Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
» Ajang Perkenalan
Fri 3 Aug 2018 - 9:14 by p4ri

» Part e36 m40
Sat 21 Jul 2018 - 1:49 by Pippo

» BMW E93 LCI bagian untuk dijual ( 07188)
Tue 10 Jul 2018 - 13:16 by propelautosg

» BMW E34 bagian untuk dijual
Tue 10 Jul 2018 - 12:57 by propelautosg

» ORIGINAL USED BMW PARTS
Wed 4 Jul 2018 - 13:04 by propelautosg

»  ORIGINAL USED E90 lCI M3 CARBON FIBER SIDE MIRROR KACA SAMPING
Wed 4 Jul 2018 - 12:38 by propelautosg

» ORIGINAL USED BMW E60 M5 2007 WIRING CABLES kabel (COMPLETE SET)
Wed 4 Jul 2018 - 12:15 by propelautosg

» ORIGINAL USED BMW F10 M5 SIDE MIRROR
Wed 4 Jul 2018 - 10:57 by propelautosg

» Body Repair
Fri 22 Jun 2018 - 14:21 by Rheza

Gallery


Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
Social bookmarking

Social bookmarking digg  Social bookmarking delicious  Social bookmarking reddit  Social bookmarking stumbleupon  Social bookmarking slashdot  Social bookmarking yahoo  Social bookmarking google  Social bookmarking blogmarks  Social bookmarking live      

Bookmark and share the address of BMW Lovers of Indonesia on your social bookmarking website

530i matic ngebul

Sat 11 Jun 2016 - 21:53 by gunturaguste

permisi suhu, ane bener2 baru nih .... mau angkat 530i. matic. cuma mesin agak goyang (ngebul dikit). apa yg harus segera dicheck? bengkel yg recomended dimana disekitar depok/jaksel? terimakasih

Comments: 0

520i E28 Mesin ndut2an saat Gas diinjek, mohon bantuan om.

Sat 23 Feb 2013 - 12:40 by Ambara

selamat siang saya newbie forum ini dan newbie biem yg habis angkat e28.
Mobil saya saat dipakai jalan kok gas nya brebet2, apalagi pas gas diinjek dalem, mobil ga ada tenaga.
Gigi 3 max jalan di 40 km/jam. kalo gas nya lebih diinjek lagi mesin langsung brebet2 gembos ga ada tenaga seperti mau mati mesinnya , jadi gas harus dikurangin.

mohon pencerahannya om-om suhu, itu permasalahan dimana? …

[ Full reading ]

Comments: 10

CARA MEMPERBAIKI MODUL AC BMW E36

Sun 6 Dec 2015 - 19:39 by dhe_dhe

Nich gan barangkali ada agan - agan yang memiliki masalah dengan AC, Dan yang rusaknya Modul ACnya, bisa kebayangkan harga buat belinya. Mendingan diperbaiki dulu beli baru opsi terakhir. silahkan dibaca
http://bmwindramayu.blogspot.co.id/2015/12/cara-memperbaiki-modul-ac-bmw-e36.html
Mudah mudahan bisa membantu, Saya sudah coba dimobil saya berhasil.

Comments: 1

bmw_520i_e34_1991

Tue 7 Oct 2014 - 21:41 by johan82

salam kenal.....

mohon penceerahan....mobil saya ada netes di bawah jok depan sebelah kiri...di cek bau bensin....tapi ketika mobil mati yg netes ilang...kira2 apa ya....
makasih.....

