Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
» ask : jasa pengelasan repair body mobil panggilan surabaya
Fri 9 Nov 2018 - 9:39 by gito

» Tolong dibantu ya...
Thu 8 Nov 2018 - 15:11 by Ojan

» Pengguna awam bmw e318i.
Sun 4 Nov 2018 - 21:49 by Ojan

» (ASK) Konslet Ketika memasang Accu
Wed 24 Oct 2018 - 6:10 by youthanesia

» E36 udara panas mesin masuk ke kaki supir
Sun 14 Oct 2018 - 17:02 by Kotakaneh

» INDONESIAN BIMMERFEST 2018
Sat 13 Oct 2018 - 11:55 by p4ri

» Wiring AC 318i e30 m40
Fri 12 Oct 2018 - 14:56 by gito

» Part e36 m40
Tue 11 Sep 2018 - 16:29 by p4ri

» indikator abs nyala dan mati sendiri
Tue 4 Sep 2018 - 13:30 by p4ri

Gallery


Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of BMW Lovers of Indonesia on your social bookmarking website

530i matic ngebul

Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste

permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih

Comments: 0

520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.

Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara

selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.

mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …

[ Full reading ]

Comments: 10

CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36

Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe

Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.

Comments: 1

bmw_520i_e34_1991

Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82

salam kenal.....

mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....

Comments: 6

Mesin tidak mau hidup

Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung

Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …

[ Full reading ]

Comments: 4

Mohon Bantuan

Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks

Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.

Comments: 1

AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati

Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe

Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?

1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …

[ Full reading ]

Comments: 3

Bengkel / mekanik BMW 518i

Tue 17 Dec 2013 - 22:32 by badarkalimata@gmail.com

Bro mau nanya nih klo wilayah makassar mekanik/bengkel BMW ada nggak ?

Comments: 1

unit kontrol elektrik bermasalah

Thu 23 May 2013 - 15:41 by widuri

salam kenal agan2 semua
saya minta solusi pada permasalahan ini


mobil bmw 750i tidak mau ada pengapian sama sekali knapa ya ?
ini terjadi setelah dinamo starternya patah, setelah dinamo starter di las dan dipasang lagi bisa di stater, tapi mesin tidak mau hidup sampai sekarang kurang lebih 2 minggu

mungkin disini ada yang punya solusinya bisa menghubungi ke nomor 081936940904

terimakasih..


[ Full reading ]

Comments: 1


timing belt

Go down

timing belt

Post  Setia_One on Wed 24 Nov 2010 - 12:53

Para suhu saya mau tanya nih ( maklum pemula / awam mslh BMW ) ,
klo suatu saat timing belt putus apa menyebabkan mesin ( klep ) jadi bengkok seperti halnya pada mobil bermerk daihatsu ?? atau aman2 saja seperti merk suzuki pada umumnya ?? untuk antisipasi agar tdk melewati batas waktu penggantian timing belt ,
terimakasih sebelumnya .

affraid
avatar
Setia_One

Jumlah posting : 26
Reputation : 0
Join date : 08.11.10
Age : 43
Lokasi : Ruteng-Manggarai-Nusa Tenggara Timur

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  p4ri on Wed 24 Nov 2010 - 20:26

Efek yang ditimbulkan rata2 sama seperti kendaraan lain yang putus timing belt. Bisa mengakibatkan katup bengkok atau patah.

Biasakan mengganti timing belt setiap 35.000 km. Penggantian timing belt lebih baik disertai dengan penggantian bearing, deflecting and adjusting pulley, water pump.
avatar
p4ri

Jumlah posting : 2950
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  Setia_One on Wed 24 Nov 2010 - 20:50

Waduh gawat juga ya gan , berarti seperti pada Daihatsu dan merk lain pada umumnya , ,
oke deh makasih atas infonya , , btw klo keseluruhan diganti biasanya makan biaya berapa gan ?? biar besok2 saya siapkan klo lagi ada rejekinya ,
sebab 2bln yg lalu si empunya kasihtahu pas saya beli mobilnya klo timing belt masih separoh jalan lagi , memang selama ini saya jarang pake tu mobil kebanyakan parkir di garasi , , , , sukses selalu ya gan , thanks
avatar
Setia_One

Jumlah posting : 26
Reputation : 0
Join date : 08.11.10
Age : 43
Lokasi : Ruteng-Manggarai-Nusa Tenggara Timur

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  hari_34174 on Wed 24 Nov 2010 - 22:06

untuk tipe M43 apa pake timing belt juga gak om pari??

ada beberapa info, pake chain belt, maintenance nya gimana om??
thanks
avatar
hari_34174

Jumlah posting : 213
Reputation : 3
Join date : 19.06.10

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  p4ri on Thu 25 Nov 2010 - 19:06

Untuk M43 setahu saya pakai timing chain.

Gak perlu perawatan sampai masa dia minta diganti karena sambungan antar rantai sudah longgar. Tapi lama kok masa pakainya.

Untuk M40,
Tensioner Besar 11 31 1 708 806 210,000
Tensioner Kecil 11 31 1 708 806 150,000
Timing Belt 11 31 1 717 796 150,000
Water Pump 11 51 9 070 763 400,000
Thermostat 11 53 7 511 580 135,000

Harga di Semarang
avatar
p4ri

Jumlah posting : 2950
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  hari_34174 on Thu 25 Nov 2010 - 23:11

infonya mantap om, sekalian ngasih koreksi buat saya, memang timing chain yg bener...
thanks
avatar
hari_34174

Jumlah posting : 213
Reputation : 3
Join date : 19.06.10

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  Setia_One on Tue 30 Nov 2010 - 22:27

Makasih Om atas infonya , nah satu lagi :
Klo dlm 35.000 km kita hanya ganti timing belt aja , lalu 35.000 km kemudian baru kita ganti seluruh ( Tensioner Besar, Tensioner Kecil , Timing Belt , Water Pump dan Thermostat ) kira2 efeknya yg paling besar apa ya Om P4ri ?? makasih atas supportnya
Very Happy
avatar
Setia_One

Jumlah posting : 26
Reputation : 0
Join date : 08.11.10
Age : 43
Lokasi : Ruteng-Manggarai-Nusa Tenggara Timur

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  p4ri on Wed 1 Dec 2010 - 10:03

Gak ada efek besar kok. Efek besar kan kalau timing belt putus.

Tapi, siap2 saja :

1. telinganya mendengar suara berisik dari suku cadang berputar (mis, bearing) yang tidak diganti.
2. siap duit untuk membongkar pasang lagi kalau ada yang rusak
3. siap kalau mesin kepanasan karena pompa air atau thermostat ngadat

Bukan menakut-nakuti, karena di mesin tidak ada hantu.
avatar
p4ri

Jumlah posting : 2950
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

kebetulan mau ganti timing belt (e30 m40 91)

Post  a6ung on Sun 29 Jan 2012 - 10:29

wah, kebetulan saya mau ganti timing belt..
sepertinya udah jelek karena sudah lama sekali tidak ganti

dapet info bagus dr sini.
jadi sebaiknya ganti dengan tensionernya ya?

terkadang ada suara berdecit bila mesin digas mendadak, itu mungkin tensionernya ya om Pari?

hehe, saya juga masih awam soal mesin mobil, Embarassed
avatar
a6ung

Jumlah posting : 126
Reputation : 5
Join date : 12.06.11
Lokasi : Bandung

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  p4ri on Sun 29 Jan 2012 - 13:08

Mungkin belt yang lain yang ada di ruang mesin ada yang keras. Coba saja digosok dulu dengan lilin. Mungkin suaranya bisa hilang.
avatar
p4ri

Jumlah posting : 2950
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

foto timing belt

Post  a6ung on Mon 30 Jan 2012 - 20:25

saya gak punya histori ganti timing belt, KM mobil skr 216350 (mobil thn 91)
mungkin sudah 1 atau 2 kali ganti timing belt,

keadaan timing belt sekarang




ini belt lainnya yang ada didekatnya


apakah belt2 tsb dari penampakannya sudah layak diganti? Question

om Moderator, maaf kalau gambarnya ada yang panjang/ lebarnya lebih dari 400 pixel, saya ingin menampilkan detail pada gambar agar nampak jelas Embarassed

keluar dari topik sedikit Embarassed yang dilingkari hijau itu kabel apa ya?


Terakhir diubah oleh a6ung tanggal Mon 30 Jan 2012 - 22:29, total 1 kali diubah (Reason for editing : tambahan)
avatar
a6ung

Jumlah posting : 126
Reputation : 5
Join date : 12.06.11
Lokasi : Bandung

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  Sigit Ario on Tue 31 Jan 2012 - 8:29

Bos...itu yang dipoto belt Alternator /Waterpump, klo yang satunya belt untuk Kompresor ac, nah timming belt mesin ada didalem mesin gak keliatan kalo gak dibongkar....
klo baru minang mobil ada baiknya ganti semua belt, kecuali tau historisnya....dan pernah diganti dalam rentang waktu sebelum 60.000 miles

Sigit Ario

Jumlah posting : 1509
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  irf_e36 on Tue 31 Jan 2012 - 8:42

a6ung wrote:saya gak punya histori ganti timing belt, KM mobil skr 216350 (mobil thn 91)
mungkin sudah 1 atau 2 kali ganti timing belt,

keadaan timing belt sekarang




ini belt lainnya yang ada didekatnya


apakah belt2 tsb dari penampakannya sudah layak diganti? Question

om Moderator, maaf kalau gambarnya ada yang panjang/ lebarnya lebih dari 400 pixel, saya ingin menampilkan detail pada gambar agar nampak jelas Embarassed

keluar dari topik sedikit Embarassed yang dilingkari hijau itu kabel apa ya?

Keliatannya itu kabel tank pentin valve/fuel tank breather valve, bisa dilihat dibawah afm ada valve yg terhubung ke throtle sama tabung ke tangki bensin.
avatar
irf_e36

Jumlah posting : 85
Reputation : 0
Join date : 23.10.10
Lokasi : Kudus

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  kumin on Tue 31 Jan 2012 - 9:04

a6ung wrote:menampilkan detail pada gambar agar nampak jelas Embarassed

keluar dari topik sedikit Embarassed yang dilingkari hijau itu kabel apa ya?

idem om, itu untuk apa y ? ane juga ada tuh,,,,dan ane juga pernah liat mobil e30 m40 lain-nya malah kg ada kabel itu,,,


ane nanya montir di sini mereka bilang itu cuman socket AFM aja, kg usah dipasang,,,

ane malah jadi bngung, masa iya kg usah dipasang,,,

kumin

Jumlah posting : 142
Reputation : 0
Join date : 14.09.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  irf_e36 on Tue 31 Jan 2012 - 9:18

kumin wrote:
a6ung wrote:menampilkan detail pada gambar agar nampak jelas Embarassed

keluar dari topik sedikit Embarassed yang dilingkari hijau itu kabel apa ya?

idem om, itu untuk apa y ? ane juga ada tuh,,,,dan ane juga pernah liat mobil e30 m40 lain-nya malah kg ada kabel itu,,,


ane nanya montir di sini mereka bilang itu cuman socket AFM aja, kg usah dipasang,,,

ane malah jadi bngung, masa iya kg usah dipasang,,,

Klo fungsinya untuk mengalirkan uap bensin ke throtle (cmiiw), memang banyak yg dimatikan/ditutup tank pentin valve ini.
Karena klo dah gak fungsi bikin idle gak rata, tapi gak sampe mempengaruhi rpm.
Pernah nanya2 juga, efeknya klo dimatikan/ditutup katanya pengaruh di tarikan mesin.
Suhu2 di sini pasti bisa jelasin lebih kumplit, maklum nubie juga.
avatar
irf_e36

Jumlah posting : 85
Reputation : 0
Join date : 23.10.10
Lokasi : Kudus

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  p4ri on Tue 31 Jan 2012 - 9:27

Sekedar menambahkan, kalau baru beli mobil yang track record tidak diketahui dengan jelas, sebaiknya dilakukan penggantian saja. Harga timing belt tidak mahal. Di toko onderdil di Smg, harganya sekitar Rp. 150.000,- Tensioner besar Rp. 210.000,- dan tensioner kecil Rp. 150.000,- Ongkos pasang kalau tidak salah Rp. 150.000,- Daripada putus di jalan, bisa mengakibatkan kerusakan yang mengharuskan kita mengeluarkan biaya lebih besar.

Menurut buku pintar mbah Haynes hal 1-26, perlu penggantian timing belt dan teman-temannya setiap 60000 mil atau 96000km, tapi menurut pengamatan dan pengalaman pribadi untuk kendaraan yang dipakai setiap hari, setelah dipakai 25000 km timing belt sudah tipis dan saya ganti.

Ada baiknya juga saat penggantian timing belt diganti water pump juga.

Kondisi belt yang ada di foto sudah minta diganti tuh...

Kabel yang difoto memang gak ada temannya tuh di BMW E30 M40. Biarin aja dia disitu.
avatar
p4ri

Jumlah posting : 2950
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

meluncur ke bengkel

Post  a6ung on Tue 31 Jan 2012 - 9:44

wah Om Pari, terima kasih masukannya..
jadi gak ragu untuk ganti, segera meluncur ke bengkel deh.. Arrow
avatar
a6ung

Jumlah posting : 126
Reputation : 5
Join date : 12.06.11
Lokasi : Bandung

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  a6ung on Wed 1 Feb 2012 - 0:58

Sigit Ario wrote:Bos...itu yang dipoto belt Alternator /Waterpump, klo yang satunya belt untuk Kompresor ac, nah timming belt mesin ada didalem mesin gak keliatan kalo gak dibongkar....
klo baru minang mobil ada baiknya ganti semua belt, kecuali tau historisnya....dan pernah diganti dalam rentang waktu sebelum 60.000 miles

Shocked oh, salah ya om?
jadi malu Embarassed
avatar
a6ung

Jumlah posting : 126
Reputation : 5
Join date : 12.06.11
Lokasi : Bandung

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  Syofianto on Mon 14 Jan 2013 - 9:36

ikut nanya yah...., kalo e35 m50 '93 pake timing belt atau rantai camrat
avatar
Syofianto

Jumlah posting : 174
Reputation : 16
Join date : 04.01.13
Age : 37
Lokasi : Kab. Seruyan, Kalimantan Tengah

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  p4ri on Mon 14 Jan 2013 - 11:16

Silakan dilihat di http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/320i-M50/RHD/M/1993/december/browse/engine/lubrication_system_oil_pump_with_drive/
avatar
p4ri

Jumlah posting : 2950
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: timing belt

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik