sepertinya seal minta ganti kalau ada rembesan di situ. Di diagram yang no. 13 http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M40/RHD/M/1991/july/browse/manual_transmission/s5d_g_housing_mounting_parts/
Saluran BBM tidak disitu. Tapi lewat bagian kiri kendaraan.
p4ri- Jumlah posting : 2958
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta
Re: Newbie mau tanya
alhamdulillah sudah datang bantuan, sangat sangat membantu, sedikit aja udah lengkap, apalagi klo banyak mas..
Bener yang dikatakan mister mas michaelrahutomo
sekali lagi terimakasih mas p4ri, saya undang suhu yang lainnya juga, hehe..
Bener yang dikatakan mister mas michaelrahutomo
michaelrahutomo wrote:
Justru dengan sparepart BMW yang tidak sebanyak mobil sejuta umat lainnya, scr tidak langsung melatih :
1. Kreatifitas
2. Koordinasi
3. Komunikasi
4. Dan Efisiensi dari para Ownernya.. Suhu2 dan para master2 BMW di forum ini pun juga tak segan2 nya memberikan arahan, tips, dan bantuan
sekali lagi terimakasih mas p4ri, saya undang suhu yang lainnya juga, hehe..
jimmibm- Jumlah posting : 68
Reputation : 0
Join date : 24.05.12
Age : 43
Re: Newbie mau tanya
nambahin dikit ya :
1. Karet stearing linkage klo retak memang perlu diganti,seperti saran bos Pari bisa pake alumunium, kompensasinya getaran dari roda bisa langsung ke kemudi dan pastinya awet karena dari alumunium, sedikit berkreasi, dulu saya biasa pake alumunium dengan lubang tempat baut di buat besar dan di sematkan PU( polly urethane ) sedikit mengurangi getaran dan lebih awet dari karet bawaan mobil..sayang karena ongkos produksi tidak seimbang dengan penjualan ( barang awet = penjualan berkuran ) jadi stop produksi....
jika universal jointnya yang oblak, masih bisa diakali dengan mengganti Universal jointnya saja, bawa ke toko bearing dan cari part yang dimaksud, saat pemasangan perlu sedikit trick untuk melepas UJ yang lama dengan bantuan tukang Bubut.
2& 3 Idem sama Bos Pari, penggantian di kaki kaki apapun itu disarankan sepasang, sukur2 langsung restorasi massal....maknyusss
4&5 klo ada dana lebih bisa beli seal kitnya sekalian maklum umur....
6. coba bersihkan dulu dengan lap ,setelah penggunaan 1 bulan check apakah ada rembesan yang sama?
1. Karet stearing linkage klo retak memang perlu diganti,seperti saran bos Pari bisa pake alumunium, kompensasinya getaran dari roda bisa langsung ke kemudi dan pastinya awet karena dari alumunium, sedikit berkreasi, dulu saya biasa pake alumunium dengan lubang tempat baut di buat besar dan di sematkan PU( polly urethane ) sedikit mengurangi getaran dan lebih awet dari karet bawaan mobil..sayang karena ongkos produksi tidak seimbang dengan penjualan ( barang awet = penjualan berkuran ) jadi stop produksi....
jika universal jointnya yang oblak, masih bisa diakali dengan mengganti Universal jointnya saja, bawa ke toko bearing dan cari part yang dimaksud, saat pemasangan perlu sedikit trick untuk melepas UJ yang lama dengan bantuan tukang Bubut.
2& 3 Idem sama Bos Pari, penggantian di kaki kaki apapun itu disarankan sepasang, sukur2 langsung restorasi massal....maknyusss
4&5 klo ada dana lebih bisa beli seal kitnya sekalian maklum umur....
6. coba bersihkan dulu dengan lap ,setelah penggunaan 1 bulan check apakah ada rembesan yang sama?
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Halaman 1 dari 2 • 1, 2
Similar topics
» salam kenal sekaligus tanya-tanya
» tanya tanya tentang BMW 318i E30 M40
» Ajang Perkenalan
» NewBie 320i 2008
» Newbie dengan BMW M10
» tanya tanya tentang BMW 318i E30 M40
» Ajang Perkenalan
» NewBie 320i 2008
» Newbie dengan BMW M10
Halaman 1 dari 2
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 16 Jun 2022 - 6:50 by Wisnu85
» Speed Limit BMW E90 2008
Tue 14 Jun 2022 - 21:32 by TheMechanic
» Video Obat Aborsi Cytotec ( 08991026699 ) Jual Obat Aborsi Layanan Pesan Cod Bayar Ditempat
Tue 14 Jun 2022 - 8:47 by asamara
» RPM naik sendiri
Sun 24 Apr 2022 - 14:11 by yudhistiraw
» Obat Penggugur Kandungan - kesuburan Setelah Mengunakan Obat Aborsi Cytotec
Sat 23 Apr 2022 - 9:34 by asamara
» Jual Obat Aborsi - Mengetahui Efek Cytotec Penggugur Kandungan Dan Kesuburan
Sat 23 Apr 2022 - 9:18 by asamara
» Obat Penggugur Kandungan Cytotec - Efek Aborsi Usia Kehamilan 1-8 Bulan
Sat 23 Apr 2022 - 9:02 by asamara
» Kedala bmw e36 m43
Fri 22 Apr 2022 - 4:39 by Hery
» Kenalpot berasap saat mobil 523i e60 di panasin
Tue 19 Apr 2022 - 7:51 by E60Sentris