Comments: 6

Mesin tidak mau hidup

Sat 13 Apr 2013 - 12:11 by kalung

Salam kenal agan2 bmw lovers..
Mau tanya nih masalah bmw 320i..
Kronologinya tuh mobil ga mau hidup, distater tapi ga mau nyangkut mesinnya..
Dulu pernah begini, malemnya abis dipake jalan paginya ga bisa hidup..abis itu dicek masalah kelistrikan (ke busi) & bensin (ke mesin) sama om ane yg ngerti mobil & hasilnya ok..ternyata pas ganti busi mesinnya hidup lagi..
Nah kemaren terjadi lagi …

[ Full reading ]

Comments: 4

Mohon Bantuan

Sat 1 Nov 2014 - 0:32 by saptsbecks

Perkenalkan saya sappit anggota baru d forum ini
saya mohon bantuan dan pencerahan, saya lagi cari lampu belakang untuk BMW 318i E36 M40 thun 1990
mohon bantuan dari rekan2 sekalian
terima kasih.

Comments: 1

AC bmw e36 bermasalah kadang nyala kadang mati

Wed 7 Oct 2015 - 23:40 by dhe_dhe

Mohon pencearahannya.
Ada masalah di ac mobil ane gan, Ac kadang nyala kadang mati. Kondisinya adalah ?

1. Jika pertama kali mesin menyala kemudian rpm dianggka 900, maka dipastika ac tidak nyala, namun blower nyala, indikatornya pada mati ? tapi kalau rpm lamsam di 700an ac pasti nyala.
2. setelah dibawa jalan cukup jauh diputer lagi acnya baru nyala, kadang dibiarkan on nanti nyala sendiri.
3. …

[ Full reading ]

Comments: 3

Bengkel / mekanik BMW 518i

Tue 17 Dec 2013 - 22:32 by badarkalimata@gmail.com

Bro mau nanya nih klo wilayah makassar mekanik/bengkel BMW ada nggak ?

Comments: 1

unit kontrol elektrik bermasalah

Thu 23 May 2013 - 15:41 by widuri

salam kenal agan2 semua
saya minta solusi pada permasalahan ini


mobil bmw 750i tidak mau ada pengapian sama sekali knapa ya ?
ini terjadi setelah dinamo starternya patah, setelah dinamo starter di las dan dipasang lagi bisa di stater, tapi mesin tidak mau hidup sampai sekarang kurang lebih 2 minggu

mungkin disini ada yang punya solusinya bisa menghubungi ke nomor 081936940904

terimakasih..


[ Full reading ]

Comments: 1


cara kerja sistem radiator BMW

Go down

cara kerja sistem radiator BMW

Post  kurkur on Mon 16 Jul 2012 - 20:57

dear agan2 suhu bimmer sekalian....

ane masih newbie nih di bidang BMW ini,secara ane baru 4 bulanan pegang E36 M43 yg jadi tunggangan ane sekarang ini...jadi mohon share beberapa ilmu yg gak didapat di mobil2 laen misal mobil jepang....

contohnya radiator....sekilas kalo dilihat,perbedaan radiator antara mobil jepang pada umumnya dengan BMW yaitu tidak adanya reservoir pada mobil BMW. setelah saya sempet searching di mbah google, ternyata ada 2 jenis sistem pendingin,yaitu yang pertama adalah yang ada pada mobil jepang (cirinya dengan menggunakan reservoir) dan yang kedua adalah sistem vakum yang ada pada mobil eropa seperti BMW (cirinya tanpa reservoir dan menggunakan bleeder untuk membuang udara yang terperangkap,karna di dalam sistem tsb gak boleh sama skali ada udara)

nah, untuk radiator sistem pertama mungkin hampir semua orang udah familiar,fungsinya masing2....tapi untuk radiator tipe vakum ane kurang paham, coba searching di mbah google gak ketemu ttg situs yang nerangin cara kerjanya. salah satu contohnya, misal di radiator pertama ketika tekanan bertambah akibat suhu tinggi maka tekanan tsb dibuang melalui lubang di dekat tutup radiator ke reservoir,dan sebaliknya ketika tekanan berkurang maka air dari reservoir tersedot menuju radiator, sehingga volume air dan tekanan selalu terjaga dan aman. Yang saya bingung, bagaimana cara kerja di radiator BMW untuk menjaga hal2 tsb?kalo gak ada reservoir tempat pembuangan kelebihan tekanan,lalu bagaimana dengan keadaannya ketika tekanan terus bertambah seiring dengan bertambahnya suhu air?jangan2 nanti pecah di tutupnya atau di bagian lain yang paling lemah,semisal selang2...

hal ini kemaren terjadi pada mobil ane,jadi sejak awal dapat ternyata bagian section kiri yang ada tangki bahan plastik sudah gak ori lagi,alias sudah diganti dengan tembaga. praktis tutup radiatornya pun juga udah diganti dengan tutup radiator universal.nah saat perjalanan jauh,tekanan di dalam radiator tinggi,jadinya mendorong air panas dan udara bertekanan tinggi keluar dari sela2 tutupnya (mungkin pada saat itu tutup radiator adalah bagian terlemah). lalu ane inisiatif utk mengganti tutup radiator dengan yang baru dan melanjutkan perjalanan. setelah 2 jam perjalanan tidak terjadi apa2,karna emang tutupnya kuat.tetapi ternyata akhirnya tekanan tinggi tsb menyerang titik lemah yang laen,yaitu sambungan antara section kiri dengan core radiator (yang ada kisi2),akhirnya bocor besar dan terpaksa mobil langsung gak ane pake lagi (utg kejadian tsb pas banget nyampe rumah),sambil nunggu tukang radiator datang buat nambal bagian yg bocor tsb

inti dr masalah ane yg ane terangin panjang lebar ini,aman gak kalo radiator ane direkondisi aja (lubangnya dilas ato ditambal),apakah nanti tekanan tsb menyerang bagian terlemah laennya?ato ada yang bisa menjelaskan kalo sistem vakum itu tidak perlu adanya pembuangan tekanan?ato haruskah section kiri yang udah gak ori dibalikin lagi ke orinya?kalo iya,ada gak yang jual section kiri aja,ato harus beli segelondong? Sad

trima kasih sebelumnya bagi agan2 yang mau membantu ngatasin masalah ane Smile
avatar
kurkur

Jumlah posting : 58
Reputation : 0
Join date : 09.06.12
Age : 32
Lokasi : magetan

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  p4ri on Mon 16 Jul 2012 - 22:47

Di BMW, ada juga mekanisme untuk buang tekanan. Tutup radiator kan berbeda ketahanan untuk membuang tekanan.

Di mesin M40 tutupnya dapat menahan 1.4 Bar http://bmwfans.info/parts/catalog/E30/4-doors/Europe/318i-M40/browse/radiator/radiator/

Di mesin M43 dirancang tutup dengan ketahan 2.0 Bar http://bmwfans.info/parts/catalog/E36/Sedan/Europe/318i-M43/browse/radiator/radiator/

Lebih enak kalau pakai sistem standar. Sesuai pakem.
avatar
p4ri

Jumlah posting : 2944
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  Sigit Ario on Tue 17 Jul 2012 - 7:26

kurkur wrote:dear agan2 suhu bimmer sekalian....

ane masih newbie nih di bidang BMW ini,secara ane baru 4 bulanan pegang E36 M43 yg jadi tunggangan ane sekarang ini...jadi mohon share beberapa ilmu yg gak didapat di mobil2 laen misal mobil jepang....

contohnya radiator....sekilas kalo dilihat,perbedaan radiator antara mobil jepang pada umumnya dengan BMW yaitu tidak adanya reservoir pada mobil BMW. setelah saya sempet searching di mbah google, ternyata ada 2 jenis sistem pendingin,yaitu yang pertama adalah yang ada pada mobil jepang (cirinya dengan menggunakan reservoir) dan yang kedua adalah sistem vakum yang ada pada mobil eropa seperti BMW (cirinya tanpa reservoir dan menggunakan bleeder untuk membuang udara yang terperangkap,karna di dalam sistem tsb gak boleh sama skali ada udara)

nah, untuk radiator sistem pertama mungkin hampir semua orang udah familiar,fungsinya masing2....tapi untuk radiator tipe vakum ane kurang paham, coba searching di mbah google gak ketemu ttg situs yang nerangin cara kerjanya. salah satu contohnya, misal di radiator pertama ketika tekanan bertambah akibat suhu tinggi maka tekanan tsb dibuang melalui lubang di dekat tutup radiator ke reservoir,dan sebaliknya ketika tekanan berkurang maka air dari reservoir tersedot menuju radiator, sehingga volume air dan tekanan selalu terjaga dan aman. Yang saya bingung, bagaimana cara kerja di radiator BMW untuk menjaga hal2 tsb?kalo gak ada reservoir tempat pembuangan kelebihan tekanan,lalu bagaimana dengan keadaannya ketika tekanan terus bertambah seiring dengan bertambahnya suhu air?jangan2 nanti pecah di tutupnya atau di bagian lain yang paling lemah,semisal selang2...

hal ini kemaren terjadi pada mobil ane,jadi sejak awal dapat ternyata bagian section kiri yang ada tangki bahan plastik sudah gak ori lagi,alias sudah diganti dengan tembaga. praktis tutup radiatornya pun juga udah diganti dengan tutup radiator universal.nah saat perjalanan jauh,tekanan di dalam radiator tinggi,jadinya mendorong air panas dan udara bertekanan tinggi keluar dari sela2 tutupnya (mungkin pada saat itu tutup radiator adalah bagian terlemah). lalu ane inisiatif utk mengganti tutup radiator dengan yang baru dan melanjutkan perjalanan. setelah 2 jam perjalanan tidak terjadi apa2,karna emang tutupnya kuat.tetapi ternyata akhirnya tekanan tinggi tsb menyerang titik lemah yang laen,yaitu sambungan antara section kiri dengan core radiator (yang ada kisi2),akhirnya bocor besar dan terpaksa mobil langsung gak ane pake lagi (utg kejadian tsb pas banget nyampe rumah),sambil nunggu tukang radiator datang buat nambal bagian yg bocor tsb

inti dr masalah ane yg ane terangin panjang lebar ini,aman gak kalo radiator ane direkondisi aja (lubangnya dilas ato ditambal),apakah nanti tekanan tsb menyerang bagian terlemah laennya?ato ada yang bisa menjelaskan kalo sistem vakum itu tidak perlu adanya pembuangan tekanan?ato haruskah section kiri yang udah gak ori dibalikin lagi ke orinya?kalo iya,ada gak yang jual section kiri aja,ato harus beli segelondong? Sad

trima kasih sebelumnya bagi agan2 yang mau membantu ngatasin masalah ane Smile

system radiator di BMW menganut close loop artinya semua kondisi saling terhubung dengan kevakuman di dalam system, di mobil jepun mungkin ada resevoir tapi di BMW namanya expansion tank, debit air jika terjadi kelebihan ato over flow disimpan di expansion tank ini bisa dilihat saat kondisi mesin panas maka air pada expansion tank akan naik..makanya saat pengisian air harus dalam keadaan dingin dan pada level tengah bertanda "CALT/COLD". tutp radiator akan self bleeding jika tekanan diatas speck yang diceritain bos Pari
kejamnya pemilik lama dengana mengganti menggunakan tembaga.... Sad saran aje sich...ganti radiator komplit set dengan yang Ori karena estetika dan fungsi lebih menjamin untuk long term.....

Sigit Ario

Jumlah posting : 1509
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  kurkur on Tue 17 Jul 2012 - 8:53

waah...trima kasih atas sarannya bro p4ri dan bro sigit....kayanya pemilik lama mobil saya ini bukan penggemar BMW,pengennya cuma dapetin gengsi aja punya mobil eropa,tapi kalo ada apa2 slalu diakal2in Sad
avatar
kurkur

Jumlah posting : 58
Reputation : 0
Join date : 09.06.12
Age : 32
Lokasi : magetan

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  kurkur on Tue 17 Jul 2012 - 9:00

oh ya,tambahan lagi...kalo dalam kondisi mesin pagi2 belum nyala,air pada expansion tank kan setinggi tulisan KALT,nah kalo lubang bleeder saya buka,airnya kok juga gak penuh ya,bener gak kalo kaya gitu?soalnya kalo saya buka radiator mobil jepang kan mesti airnya selalu full

trus kalo dalam gambar ini

bagian nomor 6 dan 7 ada yang jual satuan gak?soalnya punya saya patah satu yg bagian kiri...ato harus beli 1 set radiator baru dapet lengkap?
avatar
kurkur

Jumlah posting : 58
Reputation : 0
Join date : 09.06.12
Age : 32
Lokasi : magetan

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  Sigit Ario on Tue 17 Jul 2012 - 9:53

ketinggian air pada baut bleeder kondisi dingin levelnya sama di "Kalt /cold"...
sepertinya part bisa dibeli secara terpisah dan bukan bagian dari radiator assy.... Razz

Sigit Ario

Jumlah posting : 1509
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  Sigit Ario on Tue 17 Jul 2012 - 9:55

kurkur wrote:waah...trima kasih atas sarannya bro p4ri dan bro sigit....kayanya pemilik lama mobil saya ini bukan penggemar BMW,pengennya cuma dapetin gengsi aja punya mobil eropa,tapi kalo ada apa2 slalu diakal2in Sad
diakalin boleee...tapiiii dengan syarat harus lebih baik dari aslinya secara fungsi dan tampilan Razz

Sigit Ario

Jumlah posting : 1509
Reputation : 77
Join date : 14.06.10
Lokasi : Semarang

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  kurkur on Tue 17 Jul 2012 - 10:57

Sigit Ario wrote:
kurkur wrote:waah...trima kasih atas sarannya bro p4ri dan bro sigit....kayanya pemilik lama mobil saya ini bukan penggemar BMW,pengennya cuma dapetin gengsi aja punya mobil eropa,tapi kalo ada apa2 slalu diakal2in Sad
diakalin boleee...tapiiii dengan syarat harus lebih baik dari aslinya secara fungsi dan tampilan Razz

ha3...itu dia om,yang bener emang gitu...tapi ini kaya ngasal yang penting utk jangka waktu dekat bisa dipake Sad

jadi semakin tau kalo ternyata PRnya masih banyak Sad
avatar
kurkur

Jumlah posting : 58
Reputation : 0
Join date : 09.06.12
Age : 32
Lokasi : magetan

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  daniel on Fri 16 Aug 2013 - 19:08

Sigit Ario wrote:
kurkur wrote:dear agan2 suhu bimmer sekalian....

ane masih newbie nih di bidang BMW ini,secara ane baru 4 bulanan pegang E36 M43 yg jadi tunggangan ane sekarang ini...jadi mohon share beberapa ilmu yg gak didapat di mobil2 laen misal mobil jepang....

contohnya radiator....sekilas kalo dilihat,perbedaan radiator antara mobil jepang pada umumnya dengan BMW yaitu tidak adanya reservoir pada mobil BMW. setelah saya sempet searching di mbah google, ternyata ada 2 jenis sistem pendingin,yaitu yang pertama adalah yang ada pada mobil jepang (cirinya dengan menggunakan reservoir) dan yang kedua adalah sistem vakum yang ada pada mobil eropa seperti BMW (cirinya tanpa reservoir dan menggunakan bleeder untuk membuang udara yang terperangkap,karna di dalam sistem tsb gak boleh sama skali ada udara)

nah, untuk radiator sistem pertama mungkin hampir semua orang udah familiar,fungsinya masing2....tapi untuk radiator tipe vakum ane kurang paham, coba searching di mbah google gak ketemu ttg situs yang nerangin cara kerjanya. salah satu contohnya, misal di radiator pertama ketika tekanan bertambah akibat suhu tinggi maka tekanan tsb dibuang melalui lubang di dekat tutup radiator ke reservoir,dan sebaliknya ketika tekanan berkurang maka air dari reservoir tersedot menuju radiator, sehingga volume air dan tekanan selalu terjaga dan aman. Yang saya bingung, bagaimana cara kerja di radiator BMW untuk menjaga hal2 tsb?kalo gak ada reservoir tempat pembuangan kelebihan tekanan,lalu bagaimana dengan keadaannya ketika tekanan terus bertambah seiring dengan bertambahnya suhu air?jangan2 nanti pecah di tutupnya atau di bagian lain yang paling lemah,semisal selang2...

hal ini kemaren terjadi pada mobil ane,jadi sejak awal dapat ternyata bagian section kiri yang ada tangki bahan plastik sudah gak ori lagi,alias sudah diganti dengan tembaga. praktis tutup radiatornya pun juga udah diganti dengan tutup radiator universal.nah saat perjalanan jauh,tekanan di dalam radiator tinggi,jadinya mendorong air panas dan udara bertekanan tinggi keluar dari sela2 tutupnya (mungkin pada saat itu tutup radiator adalah bagian terlemah). lalu ane inisiatif utk mengganti tutup radiator dengan yang baru dan melanjutkan perjalanan. setelah 2 jam perjalanan tidak terjadi apa2,karna emang tutupnya kuat.tetapi ternyata akhirnya tekanan tinggi tsb menyerang titik lemah yang laen,yaitu sambungan antara section kiri dengan core radiator (yang ada kisi2),akhirnya bocor besar dan terpaksa mobil langsung gak ane pake lagi (utg kejadian tsb pas banget nyampe rumah),sambil nunggu tukang radiator datang buat nambal bagian yg bocor tsb

inti dr masalah ane yg ane terangin panjang lebar ini,aman gak kalo radiator ane direkondisi aja (lubangnya dilas ato ditambal),apakah nanti tekanan tsb menyerang bagian terlemah laennya?ato ada yang bisa menjelaskan kalo sistem vakum itu tidak perlu adanya pembuangan tekanan?ato haruskah section kiri yang udah gak ori dibalikin lagi ke orinya?kalo iya,ada gak yang jual section kiri aja,ato harus beli segelondong? Sad

trima kasih sebelumnya bagi agan2 yang mau membantu ngatasin masalah ane Smile
system radiator di BMW menganut close loop artinya semua kondisi saling terhubung dengan kevakuman di dalam system, di mobil jepun mungkin ada resevoir tapi di BMW namanya expansion tank, debit air jika terjadi kelebihan ato over flow disimpan di expansion tank ini bisa dilihat saat kondisi mesin panas maka air pada expansion tank akan naik..makanya saat pengisian air harus dalam keadaan dingin dan pada level tengah bertanda "CALT/COLD". tutp radiator akan self bleeding jika tekanan diatas speck yang diceritain bos Pari
kejamnya pemilik lama dengana mengganti menggunakan tembaga.... :(saran aje sich...ganti radiator komplit set dengan yang Ori karena estetika dan fungsi lebih menjamin untuk long term.....



sorry mau ikutan nanya,sebenranya radiator bmw itu bukan harusnya kondisi air selalu penuh ya?soalnya klo di "KALT" bukannya agak setengah ya ketinggian radiator alias ga full?
krn saya diajaari oleh mekanik bmw,memang benar utk megisi air di pagi hari atau mesin dingin, tetapi dia ajarin saya utk isi sampe penuh airnya lalu tutup aja ,artinya kesimpulan yg saya dapet dengan baca masukan di atas dari bro bro sekalian, air radiator klo diisi cuma sebatas Kalt pada saat mesin dingin< berbeda dengan mekanik bmw ane yg suruh sampe full)
jd binun ane, mohon pencerahan....thanks...Embarassed 

daniel

Jumlah posting : 47
Reputation : -1
Join date : 07.11.11
Age : 36

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  p4ri on Sat 17 Aug 2013 - 20:14

Kalau jadi pemilik kendaraan, khususnya BMW, harus lebih cerdas daripada mekanik. Karena mekanik bekerja berdasarkan perintah pemilik kendaraan.

Kalau ada mekanik ngomong isi tangki radiator harus penuh, suruh baca lagi bukunya mbah Bentley hal 170-6. Kalau belum punya, silakan cari di pdftown.com.

Semoga membantu.
avatar
p4ri

Jumlah posting : 2944
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  daniel on Tue 20 Aug 2013 - 10:33

oo jadi kesimpulannya, kita isi radiator cukup sampe KALT aja ya pada saat mesin dingin, btw klo kondisi mesin panas gimana mas pari? apa tetep cuman sampe KALT aja?klo sampe KALT artinya ga perlu di buang angin nya dong ya yang dari tutup kecil itu?Rolling Eyes 

daniel

Jumlah posting : 47
Reputation : -1
Join date : 07.11.11
Age : 36

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  p4ri on Tue 20 Aug 2013 - 17:48

Mohon maaf, kalau saya hanya berpatokan dari primbon mbah Bentley. Lagipula kalau ngisi pas mesin panas kan ada resiko air dari radiator muncrat saat tutup radiator dibuka. Tidak dianjurkan isi air radiator saat mesin panas.
avatar
p4ri

Jumlah posting : 2944
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  agoesprimonosardjono on Tue 12 Aug 2014 - 15:23

Bro .... saya juga baru di per-BMW-an numpang pencerahanan tentang radiator, radiator saya sudah saya bawa ke tukang radiator dan sudah dibersihkan, water pump juga sdh saya ganti, kenapa kalo lagi overheat, kenapa air di Expansion tank selalu lebih dari posisis "kalt' ...
Pernah saya coba tanya ke teman bengkel katanya dikarenakan cylinder head saya mulet ... setelah saya coba tanya ke teman bengkel yang lain, mohon pencerahannya

Terima kasih ....

agoesprimonosardjono

Jumlah posting : 2
Reputation : 0
Join date : 25.03.14

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  p4ri on Thu 14 Aug 2014 - 7:53

Selama memiliki kendaraan BMW, kalau ada masalah dengan radiator saya selalu tukar dengan yang baru karena ada unsur plastik di radiator BMW.

Panasnya saat kendaraan dalam kondisi bagaimana?

idle RPM, suhu naik --> Visco fan
kondisi jalan, RPM naik --> water pump, thermostat, radiator atau selang2 pendingin ada yg mampet atau bocor
avatar
p4ri

Jumlah posting : 2944
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  ansley on Sat 16 Aug 2014 - 16:12

halo om, saya juga blm lama pake e30. sy perhatiin walaupun mobil sdh jalan lama & macet temperatur gak pernah lbh dari 1/4. Apanya yg gak normal ya? harusmya diposisi 1/2 kan? terus juga stlh mobil jalan sekitar 2 jam, rpm pada posisi idle jd naik sekitar 1200-1500 padahal sblmnya rata di 800.
tengkyuu...
avatar
ansley

Jumlah posting : 25
Reputation : 1
Join date : 13.05.14
Lokasi : Cirebon

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  p4ri on Sun 17 Aug 2014 - 7:06

Periksa thermostat dan engine coolant temperature sensor serta temp sensor.

http://bmwfans.info/parts-catalog/E30-4-doors/Europe/318i-M40/R-M/browse/engine/waterpump_thermostat/

http://bmwfans.info/parts-catalog/E30-4-doors/Europe/318i-M40/R-M/browse/engine/cylinder_head_attached_parts/
avatar
p4ri

Jumlah posting : 2944
Reputation : 112
Join date : 11.12.08
Lokasi : Surakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: cara kerja sistem radiator BMW

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik