Pencarian
Latest topics
Social bookmarking
Most active topics
bengkel bmw tegal sekitarnya
Tue 5 Mar 2013 - 23:05 by maxall
malem master semua ,saya anggota baru,baru punya bmw juga, 320i 94 matik,baru semingguan,mau nyari bangkel yang bagus untuk daerah tegal dan sekitarnya.
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
kronologi bmw rusak
"waktu buat jalan ke jepara,nyampe daerah gringsing tiba tiba matiknya slip,D dan R nggak jalan,sempet nelfon ke tempat beli mobil ( di jkt) suruh ngecek fuse,ada satu yang putus,setelah di ganti tetep aja nggak …
[ Full reading ]
Comments: 7
Macet total prngapian busi
Tue 10 Dec 2019 - 8:34 by Herman d
Salam kenal semua. Mohon bantu gan, BMW sy 318i thn 1992. Bermasalah dgn pengapian busi tdk ada,semburan bahan bakar ke injeksi tdk ada dan arus listrik dri fuse puel pump sampai kekabel fuel pump tdk ada. Tetapi fuel pump normal hidup kalau disambung langsung lewat aki tetapi bahan bakar tetap tdk ada keinjeksi. Mohon bamtuan sulusinya gan. Kerimakasi
Herman d
Herman d
Comments: 0
530i matic ngebul
Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste
permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih
Comments: 0
520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.
Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara
selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.
mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …
[ Full reading ]
Comments: 10
CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36
Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe
Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.
Comments: 1
bmw_520i_e34_1991
Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82
salam kenal.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....
Comments: 6
Mesin tidak mau hidup
Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung
Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …
[ Full reading ]
Comments: 4
Mohon Bantuan
Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks
Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.
Comments: 1
AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati
Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe
Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?
1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …
[ Full reading ]
Comments: 3
TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
+2
bambangmuliyadi
Sofyan Hadi
6 posters
Halaman 1 dari 1
TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
Mengunggah filosofi kepastian.
Kepastian di dalam sebuah kerumitan mirip-mirip jarum di dalam tumpukan jerami.
Berdiri di depan bak mesin mobil yang kapnya terbuka sambil menerka-nerka: Apakah mobil saya kena short? merupakan perkara rumit!! yang pada akhirnya hanya menciptakan kening berkerut-kerut terus garuk-garuk kepala.
Kalau itu yang sedang anda alami, berikut ini tips memastikan short kabel mobil.
Pertama: sudahi menggaruk-garuk kepala anda, karena itu tidak membantu, malah bisa bikin kulit kepala lecet.
Kedua: Alihkan pandangan anda ke batre/aki. Karena di sanalah tempat kepastian yang selama ini anda cari-cari.
Ketiga: Lepaskan kabel batre/aki "min" dari kepalanya.
Keempat: Tempel-tempelkan secara halus ujung kabel batre/aki "min" yang tadi baru anda lepaskan ke ujung kepalanya.
Kelima: Perhatikanlah, apakah tempelan-tempelan halus tadi menciptakan percikan api kecil. Kalau tidak maka mobil anda bebas short. Jika Ya, maka silakan anda melanjutkan garuk-garuk kepalanya, karena mobil anda terbukti secara meyakinkan terkena short.
Begitulah arti sebuah kepastian.
Kadang melegakan pernapasan
Kadang menyesakkan kerongkongan
Kadang menghilangkan kerisauan
dan tak jarang malah bikin tambah galau.
Kalau galau jangan risau.
Kontek aja spesialisnya.
Kepastian di dalam sebuah kerumitan mirip-mirip jarum di dalam tumpukan jerami.
Berdiri di depan bak mesin mobil yang kapnya terbuka sambil menerka-nerka: Apakah mobil saya kena short? merupakan perkara rumit!! yang pada akhirnya hanya menciptakan kening berkerut-kerut terus garuk-garuk kepala.
Kalau itu yang sedang anda alami, berikut ini tips memastikan short kabel mobil.
Pertama: sudahi menggaruk-garuk kepala anda, karena itu tidak membantu, malah bisa bikin kulit kepala lecet.
Kedua: Alihkan pandangan anda ke batre/aki. Karena di sanalah tempat kepastian yang selama ini anda cari-cari.
Ketiga: Lepaskan kabel batre/aki "min" dari kepalanya.
Keempat: Tempel-tempelkan secara halus ujung kabel batre/aki "min" yang tadi baru anda lepaskan ke ujung kepalanya.
Kelima: Perhatikanlah, apakah tempelan-tempelan halus tadi menciptakan percikan api kecil. Kalau tidak maka mobil anda bebas short. Jika Ya, maka silakan anda melanjutkan garuk-garuk kepalanya, karena mobil anda terbukti secara meyakinkan terkena short.
Begitulah arti sebuah kepastian.
Kadang melegakan pernapasan
Kadang menyesakkan kerongkongan
Kadang menghilangkan kerisauan
dan tak jarang malah bikin tambah galau.
Kalau galau jangan risau.
Kontek aja spesialisnya.
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
mas sedikit koreksi, kalo pun ada percikan api belum tentu juga short.
karena beberapa perangkat dimobil pasti memiliki system standby contohnya: alarm, power amplifier dengan dan tanpa Capacitor, tape, central lock, dll itu semua diluar kunci kontak.
dengan adanya perangkat2 tersebut pastilah ada percikan api saat connect kabel battery, apalagi mobil saya dengan capacitor 1,5F wah gede bener apinya saat connect battery. Karena prinsip kerjanya, saat kabel battery dicabut maka capacitor akan membuang seluruh muatannya ke perangkat secara semu (not active), dan ketika kosong capacitor tsb, maka saat kita connect kabel battery akan terjadi percikan api dimana battery memberikan supply untuk mengisi muatan capacitor yang kosong tadi.
Untuk memastikan short atau tidaknya, saya lebih percaya menggunakan AVO meter (Ohm) dengan besaran dibawah 100Ohm short... merk avo yang saya pergunakan biasanya fluke, sanwa itu recommended.
karena beberapa perangkat dimobil pasti memiliki system standby contohnya: alarm, power amplifier dengan dan tanpa Capacitor, tape, central lock, dll itu semua diluar kunci kontak.
dengan adanya perangkat2 tersebut pastilah ada percikan api saat connect kabel battery, apalagi mobil saya dengan capacitor 1,5F wah gede bener apinya saat connect battery. Karena prinsip kerjanya, saat kabel battery dicabut maka capacitor akan membuang seluruh muatannya ke perangkat secara semu (not active), dan ketika kosong capacitor tsb, maka saat kita connect kabel battery akan terjadi percikan api dimana battery memberikan supply untuk mengisi muatan capacitor yang kosong tadi.
Untuk memastikan short atau tidaknya, saya lebih percaya menggunakan AVO meter (Ohm) dengan besaran dibawah 100Ohm short... merk avo yang saya pergunakan biasanya fluke, sanwa itu recommended.
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
Om bams, thanks to attention en corection. Opini Om Bams tidak salah, sukur deh kalo om bams dah pny avo nya. mmg alat itu lumayan membantu.
sebesar atau sekecil apapun percikan api tadi, dapat dikatakan short. dan short pun memang ada tingkatannya, bahkan sampaikan ada yang menghilang listrik di aki sampai bener-bener kering dalam waktu 3 jam tanpa perlu mengeluarkan asap. Itu biasa kami namakan "si maling setrum" Itu kasus yang sering kami tangani. atas pengalaman kami dilapangan tadi kami terus berupaya memodifikasi sistem kelistrikan di mobil agar pemakai gadget-gadget mobil aman dari short sekecil apapun.
sebesar atau sekecil apapun percikan api tadi, dapat dikatakan short. dan short pun memang ada tingkatannya, bahkan sampaikan ada yang menghilang listrik di aki sampai bener-bener kering dalam waktu 3 jam tanpa perlu mengeluarkan asap. Itu biasa kami namakan "si maling setrum" Itu kasus yang sering kami tangani. atas pengalaman kami dilapangan tadi kami terus berupaya memodifikasi sistem kelistrikan di mobil agar pemakai gadget-gadget mobil aman dari short sekecil apapun.
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
"Si maling setrum" itu disebut Self Discharge battery mas, dan tekadang emang ga ada current yang mengalir pun battery bisa kosong sendiri.
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
Om bams, sudah mencoba buat ngilangin percikan api tadi tanpa mesti mengganti perangkat yang menggunakan setrum langsung? dan tanpa merubah capsitor di dalam perangkat itu? karena pada prinsipnya itu tetap short.
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
ane kira tidak se-sederhana spt yg di terjemahkan diatas, pd akhirnya tetap dibutuhkan alat utk mendeteksi kasus short tersebut, aki sebagai sumber power hny sebagai media pembangkit listrik yg di isi dari alternator. aki tidak pny sensitifitas saat terjadi-nya short kecuali aki tersebut yg bermasalah, itu jg akan ditampilkan oleh instrument cluster..
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
Untuk menghilangkan/mengurangi percikan api biasanya dibutuhkan capacitor dirangkai secara seri.
Ini bisa kita lihat pada rangkaian motor listrik, guna capacitor pada motor listrik akan mengurangi percikan api saat start awal & menghilangkan distorsi.
Iyak bener mas semuthitam, pada alat ukur sendiri sudah memberikan batasan mana yang kategori short & mana yang kategori beban (R). Bisa dicoba pada alat ukur Fluke dengan hambatan diatas 100Ohm maka buzzer tidak berbunyi, namun pada hambatan dibawah 100Ohm buzzer akan berbunyi dan ini kategori short.
Percikan api ini jika kita hubungkan dengan rumus SMP dahulu. V=I.R yah bener pasti ada percikan api saat connect, karena I=Current yang mengalir.
Ini bisa kita lihat pada rangkaian motor listrik, guna capacitor pada motor listrik akan mengurangi percikan api saat start awal & menghilangkan distorsi.
Iyak bener mas semuthitam, pada alat ukur sendiri sudah memberikan batasan mana yang kategori short & mana yang kategori beban (R). Bisa dicoba pada alat ukur Fluke dengan hambatan diatas 100Ohm maka buzzer tidak berbunyi, namun pada hambatan dibawah 100Ohm buzzer akan berbunyi dan ini kategori short.
Percikan api ini jika kita hubungkan dengan rumus SMP dahulu. V=I.R yah bener pasti ada percikan api saat connect, karena I=Current yang mengalir.
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
bambangmuliyadi wrote:Untuk menghilangkan/mengurangi percikan api biasanya dibutuhkan capacitor dirangkai secara seri.
Ini bisa kita lihat pada rangkaian motor listrik, guna capacitor pada motor listrik akan mengurangi percikan api saat start awal & menghilangkan distorsi.
Iyak bener mas semuthitam, pada alat ukur sendiri sudah memberikan batasan mana yang kategori short & mana yang kategori beban (R). Bisa dicoba pada alat ukur Fluke dengan hambatan diatas 100Ohm maka buzzer tidak berbunyi, namun pada hambatan dibawah 100Ohm buzzer akan berbunyi dan ini kategori short.
Percikan api ini jika kita hubungkan dengan rumus SMP dahulu. V=I.R yah bener pasti ada percikan api saat connect, karena I=Current yang mengalir.
nah mas Bambang, alangkah lebih afdol-nya bila jenengan tampilkan spt apa itu Fluk itu dan berapa nilai mikro.farat capasitor yg diperlukan utk rangkaian seri tersebut?
ini semata.mata agar rekan pembaca yg lain memiliki gambaran yg jelas dari thread ini..
demikian..
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
Untuk nilai capacitor tergantung R(beban). Semakin besar beban maka semakin besar kebutuhan kapasitansi nya.
Justru pada mobil tidak menggunakan itu disebabkan current yang mengalir cukup besar. dan juga jarang banget kan cabut2 kabel battery.
Kalo penggunaan capacitor untuk mengurangi percikan api pada saklar biasanya cukup 100nF saja.
Dibawah Fluke 337 & Sanwa DCM400AD
Justru pada mobil tidak menggunakan itu disebabkan current yang mengalir cukup besar. dan juga jarang banget kan cabut2 kabel battery.
Kalo penggunaan capacitor untuk mengurangi percikan api pada saklar biasanya cukup 100nF saja.
Dibawah Fluke 337 & Sanwa DCM400AD
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
terima kasih mas Bambang..
kiranya apa yg ditampilkan diatas berguna utk sesama ya..
kiranya apa yg ditampilkan diatas berguna utk sesama ya..
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Spesial buat om Bams
Memang terkadang harga tdk pernah bohong. yg saya maksud adalah sistem kelistrikan Mercedes. apa yg om bams utarakan tdk ada yg salah sedikit pun. dan apa yg om bams paparkan terhadap alat-alat itu sy pun sangat paham. tetapi toh pada akhirnya kita hanya jd penonton/pemakai alat itu. dan itu semua ribet...
saya membiasakan berpikir santai, simpel tapi membuahkan solutif. saya kasih bocoran sedikit, karena ini bukan forum perkuliahan. Pernahkan terpikir oleh kita bgm memutus arus ke dalam dasbor dgn cara sederhana, karena di sanalah sumber short-short itu terjadi?
(cara sederhana=dari kijang sampai jaguar bisa menggunakannya)
Om bams pernah menemukan aki mobil yg tdk pernah memercikan api ketika di tes dgn tips yg saya berikan di atas?
saya membiasakan berpikir santai, simpel tapi membuahkan solutif. saya kasih bocoran sedikit, karena ini bukan forum perkuliahan. Pernahkan terpikir oleh kita bgm memutus arus ke dalam dasbor dgn cara sederhana, karena di sanalah sumber short-short itu terjadi?
(cara sederhana=dari kijang sampai jaguar bisa menggunakannya)
Om bams pernah menemukan aki mobil yg tdk pernah memercikan api ketika di tes dgn tips yg saya berikan di atas?
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
Sering mas, caranya seblum connect battery diberikan capacitor:
Seperti halnya saklar, agar tidak terjadi percikan api dan mengurangi fong:
Seperti halnya saklar, agar tidak terjadi percikan api dan mengurangi fong:
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
Om bams 31 thn, saya 30 thn, kita beda cuma satu angka, kayaknya kurang cocok kalo di panggil Om. saya panggil mas bams aja yaa.
Kalo saya sangat senang bisa discus dgn mas bams. jujur saya senang.
menurut saya sampai saat ini apa yg kita utarakan berdua sudah lumayan nambah masukkan buat biemer yang lain.
kita bertemu di topik yg lain.
kalau bisa mas Bams yg buka topik duluan
Kalo saya sangat senang bisa discus dgn mas bams. jujur saya senang.
menurut saya sampai saat ini apa yg kita utarakan berdua sudah lumayan nambah masukkan buat biemer yang lain.
kita bertemu di topik yg lain.
kalau bisa mas Bams yg buka topik duluan
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
oke mas, saya sih emang suka oprek2 elekronik, apapun itu pasti saya bongkar sendiri.
ECU aja pernah saya bongkar...
Jangan ditanya bagian mesin, ngampun mas... ra ngerti.
Sharing dikit, dulu saat ambil nih mobil E36 M40 wah bagian kelistrikkannnya bener2 mudeng.
Fuel Pump langsung dari battery via kunci kontak, MAgnetic AC dilangsungkan menggunakan thermostat tanpa control DME, Foglamp dilangsungkan dengan lampu sein, Ext fan langsung dari magnetic AC, dll
Tapi setelah dapet bantuan Service manual dari mas P4ri, alhamdulillah semua kelistrikan sudah saya trace menjadi original. dan menghabiskan duit 4jt untuk spareparts untuk beli relay, fuse, kabel, dll.
ECU aja pernah saya bongkar...
Jangan ditanya bagian mesin, ngampun mas... ra ngerti.
Sharing dikit, dulu saat ambil nih mobil E36 M40 wah bagian kelistrikkannnya bener2 mudeng.
Fuel Pump langsung dari battery via kunci kontak, MAgnetic AC dilangsungkan menggunakan thermostat tanpa control DME, Foglamp dilangsungkan dengan lampu sein, Ext fan langsung dari magnetic AC, dll
Tapi setelah dapet bantuan Service manual dari mas P4ri, alhamdulillah semua kelistrikan sudah saya trace menjadi original. dan menghabiskan duit 4jt untuk spareparts untuk beli relay, fuse, kabel, dll.
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
bambangmuliyadi wrote:oke mas, saya sih emang suka oprek2 elekronik, apapun itu pasti saya bongkar sendiri.
ECU aja pernah saya bongkar...
Jangan ditanya bagian mesin, ngampun mas... ra ngerti.
Sharing dikit, dulu saat ambil nih mobil E36 M40 wah bagian kelistrikkannnya bener2 mudeng.
Fuel Pump langsung dari battery via kunci kontak, MAgnetic AC dilangsungkan menggunakan thermostat tanpa control DME, Foglamp dilangsungkan dengan lampu sein, Ext fan langsung dari magnetic AC, dll
Tapi setelah dapet bantuan Service manual dari mas P4ri, alhamdulillah semua kelistrikan sudah saya trace menjadi original. dan menghabiskan duit 4jt untuk spareparts untuk beli relay, fuse, kabel, dll.
kasian ni @bambang beli BMW malah ditantangin utk beresin elektrik-nya.. hehehe..
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
setiap rangkaian apapun itu, adalah penggabungan antara kutub positif sama negatif dan diolah untuk mendapatkan hambatan dan tegangan yang dibutuhkan....terdengar simple tapi bikin pusing pale....
gampangnya Lampu....kenapa lampu bisa nyala...?????ya karena kutub positif di shortkan dengan kutub Negatif melalui kawat nekelin....dimana ada penggunaan system electronic pasti ada short dan masih bisa ditahan oleh yang dinamakan Fuse..klo tegangan sudah lewat ambang batas, fuse yang putus.....
gampangnya Lampu....kenapa lampu bisa nyala...?????ya karena kutub positif di shortkan dengan kutub Negatif melalui kawat nekelin....dimana ada penggunaan system electronic pasti ada short dan masih bisa ditahan oleh yang dinamakan Fuse..klo tegangan sudah lewat ambang batas, fuse yang putus.....
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
salam untuk semua bimmers dan punggawanya,
mumpung lg ngomongin aki, ane punya masalah nich.
Ane baru beli aki Yuasa 58024 (80 mah), awalnya bagus tapi waktu mobil tidak dipanasin 3 hari aki ngedrop
Mobil ane M40 1989 Mtech 2, sudah di benerin semua kabel luar karena pemilik pertama banyak kabel tambahan dan tidak terpakai lagi (tinggal bagian dalam mobil yang belum).
Sepertinya ada korslet
1. Kalau stop kontak dinyalakan tape langsung nyala, sekarang saya cabut depannya (bukan orisinil dan bisa di cabut kepala depannya)
Apakah tetap dianggap nyala walau posisi stop kontak off ?
2. Di positif aki ada 3 kabel tambahan (belum tahu untuk apa saja). apakah memang ada kabel tambahan selain kabel standart ke aki (hanya kabel positif).
3 Sensor untuk shockbraker di cabut dan oleh pemilik pertama di short ujungnya supaya tidak nyala di spedometer.
apakah ini juga ada pengaruhnya ?
Mohon bantuannya ... dah pusing nich aki tekor melulu.
terimakasih atas bantuan semuanya.....
robert
mumpung lg ngomongin aki, ane punya masalah nich.
Ane baru beli aki Yuasa 58024 (80 mah), awalnya bagus tapi waktu mobil tidak dipanasin 3 hari aki ngedrop
Mobil ane M40 1989 Mtech 2, sudah di benerin semua kabel luar karena pemilik pertama banyak kabel tambahan dan tidak terpakai lagi (tinggal bagian dalam mobil yang belum).
Sepertinya ada korslet
1. Kalau stop kontak dinyalakan tape langsung nyala, sekarang saya cabut depannya (bukan orisinil dan bisa di cabut kepala depannya)
Apakah tetap dianggap nyala walau posisi stop kontak off ?
2. Di positif aki ada 3 kabel tambahan (belum tahu untuk apa saja). apakah memang ada kabel tambahan selain kabel standart ke aki (hanya kabel positif).
3 Sensor untuk shockbraker di cabut dan oleh pemilik pertama di short ujungnya supaya tidak nyala di spedometer.
apakah ini juga ada pengaruhnya ?
Mohon bantuannya ... dah pusing nich aki tekor melulu.
terimakasih atas bantuan semuanya.....
robert
robert- Jumlah posting : 45
Reputation : 0
Join date : 09.11.11
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
robert wrote:salam untuk semua bimmers dan punggawanya,
mumpung lg ngomongin aki, ane punya masalah nich.
Ane baru beli aki Yuasa 58024 (80 mah), awalnya bagus tapi waktu mobil tidak dipanasin 3 hari aki ngedrop
Mobil ane M40 1989 Mtech 2, sudah di benerin semua kabel luar karena pemilik pertama banyak kabel tambahan dan tidak terpakai lagi (tinggal bagian dalam mobil yang belum).
Sepertinya ada korslet
1. Kalau stop kontak dinyalakan tape langsung nyala, sekarang saya cabut depannya (bukan orisinil dan bisa di cabut kepala depannya)
Apakah tetap dianggap nyala walau posisi stop kontak off ?
2. Di positif aki ada 3 kabel tambahan (belum tahu untuk apa saja). apakah memang ada kabel tambahan selain kabel standart ke aki (hanya kabel positif).
3 Sensor untuk shockbraker di cabut dan oleh pemilik pertama di short ujungnya supaya tidak nyala di spedometer.
apakah ini juga ada pengaruhnya ?
Mohon bantuannya ... dah pusing nich aki tekor melulu.
terimakasih atas bantuan semuanya.....
robert
@robert: coba aku bantu berikan pandangan ya..
1. Normal-nya saat kunci diputar ke posisi 2 maka Radio/Tape akan hidup, bila R/T di off kan hny akan tampil tulisan di display Head Unit (HU) dan R/T akan "main" bila tdk di shut.down sblm cabut kunci di posisi 1. Untuk men.shut.down R/T bisa tekan-tahan tombol sebelah kiri-atas HU ±3 detik dan me"main"kan HU dgn sekali sentuh tombol yg sama, jd tanpa perlu melepas front face HU.
2. Coba diperiksa dulu peruntukkan kabel2 di pole aki positif tersebut, umum-nya tuk pekerjaan customize spt Alarm and Audio System. kalo di pole aki negatif utk menambah kekuatan massa di mobil tsb.
3. Perihal tersebut bukan sensor shockbreaker melainkan sensor rem depan, pastikan kabel yg dibawah spatbor depan tidak terkoneksi 1 dgn lain-nya dan di isolatip rapih jali..
hal tersebut tdk memberikan pengaruh terhadap kinerja mobil.
Saran ku, coba di cek dan atau reparasi Altenator-nya, mgk part tsb yg buat aki-nya kewalahan setroom..
demikian
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
Dari yang bikin Tread!!
Kalau mobil bim bisa copot aki, begini saran simple ane. lepas kepala aki plusya aja, kemudian jepit dengan tespen dan mata tespen di tempel ke kutub aki plusnya. pastikan semua kelistrikan off. lalu perhatikan apakah tespen tadi menyala atau tidak. kalau menyala, pasti ada yang short. kalau menyala lalu mati itu cuma isi setrum ke elco jadi aman. kalau tespen tidak menyala bebas short.
Kalau mobil bim bisa copot aki, begini saran simple ane. lepas kepala aki plusya aja, kemudian jepit dengan tespen dan mata tespen di tempel ke kutub aki plusnya. pastikan semua kelistrikan off. lalu perhatikan apakah tespen tadi menyala atau tidak. kalau menyala, pasti ada yang short. kalau menyala lalu mati itu cuma isi setrum ke elco jadi aman. kalau tespen tidak menyala bebas short.
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
Oiya sekedar jaminan profesional, kalau seantero forum bmw ini ga ada juga yg bisa nyembuhin short om robert, saya berani maju dengan waktu maksimal 3 hari: short hilang. tapi syaratnya diforum ini udah pada nyerah semua en aki bebas copot. TIGA HARI GA SEMBUUH GRETONG BO
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
bos...bikin tools sederhana aja....cari soket lampu speda motor yang berkabel 2 biji lengkap dengan bohlamnya 12 v kasih 8w juga gpp....lepas kabel negatif aki mobil dari body dan sambung dengan salah satu kabel dari soket lampu dan kabel yang lain dari soket lampu ke ground body mobil.....usahakan yang kenceng dan disambung dengan ground yang bagus....jangan lupa tutup sama isolasi....jika lampu menyala berarti ada penggunaan setrum....mulai lepaskan 1 demi 1 fuse yang ada di fuse box untuk mengidentifikasi yang menggunakan setrum area mana dan identifikasi dengan fungsinya apakah selalu ambil setrum ato harusnya menggunakan kontak/ saklar contoh..penggunaan Jam walaupun kontak/switch off jam masih bekerja artinya HOT ALL TIME/ selalu ambil setrum, untuk area ini fuse harus dilepas terlebih dahulu....klo sampe semua fuse dillepas lampu masih nyala..coba lepaskan kabel dari alternator...robert wrote:salam untuk semua bimmers dan punggawanya,
mumpung lg ngomongin aki, ane punya masalah nich.
Ane baru beli aki Yuasa 58024 (80 mah), awalnya bagus tapi waktu mobil tidak dipanasin 3 hari aki ngedrop
Mobil ane M40 1989 Mtech 2, sudah di benerin semua kabel luar karena pemilik pertama banyak kabel tambahan dan tidak terpakai lagi (tinggal bagian dalam mobil yang belum).
Sepertinya ada korslet
1. Kalau stop kontak dinyalakan tape langsung nyala, sekarang saya cabut depannya (bukan orisinil dan bisa di cabut kepala depannya)
Apakah tetap dianggap nyala walau posisi stop kontak off ?
2. Di positif aki ada 3 kabel tambahan (belum tahu untuk apa saja). apakah memang ada kabel tambahan selain kabel standart ke aki (hanya kabel positif).
3 Sensor untuk shockbraker di cabut dan oleh pemilik pertama di short ujungnya supaya tidak nyala di spedometer.
apakah ini juga ada pengaruhnya ?
Mohon bantuannya ... dah pusing nich aki tekor melulu.
terimakasih atas bantuan semuanya.....
robert
semoga bisa membantu mengatasi masalah...klo semua sudah dilepas dan lampu masih menyala....perlu restorasi total system kelistrikan ato distandarin lagi
Sigit Ario- Jumlah posting : 1515
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
terimakasih sebelumnya atas masukkannya, saya akan coba...
gan semuthitam maksud saya untuk no 1 : kalau kunci kontak di on, memang R/T akan nyala. maksud sy kl kunci kontak kemudian di off, R/T tetap nyala (walau kepala R/T di copot). ?
Salam
Robert
gan semuthitam maksud saya untuk no 1 : kalau kunci kontak di on, memang R/T akan nyala. maksud sy kl kunci kontak kemudian di off, R/T tetap nyala (walau kepala R/T di copot). ?
Salam
Robert
robert- Jumlah posting : 45
Reputation : 0
Join date : 09.11.11
Kabel
salam kenal u/ senior2 disini .
sy barusan nebus BMW E34 M50 th 91 . rencananya sy mo benerin power window penumpang ( kanan+kiri ) krn tdk bisa dioperasikan dr belakang , bisanya dr control depan .setelah sy bongkar doortrim pintu , sy cek kabel u/ control PW nya tdk ada, sepetinya dilepas oleh pemilik sebelumnya.pemikiran sy, kabel u/ control PW di belakang bisa diparaelel dr kabel control PW di depan.Boleh ga ya seperti itu ? kalo boleh , trus jalur kabel nya kira2 lewat mana aja ? ..( secara sy belum pernah ngurut kabel .) terimakasih sebelumnya .
salam,
iwan
sy barusan nebus BMW E34 M50 th 91 . rencananya sy mo benerin power window penumpang ( kanan+kiri ) krn tdk bisa dioperasikan dr belakang , bisanya dr control depan .setelah sy bongkar doortrim pintu , sy cek kabel u/ control PW nya tdk ada, sepetinya dilepas oleh pemilik sebelumnya.pemikiran sy, kabel u/ control PW di belakang bisa diparaelel dr kabel control PW di depan.Boleh ga ya seperti itu ? kalo boleh , trus jalur kabel nya kira2 lewat mana aja ? ..( secara sy belum pernah ngurut kabel .) terimakasih sebelumnya .
salam,
iwan
iwansetiawan- Jumlah posting : 3
Reputation : 0
Join date : 05.11.12
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
robert wrote:terimakasih sebelumnya atas masukkannya, saya akan coba...
gan semuthitam maksud saya untuk no 1 : kalau kunci kontak di on, memang R/T akan nyala. maksud sy kl kunci kontak kemudian di off, R/T tetap nyala (walau kepala R/T di copot). ?
Salam
Robert
@robert: sejatinya tidak ada arus listrik pd HU tsb bila posisi kunci-1 (off) karena kunci starter tsb termasuk switch (saklar) trhdp komponen elektrik/elektronik di mobil. bgitu kunci diputar ke posisi on (blm start mesin) yg ditunjukkan dgn lampu2 instrument cluster menyala, maka di HU tsb ada arus listrik walau kepala HU dilepas.
demikian
semut.hitam.m40- Jumlah posting : 322
Reputation : 23
Join date : 10.07.11
Lokasi : Jakarta
Re: TIPS CHECK SHORT KABEL MOBIL
@robert: kalau mobilnya E36, bisa perhatikan jalur berikut.
Kabel merah tape harusnya nyambung ke kabel violet putih, biasanya sih tukang audio terbalik pasang.
Merah ke merah.. efeknya, begitu kunci off, tape masih bisa idup krn merah (hot all times)
Kabel merah tape harusnya nyambung ke kabel violet putih, biasanya sih tukang audio terbalik pasang.
Merah ke merah.. efeknya, begitu kunci off, tape masih bisa idup krn merah (hot all times)
bambangmuliyadi- Jumlah posting : 382
Reputation : 27
Join date : 29.08.11
Age : 43
Lokasi : Banda Aceh
Similar topics
» TIPS CHECK ALTERNATOR
» Mobil tidak dipakai 3 bulan lebih, tips?
» asuransi lig jaminan & usia mobil lebih lama ada mobil pengganti
» help me (kunci ketinggalan) short cut key buat unlock...
» 323i Di stater ga ada bunyi dan kadang ngelos...
» Mobil tidak dipakai 3 bulan lebih, tips?
» asuransi lig jaminan & usia mobil lebih lama ada mobil pengganti
» help me (kunci ketinggalan) short cut key buat unlock...
» 323i Di stater ga ada bunyi dan kadang ngelos...
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik
Thu 16 Jun 2022 - 6:50 by Wisnu85
» Speed Limit BMW E90 2008
Tue 14 Jun 2022 - 21:32 by TheMechanic
» Video Obat Aborsi Cytotec ( 08991026699 ) Jual Obat Aborsi Layanan Pesan Cod Bayar Ditempat
Tue 14 Jun 2022 - 8:47 by asamara
» RPM naik sendiri
Sun 24 Apr 2022 - 14:11 by yudhistiraw
» Obat Penggugur Kandungan - kesuburan Setelah Mengunakan Obat Aborsi Cytotec
Sat 23 Apr 2022 - 9:34 by asamara
» Jual Obat Aborsi - Mengetahui Efek Cytotec Penggugur Kandungan Dan Kesuburan
Sat 23 Apr 2022 - 9:18 by asamara
» Obat Penggugur Kandungan Cytotec - Efek Aborsi Usia Kehamilan 1-8 Bulan
Sat 23 Apr 2022 - 9:02 by asamara
» Kedala bmw e36 m43
Fri 22 Apr 2022 - 4:39 by Hery
» Kenalpot berasap saat mobil 523i e60 di panasin
Tue 19 Apr 2022 - 7:51 by E60Sentris